Apa yang Dimaksud dengan Zaman Logam?

ASTALOG.COM – Pada zaman Logam orang sudah dapat membuat alat-alat dari logam di samping alat-alat dari batu. Orang sudah mengenal teknik melebur logam, mencetaknya menjadi alat-alat yang diinginkan.

Teknik pembuatan alat logam ada dua macam, yaitu dengan cetakan batu yang disebut bivalve dan dengan cetakan tanah liat dan lilin yang disebut a cire perdue. Periode ini juga disebut masa perundagian karena dalam masyarakat timbul golongan undagi yang terampil melakukan pekerjaan tangan.

Zaman logam ini termasuk dalam periodisasi atau pembagian zaman dari zaman prasejarah. Dalam perkembangannya, di saat manusia masih menggunakan alat dari batu sebagai perkakas sehari harinya pun dibagi kepada beberapa zaman, diantaranya adalah zaman batu tua, zaman batu tengah dan zaman batu muda.

Pengertian Zaman Logam
Zaman Logam adalah zaman yang ditandai dengan kemampuan manusia yang pada saat itu untuk membuat alat alat dari logam. Kemampuan manusia membuat alat alat dan benda benda dari logam ini menunjukkan bahwa kebudayaan manusia terus berkembang, khususnya jika dibandingkan dengan zaman batu. Namun demikian, pada zaman itu alat alat dari batu tidak ditinggalkan sama sekali.

Pembagian Zaman Logam
Pembagian Zaman Logam dibagi menjadi zaman tembaga, zaman perunggu dan zaman besi.

1. Zaman Tembaga
Pengertian Zaman Tembaga adalah zaman ketika manusia menggunakan tembaga sebagai bahan untuk membuat alat alat untuk kebutuhan hidupnya.

2. Zaman Perunggu
Pengertian Zaman Perunggu adalah zaman manusia membuat alat alat dengan menggunakan perunggu. Alat alat pada zaman perunggu ini, antara lain kapak corong, nekara dan moko. Kapak corong bentuknya seperti corong, bagian sembirnya belah, ke dalam corong itu dimasukkan tangkai kayu yang menyiku pada bidang kapak. Kapak corong sering juga disebut dengan kapak sepatu karena kapak corong ini menyerupai sepatu dan tangkainya disamakan dengan kaki manusia. Adapun nekara adalah benda dari perunggu yang bagian tengah dan sisi atasnya tertutup. Di Pulau Alor, Nusa Tenggara, nekara ini dikenal dengan sebutan moko. Moko adalah sejenis nekara yang bentuknya lebih kecil.

3. Zaman Besi
Pengertian Zaman Besi adalah zaman dimana manusia membuat suatu alat dengan terlebih dahulu melebur besi dari bijihnya kemudian menuangkan ke dalam cetakan menjadi alat alat yang hendak dibuat. Pembuatan alat alat dari besi ini lebih sempurna daripada tembaga atau perunggu. Alat alat atau benda benda yang dihasilkan pada zaman besi ini, antara lain mata kapak dan mata tombak.