Bagian Teks Pidato Sambutan

Loading...

ASTALOG.COM – Pidato sambutan merupakan pidato yang disampaikan pada suatu acara kegiatan atau peristiwa tertentu yang dapat dilakukan oleh beberapa orang dengan waktu yang terbatas secara bergantian atau perorangan.

Sebelum menulis naskah pidato sambutan hendaknya kamu menulis hal-hal penting mengenai acara, misalnya nama acara, nama undangan yang hadir, serta tujuan penyelenggaraan acara. Stelah itu buatlah kerangka naskah pidato dengan memerhatikan bagian-bagian pidato.

Hal-hal yang harus ada dalam naskah pidato adalah sebagai berikut.
Kerangka Pidato Sambutan :
1. Pendahuluan
Bagian-bagian pendahuluan:
Salam
Kalimat mukadimah ( Pembukaan )
Kata sapaan : Dibuat secara sistematis, dari jabatan tertinggi hingga jabatan terendah.
Panjatan puji syukur
Ucapan terima kasih
Tujuan Kegiatan
2. Isi Sambutan
Latar belakang kegiatan / permasalahan
3. Materi pokok
4. Penutup
5. Kesimpulan
6. Harapan-harapan
7. Permohonan maaf
8. Salam

Dari pokok-pokok sambutan diatas, kita susun lagi secara sistematis. Dari pendahuluan hingga penutup. Jika kamu masih bingung dalam membuat teks sambutan, kamu bisa melihat contoh teks sambutan dibawah ini

Contoh Teks Sambutan Kelulusan Sekolah

BACA JUGA:  Apa yang Dimaksud dengan Tata Krama?

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

الْحَمْدُ ِللهِ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ سَيِّدِنَا وَمَوْلاَنَا مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ اللهِ أَمَّا بَعْدَهُ
Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah MAN Sidoarjo
Yang saya hormati Bapak dan Ibu Guru MAN Sidoarjo.
Serta teman-temen kelas 12 angkatan 2013 khususnya kelas 12 IPA 6 yang saya cintai.

Pertama-tama marilah kita panjatkan Puji dan Syukur kehadirat Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan karunia Nya, sehingga pada hari yang cerah ini kita dapat berkumpul ditempat ini untuk merayakan “Kelulusan dan Perpisahan Siswa/Siswi MAN Sidoarjo Angkatan 2013.

Terima kasih juga saya sampaikan kepada panitia Kelulusan dan Perpisahan Siswa/Siswi MAN Sidoarjo Angkatan 2013 yang telah mengizinkan saya berdiri di sini untuk menyampaikan kata sambutan mewakili teman-teman yang akan meninggalkan sekolah kita tercinta ini dan memberikan salam perpisahan di depan para hadirin sekalian.

Saya ingin mengucapkan selamat kepada teman-teman semua atas keberhasilan kita mengikuti ujian yang sangat menegangkan hingga kita berhasil lulus. Itu semua tak luput dari do’a orangtua kita, usaha yang keras dari Bapak dan Ibu Guru yang telah mendidik kita selama 3 tahun di sekolah yang sangat kita cintai ini.

BACA JUGA:  Katarak: Penyebab, Gejala, dan Cara Menanggulangi

Oleh karena itu tiada kata yang paling pantas untuk kita ucapkan kepada Bapak dan Ibu Guru, orangtua dan semua yang telah membantu dan mendo’akan kita selain ucapan terima kasih yang tak terhingga. Semoga Allah SWT membalas budi baik dan jasa kalian semua.

Sesaat lagi kita bukan anak SMA lagi, bagi yang melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi kalian akan dipanggil mahasiswa atau mahasiswi. Perjuangan belumlah berakhir, tantangan masih terbentang luas dihadapan kita, masih dituntut keseriusan dan kesungguhan kita untuk belajar di jenjang yang lebih tinggi yaitu bangku kuliah.

Suka duka yang kita alami selama kita mengikuti pelajaran di sekolah ini tidak akan pernah kita lupakan, bahagaia, sedih, ceria, serius semua menjadi kenangan yang sangat berharga yang akan selalu terpatri dalam ingatan kita, dan suatu saat nanti entah 1 tahun, 10 tahun bahkan 50 tahun yang akan datang akan menjadi sejarah perjalanan hidup kita. Kita akan bercerita tentang kebersamaan kita selama ini.

BACA JUGA:  Makna Proklamasi Kemerdekaan bagi Bangsa Indonesia

Kepada Bapak dan Ibu Guru, Bapak Kepala Sekolah, Bapak dan Ibu TU pada kesempatan ini saya mewakili teman-teman menyampaikan maaf yang sebesar-besarnya kalau selama kami belajar disini banyak melakaukan kesalahan dan kealfaan. Kadang kami tidak bisa membedakan mana saat-saat serius dan mana saat bercanda. Semoga jerih payah Bapak dan Ibu Guru serta semua yang bertugas di sekolah ini tidak sia-sia, dan akan dicatat oleh Allah sebagai amal ibadan. Aamiin.

Di akhir kata saya ingin menyampaikan sebuah pantun, bila ada sumur diladang boleh kami menumpang mandi, bila ada umur panjang suatu saat kita akan berjumpa lagi menjadi seorang yang berarti bagi negeri yang kita cintai.

Demikian sambutan saya atas nama teman-teman yang telah lulus Angkatan 2013, atas segala kekurangannya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Akhirul kalam, Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.