Maksud dari Semangat Kebangsaan Nasionalisme dan Patriotisme

Loading...

ASTALOG.COM – Untuk mendapatkan suatu bangsa yang besar, maka diperlukan semangat kebangsaan berupa nasionalisme dan patriotisme dari segenap warganegaranya. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menunjukkan semangat kebangsaan nasionalisme dan patriotisme tersebut. Lalu apa maksud dari semangat kebangsaan nasionalisme dan patriotisme?

A. NASIONALISME

Nasionalisme merupakan perasaan senasib dan sejiwa dengan tanah air. Dari perasaan inilah akhirnya dapat menumbuhkan perasaan cinta terhadap tanah air yang disebut patriotisme.

Jiwa nasionalisme terhadap Indonesia diwujudkan berdasarkan nilai-nilai Pancasila, yaitu:

  • Selalu menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan.
  • Selalu memiliki perasaan bangga dan cinta terhadap bangsa dan tanah airnya dengan tidak memandang bangsa lain lebih rendah derajatnya.

Pengelompokan Nasionalisme

Nasionalisme dapat dikelompokkan menjadi 2 bagian, yaitu:

  1. Nasionalisme dalam arti luas, yaitu perasaan cinta dan bangga terhadap tanah air dan bangsanya dengan tidak memandang bangsa lain lebih rendah derajatnya.
  2. Nasionalisme dalam arti sempit, yaitu perasaan cinta dan bangga terhadap tanah air dan bangsanya secara berlebihan dengan memandang bangsa lain lebih rendah derajatnya.
BACA JUGA:  Perilaku Sesuai Dengan Norma Yang Berlaku Dalam Masyarakat

Dari pengelompokan tersebut tentu saja kita sebagai warganegara yang baik dan bermartabat haruslah memiliki jiwa nasionalisme yang luas agar bangsa Indonesia juga dapat dihormati oleh bangsa-bangsa negara lain dan tidak dipandang rendah.

Tantangan Terhadap Nasionalisme

Meskipun begitu, membina nasionalisme di masa sekarang ini tidaklah mudah. Di tengah kehidupan masyarakan yang global dan modern seperti sekarang ini, masih saja terdapat beberapa oknum masyarakat yang sulit menerapkan jiwa nasionalisme karena mereka menganut paham kesukuan chauvinisme dan ekstrimisme, serta kedaulatan yang sempit.

Hal yang Bisa Dilakukan untuk Mengatasi Tantangan Terhadap Nasionalisme

Untuk menghadapi tantangan terhadap nasionalisme, maka setiap warganegara Indonesia perlu memahami semangat kebangsaan yang mengandung pengertian persatuan dan kesatuan Indonesia. Artinya bahwa tiap-tiap individu merupakan suatu kesatuan dari bangsa Indonesia yang mendiami wilayah Indonesia, yang hidup rukun dan damai meski berbeda suku.

Jika tiap warganegara Indonesia memiliki pemikiran seperti itu, niscaya Indonesia akan menjadi negara yang kuat secara mental dan tidak mudah digoyahkan oleh pengaruh dari pihak luar yang berusaha memecah belah persatuan bangsa. Untuk itu milikilah semangat kebangsaan nasionalisme dalam dirimu!

BACA JUGA:  Perwujudan Demokrasi Pancasila

B. PATRIOTISME

Patriotisme merupakan semangat cinta tanah air dalam diri yang berupa sikap rela berkorban untuk kejayaan dan kemakmuran bangsanya. Patriotisme sendiri berasal dari kata patriot yang artinya pencinta dan pembela tanah air.

Jiwa patriotisme merupakan ciri semangat kebangsaan yang tidak hanya ditunjukkan dengan cinta tanah air saja, tetapi juga mencintai seluruh bangsa dan negaranya. Sikap ini tidak hanya ditunjukkan ketika Indonesia sedang mengalami masalah genting, misalnya ketika terjajah saja.

Bahkan hingga detik ini kita sebagai generasi penerus bangsa perlu terus memelihara jiwa patriotisme dalam diri dengan mengisi kemerdekaan ini dengan melakukan hal-hal yang positif.

Adapun ciri-ciri jiwa patriotisme antara lain:

  1. Cinta tanah air dan bangga sebagai bangsa Indonesia
  2. Rela berkorban untuk kepentingan nusa dan bangsa
  3. Menempatkan persatuan, kesatuan, dan keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan
BACA JUGA:  Sebutkan Hambatan dalam Penegakan HAM?

C. PENTINGNYA MENJAGA SEMANGAT KEBANGSAAN NASIONALISME DAN PATRIOTISME

Jiwa nasionalisme dan patriotisme sangat penting dipahami dan dimiliki oleh tiap-tiap warganegara Indonesia dalam rangka menjaga kehidupan berbangsa dan bernegara, karena:

  1. Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang majemuk atau memiliki keanekaragaman dalam hal suku, ras, golongan, agama, budaya, dan wilayah.
  2. Indonesia merupakan negara kepulauan yang terletak pada posisi silang. Dengan posisinya ini, sebenarnya Indonesia masih rawan terhadap ancaman dan serangan dari negara lain.
  3. Adanya bahaya disintegrasi atau perpecahan bangsa dan gerakan separatisme atau gerakan untuk memisahkan diri dari suatu bangsa, apabila pemerintah Indonesia tidak bersikap bijaksana.

Berdasarkan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa maksud dari semangat kebangsaan nasionalisme dan patriotisme adalah untuk menjaga kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara yang dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memiliki semangat kebangsaan yang tinggi dan terpatri dalam jiwa masing-masing, maka akan menimbulkan jiwa nasionalisme dan patriotisme yang tinggi pula.

Loading...