Enzim yang Dihasilkan Getah Pankreas

ASTALOG.COM – Secara umum, Pankreas adalah organ aksesoris di sistem pencernaan dengan dua fungsi utama yakni menghasilkan enzim pencernaan atau fungsi eksorin dan menghasilkan beberapa hormon atau fungsi endokrin.

Pankreas merupakan kelenjar yang panjangnya 12-15 cm dan lebar 4 cm yang terdapat dalam perut atas yang memanjang ke arah kiri, dan bagian kepalanya nampak menempel di duodenum (usus 12 jari) jika digambarkan.

Pankreas mengandung sekumpulan sel yang disebut kepulauan Langerhans. Kepulauan Langerhans ini menghasilkan hormon insulin dan glukagon yang digunakan untuk mengatur jumlah gula dalam darah. Insulin akan mengubah kelebihan glukosa darah menjadi glikogen untuk kemudian menyimpannya di dalam hati dan otot. Suatu saat ketika tubuh membutuhkan tambahan energi, glikogen yang tersimpan di dalam hati akan diubah oleh glukagon menjadi glukosa yang dapat digunakan sebagai energi tambahan.

Enzim yang Dihasilkan Getah Pankreas
Pankreas menghasilkan enzim pencernaan yang terdiri dari

1. NaCHO3
NaCHO3 adalah cairan dengan fungsi memberikan suasana basa di makanan yang masuk ke dalam duodenum, karena makanan berasal dari lambung yang sifatnya asam akibat pengaruh dari asam lambung. Jika makanan terus bersifat asam melewati usus, hal ini dapat melukai dinding usus dan menyebabkan enzim dari getah pankreas tidak aktif.

2. Lipase Pankreas
Lipase pankreas adalah enzim dengan fungsi memecah lemak menjadi asam lemak + gliserol. Tidak hanya itu, enzim lipase juga berperan mengatur simpanan lemak untuk tidak terlalu berlebihan dalam tubuh.

3. Tripsinogen
Tripsinogen adalah komponen Proteinase (pemecah) protein yang belum aktif, dan ketika katif, dia akan berupa menjadi enzim tripsin yang berfungsi memecah pepton menjadi beberapa asam amino.

4. Amilase Pankreas
Amilase pankreas adalah enzim dengan fungsi mengubah amilum yang merupakan polisakarida menjadi monosakarida (zat gula yang sangat sederhana). Hal ini dapat terjadi karena tubuh hanya mampu menyerap gula dalam bentuk monosakarida.

5. Enzim Karbohidrase Pankreas
Enzim karbohidrase pankreas adalah enzim dengan fungsi untuk memecah gula dalam makanan. Enzim berfungsi memecah disakarida menjadi 2 monosakarida (bentuk gula paling sederhana). Sebab tubuh hanya dapat menyerap gula pada bentuk monosakarida. Contohnya adalah laktase, sukrase, maltase, dll.

Fungsi Utama Pankreas
Beberapa fungsi utama dari pankreas antara lain

1. Mengatur kadar gula dalam darah melalui pengeluaran glukagon, yang menambah kadar gula dalam darah dengan mempercepat tingkat pelepasan dari hati.

2. Pengurangan kadar gula dalam darah dengan mengeluarkan insulin yang mana mempercepat aliran glukosa ke dalam sel pada tubuh, terutama otot. Insulin juga merangsang hati untuk merubah glukosa menjadi glikogen dan menyimpannya di dalam sel-selnya.