Penyebab Kelaparan di Somalia

Loading...

ASTALOG.COM – Kelaparan adalah salah satu masalah yang masih kompleks dalam dunia global. Ada beberapa negara di berbagai benua masih merasakan hal ini. Kelaparan adalah suatu kondisi dimana seseorang tidak dapat makan dalam jangka waktu yang cukup lama, sehingga dapat menimbulkan penyakit kurang gizi dan busung lapar.

Penyebab bencana kelaparan biasanya dikarenakan adanya konflik, kemiskinan, kekeringan, ataupun korupsi yang dilakukan dalam pemerintahan. Sebenarnya yang menjadi masalah dalam bencana kelaparan bukan hanya tidak ada barang-barang yang dapat dikonsumsi tetapi kemampuan daya beli masyarakat yang rendah dan tidak adanya koordinasi yang baik.

Salah satu negara yang mengalami bencana kelaparan yang parah bisa Anda lihat di Somalia. Negara Somalia merupakan suatu wilayah yang dianggap kurang menguntungkan bagi kepentingan negara maju dan berkembang, karena di kawasan ini seringkali terjadi konflik yang menimbulkan adanya krisis kemanusiaan bagi sebagian besar penduduk di Somalia.

BACA JUGA:  Perbedaan dan Persamaan Globe dan Peta

Semenjak pemerintahan Mohammed Siyad Barre tahun 1991, wilayah Somalia tidak pernah memiliki pemerintahan yang bersifat fungsional, dikarenakan wilayah Somalia diatur oleh para militan militer bersenjata dari berbagai suku. Pada tahun 1990 wilayah Somalia mengalami krisis kekurangan bahan pangan yang menyebabkan sebagian besar penduduk meninggal dunia akibat kemunduran perekonomian negaranya. Banyaknya penderitaan yang harus ditanggung oleh rakyat Somalia, maka pihak PBB pun berperan dalam membantu menangani masalah Somalia.

Penyebab Kelaparan di Somalia
Faktor utama penyebab kelaparan adalah tingkat ekonomi yang masih rendah. Suatu daerah dapat dikatakan miskin ketika komponen masyarakat di dalamnya tidak dapat memenuhi kebutuhan dasar, yaitu sandang, pangan, dan papan. Lalu tidak bisa mendapatkan pendidikan dan layanan kesehatan yang baik. Rendahnya kemampuan sumber daya manusia untuk mengolah sumber daya alam yang ada, sehingga dieksploitasi oleh negara lain dan rendahnya lapangan pekerjaan dan kehidupan masyarakat hanya bergantung pada sumber daya yang terletak di lingkungan sekitar sehingga menimbulkan konflik atau pun perang saudara.

BACA JUGA:  Apa Nama Mesjid Terbesar di Banjarmasin?

Krisis yang terjadi di Somalia diakibatkan adanya perebutan kekuasaan oleh pihak-pihak tertentu. Akibat dari konflik yang berkepanjangan ini menyebabkan rakyat harus mengalami penderitaan, kelaparan, kemiskinan, penyebaran wabah penyakit, serta munculnya arus pengungsiaan. Menanggapi konflik tersebut dewan keamanan PBB akhirnya mengeluarkan resolusi yang menyatakan bahwa keadaan di Somalia menjadi ancaman bagi stabilitas keamanan nasional dan perdamaian dunia. PBB juga berperan penting dalam menangani kasus kemanusiaan dan kemiskinan di Somalia dengan cara bekerja sama dengan Organisasi Internasional lain. Selain peranan PBB, INGO dan NGO lokal pun turut berpartisipasi dalam membantu menangani masalah kemiskinan yang berkepanjangan di Somalia. Oleh karena itu di harapkan agar kerjasama ini dapat membantu menciptakan kesejaheraan dan kemakmuran hidup rakyat Somalia serta mencegah terjadinya konflik dan perpecahan dalam Negara ini.

Loading...