Letak dan Pengaruh Wilayah Geografis Indonesia

Loading...

ASTALOG.COM – ndonesia merupakan salah satu Negara yang terdiri atas beberapa pulau utama dan ribuan pulau kecil. Pulau utama di Indonesia antara lain: Sumatera, Jawa, Sulawesi, Kalimantan dan juga Irian. Jika didasarkan pada angka statistik, wilayah territorial Indonesia didominasi lautan dengan perbandingan 4:1 dengan daratan.

Meski demikian, jika semua pulau di Indonesia digabungkan menjadi satu, maka ia akan menempati urutan ke-15 negara terluas di dunia. Jika didasarkan pada letak geografis Indonesia, maka ia termasuk ke dalam kawasan regional Asia Tenggara.

Letak geografis ini dianggap sebagian ahli sangat strategis sebab ikut membentuk Indonesia sebagai salah satu Negara potensial di dunia. Sama seperti letak astronomis, titik geografis memang berpengaruh banyak pada sebuah wilayah. Lantas, apa pengaruh positif letak geografis terhadap Indonesia

Secara geografis, Indonesia terletak diapit oleh dua samudera dan juga dua benua. Secara detil, Pada bagian Tenggara Indonesia berbatasan dengan Benua Australia sedangkan pada bagian barat laut Indonesia berbatasan dengan Benua Asia. Di sebelah timur laut berbatasan dengan Samudera Pasifik sedangkan di sebelah barat, wilayah Indonesia berbatasan dengan Samudera Hindia. Batas geografis ini sangat ber pengaruh bagi Indonesia sebagai sebuah Negara dengan kebudayaan yang beragam.

BACA JUGA:  Apa yang Dimaksud dengan Massa Jenis?

Pengaruh Letak Geografis Indonesia
Pengaruh letak geografis Indonesia, antara lain sebagai berikut:

1. Terdapat 2 musim
dengan terletak di antara 2 samudra (Samudra Pasifik dan Samudra Hindia) Indonesia kemudian dilalui oleh angin monsoon. Angin ini berganti arah sebanyak 6 bulan sekali / dua kali di dalam satu tahun. Kehadiran angin monsoon (muson) ini membuat Indonesia hanya memiliki dua musim yakni kemarau dan penghujan.

2. Keadaan Alam / Kondisi Alam
Indonesia merupakan negara kepulauan yang merupakan pertemuan dua samudra besar dan diapit daratan luas (Australia dan Benua Asia). Hal tersebut berpengaruh terhadap kondisi alam. yaitu Wilayah Indonesia beriklim laut, sebab merupakan negara kepulauan, sehingga banyak memperoleh pengaruh angin laut sehingga mendatangkan banyak hujan.

BACA JUGA:  Efek Positif dan Negatif Skot Jump

3. Sangat Strategis
Indonesia yang diapit 2 samudera dan 2 benua, membuat wilayah Indonesia sangat strategis sebab dilalui oleh persimpangan lalu lintas internasional baik itu di laut atau di udara. Dengan kenyataan tersebut, Indonesia berpotensi sebagai negara dengan ekonomi yang besar sebab Negara berkembang dan Negara industri menjadikan Indonesia sebagai titik industri mereka.

4. Keadaan Penduduk
Karena indonesia terletak pada posisi silang (cross position) antara dua samudra dan dua benua, maka berpengaruh bagi kehidupan bangsa indonesia:

a. Indonesia terletak di antara banyak negara berkembang, sehingga memiliki banyak mitra kerja sama.

b. Indonesia banyak dipengaruhi oleh kebudayaan asing, yakni dalam bidang bahasa, seni, agama dan peradaban.
Lalu lintas pelayaran dan perdagangan di indonesia cukup ramai, sehingga mendukung perdagangan di indonesia.

5. Soal Budaya
Kekayaan kultur di Indonesia tidak terlepas dari kebudayaan yang terletak di sekitarnya. Kebudayaan ini lambat laun melakukan proses asimilasi dan sebagai hasilnya Indonesia mempunyai kebudayaan lain yang khas serta beragam.

BACA JUGA:  Cara Menentukan Titik Koordinat Letak Sekolah

Keuntungan Letak Geografis Indonesia
1. Keuntungan Letak Geografis Indonesia di Bidang Ekonomi
Penambah devisa negara
Sebagai pusat perekonomian diantara dua samudra dan dua benua
Sebagai jalur perdagangan Internasional
Perkembangan pariwisata yang pesat
Sebagai destinasi pariwisata utama

2. Keuntungan Letak Geografis Indonesia di Bidang Komunikasi
Kaya akan beragam bahasa
Indonesia dapat menguasai bahasa asing secara tidak langsung
Dituntut untuk bisa berbahasa Inggris karena merupakan jalur lintas Internasional

3. Keuntungan Letak Geografis Indonesia di Bidang Transportasi
Peningkatan transportasi untuk tujuan wisata
Percepatan infrastruktur di daerah-daerah
Peningkatan transportasi laut secara maksimal
Peningkatan akomodasi angkutan massal (angkutan umum)

4. Keuntungan Letak Geografis Indonesia di Bidang Sosial Budaya
Pakaian indonesia semakin modern
Dapat dengan mudah menyebarkan budaya Indonesia
Adanya akulturasi budaya asing dan budaya lokal
Memiliki keanekaragaman budaya baik dengan budaya asing dan budaya lokal