Ciri Khusus Tumbuhan Sirih

Loading...

ASTALOG.COM – Tumbuhan yang satu ini memiliki nama latin yaitu Piper Betle yang dikenal sebagai tumbuhan yang merambat. Pohon sirih ini biasanya hidup dengan bersandar pada pohon lain dan mampu tumbuh dengan tinggi mencapai 15 meter.

Dilansir dari wikipedia, Sirih merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Sebagai budaya daun dan buahnya biasa dikunyah bersama gambir, pinang, tembakau dan kapur.

Namun mengunyah sirih telah dikaitkan dengan penyakit kanker mulut dan pembentukan squamous cell carcinoma yang bersifat malignan. Juga kapurnya mebuat pengerutan gusi (periodentitis) yang dapat membuat gigi tanggal, walaupun daun sirihnya yang mengandung antiseptik pencegah gigi berlubang

BACA JUGA:  Jelaskan Pengertian Aglutinogen atau Antigen

Sirih digunakan sebagai tanaman obat (fitofarmaka); sangat berperan dalam kehidupan dan berbagai upacara adat rumpun Melayu.

Di Indonesia, sirih merupakan flora khas provinsi Kepulauan Riau. Masyarakat Kepulauan Riau sangat menjunjung tinggi budaya upacara makan sirih khususnya saat upacara penyambutan tamu dan menggunakan sirih sebagai obat berbagai jenis penyakit. Walaupun demikian tanaman sirih banyak dijumpai di seluruh Indonesia, dimanfaatkan atau hanya sebagai tanaman hias.

Ciri Khusus Tumbuhan Siri
1. Tumbuhan sirih ciri khususnya yaitu :
2. Memiliki akar lekat untuk menempel pada tumbuhan lain untuk
mendapatkan sinar matahari.
3. Memiliki bau khas untuk melindungi diri dari ulat.

Fungsi Daun Sirih
Selain beberapa manfaat daun sirih yang tertera diatas, masih ada lagi fungsi daun sirih yaitu:

BACA JUGA:  Apa Saja Bentuk Dan Macam-Macam Awan?

1. Dapat memperlancar haid dengan cara meminum air rebusan dari daun sirih.
2. Bisa untuk mengobati asma.
3. Mengobati peyakit radang tenggorokkan.
4. Menghilangkan gatal pada kulit, caranya tumbuk daun sirih kemudian balurkan ke bagian tubuh yang gatal.
5. Mengobati demam berdarah.
Daun sirih juga dapat digunakan untuk mengobati demam berdarah. Caranya dengan merebus daun sirih kemudian minum air rebusan daun sirih. Daun sirih berfungsi untuk membunuh kuman penyebab demam berdarah.
6. Mengobati sariawan, gigi dan gusi bengkak
Daun sirih juga dapat mengobati sariawan, gigi dan gusi bengkak. Caranya kunyah daun sirih hijau kemudian kumur dengan air rebusan daun sirih. Lakukan secara rutin hingga sariawan, gigi dan gusi bengkak sembuh.