Keuntungan Letak Geografis Indonesia

Loading...

ASTALOG.COM – Seperti yang kita ketahui, Indonesia memiliki letak posisi geografis yang unik sekaligus menjadikannya sebagai wilayah yang sangat strategis dalam bidang apapun. Letak Indonesia yang berada di antara dua samudera dan dua benua sekaligus menjadikan Indonesia memiliki perairan yang menjadi salah satu urat nadi perdagangan internasional.

Tidak heran, Indonesia menjadi salah satu pusat perdagangan yang banyak diburu negara lain. Karena letaknya yang strategis, sejak dulu Indonesia telah menjadi arena  perebutan pengaruh oleh pihak asing. Negara ini telah melalui beberapa periodisasi penguasaan dan perebutan pengaruh, mulai dari Portugal, Belanda, hingga Amerika Serikat dan Uni Soviet ketika Perang Dingin. Bahkan di masa mendatang tidak menutup kemungkinan Indonesia akan kembali menjadi wilayah perebutan pengaruh oleh negara-negara besar. Hal ini bisa dilihat dengan kemunculan China sebagai hegemon baru di kawasan yang telah menggeser perimbangan kekuasaan sekaligus mengikis pengaruh Amerika di kawasan.

Pengertian Letak Geografis

Letak geografis adalah letak suatu daerah dilihat dari kenyataannya di bumi atau posisi daerah itu pada bola bumi dibandingkan dengan posisi daerah lain. Letak geografis ditentukan pula oleh segi astronomis, geologis, fisiografis dan social budaya.

BACA JUGA:  Jelaskan Proses Terbentuknya Batubara?

Berada di antara Benua Asia dan Benua Australia, serta di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik membuat Indonesia mempunyai beberapa keuntungan dan keunggulan baik dalam bidang pertanian, kelautan, kerjasama internasional dan lainnya.

Keuntungan letak geografis Indonesia :

1. Letak Indonesia yang berada diantara 2 benua yaitu Asia dan Australia membuat Indonesia bisa menjalin hubungan baik dengan negara – negara di kedua benua itu. Posisi tersebut selain juga berada di antara dua samudra membuat Indonesia berada di jalur lalu lintas internasional dan dapat menjadi tempat transit jalur perdagangan dunia. Hal itu membuat Indonesia dapat membuat hubungan baik dengan negara lain, walau juga dapat membuat Indonesia sebagai jalur lalu lintas kriminalitas internasional. Seperti lalu lintas perdagangan narkoba dan perdagangan anak.

2. Kawasan Indonesia yang terdiri dari banyak pulau membuat Indonesia kaya akan budaya, karena terdiri dari berbagai suku bangsa, bahasa, dll. Selain itu juga akan timbul banyak bentukan alam seperti danau, gunung api, pantai, dll. Hal itu dapat memajukan pariwisata Indonesia. Namun, kontrol pemerintah pusat dengan daerah sulit terjadi,. Masih banyak pula wilayah terpencil yang belum terjamah sarana pendidikan, kesehatan, dll akibat wilayah Indonesia yang luas dan terdiri atas banyak pulau. Aksi kejahatan di daerah pun tak tercium oleh hukum yang berlaku di Indonesia. Masih marak pula hukum adat di daerah yang tak beadab, seperti kebiasaan perang antar suku di Papua. Hal tersebut membuat pemerintah sulit mengontrol penduduk di daerah.

BACA JUGA:  Penyebab Perubahan Iklim di Indonesia

3. Laut yang luas dan garis pantai yang panjang membuat Indonesia menyimpan hasil laut seperti ikan, kerang, serta bahan tambang seperti minyak bumi. Hal itu dapat menambah pendapatan Negara

4. Letaknya yang berada dikawasan tropis membuat Indonesia kaya akan hasil hutan, berbagai jenis tanaman, dan berbagai jenis hewan. . Namun akibat pemanasan global, membuat wilayah Indonesia sangat menerima dampaknya. Seperti sering terjadi badai tropis. Pengurangan daratan Indonesia akibat pencairan es di kutub. Wilayah Indonesia yang banyak terdiri atas pulau dan laut yang luas membuat daratan Indonesia banyak sekali berkurangnya, dll.

5. Tanah Indonesia yang subur membuat Indonesia menghasilkan banyak hasil pertanian. Bahkan setiap biji yang jatuh ditanam bisa tumbuh langsung dan berkembang.

BACA JUGA:  Dataran Tinggi di Laos

6. Wilayah hutan yang masih cukup luas menjadikan hutan Indonesia sebagai paru-paru dunia. Namun, karena letak hutan yang jauh dari pemantauan pemerintah akibat letak Indonesia yang berjauhan dan berpulau-pulau membuat aksi kejahatan terhadap hutan, seperti pembakaran, pencurian kayu, pembukaan hutan yang tak terstruktur marak terjadi dan sulit dikendalikan.

7. Indonesia mempunyai tanah yang sangat subur, sehingga banyak flora dan fauna hidup di Indonesia dari Aceh sampai Papua. Bisa dikatakan sebagai surganya dunia. Selain itu sumber mineral maupun flora dan fauna di dalam laut pun beragam. Tidak hanya itu saja, sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui seperti nikel,baja,intan,tembaga,dan lainnya pun banyak ditemui di Indonesia.