Contoh Paragraf Deskripsi Spasial

ASTALOG.COM – Paragraf deskripsi adalah paragraf yang gagasan utamanya dikembangkan dengan cara digambarkan atau dilukiskan dengan sejelas-jelasnya. Paragraf ini bertujuan untuk menjelaskan suatu topik yang berupa objek atau benda kepada pembacanya dengan sangat jelas, sehingga seolah-olah pembaca tersebut merasakan, atau mengalami sendiri apa yang mereka baca.

Paragraf deskripsi menjelaskan aspek-aspek yang bisa diterima oleh panca indera manusia seperti bentuk, warna, rasa, maupun keadaan suatu objek yang didiskusikan dalam paragraf tersebut. Paragraf ini merupakan hasil penelitian atau pengamatan, sehingga objek yang dibahas merupakan objek yang real atau dapat dilihat bukan objek-objek yang masih bersifat abstrak.

Dalam paragraf deskripsi dikelompokkan menjadi tiga jenis paragraf, yaitu paragraf deskripsi spatial

Pengertian Paragraf Deskripsi Spatial
Paragraf deskripsi spatial adalah paragraf yang topiknya berupa ruang atau tempat. Paragraf ini mendeskripsikan suatu ruang atau tempat dengan sangat jelas kepada para pembacanya.

Contoh Pola Spasial
Bangunan Gedung Olahraga baru itu dibangun di atas tanah seluas setengah hektar. Bangunan itu berbentuk lingkaran dengan luas sekitar 500 m2. Jika dilihat dari luar gedung ini tampak seperti setengah bola yang diletakkan di atas lantai. Sebuah patung orang yang sedang memanah berdiri tegak di depan gedung yang berwarna biru dan putih itu. Di sekitar gedung itu juga terdapat jalur lari yang mengelilingi bangunan utama gedung. Sedangkan di dalamnya terdapat lapangan-lapangan yang bisa digunakan sebagai tempat olahraga futsal, bulu tangkis, dan basket. Gedung ini dilengkapi dengan pencahayaan yang baik dengan 100 lampu tembak yang besar diletakkan di atasnya. Gedung ini juga memiliki kursi sejumlah 10000 kursi bagi para penonton. Selain itu, gedung itu juga dilengkapi fasilitas lain seperti kamar ganti, ruang official, toilet, dan ruang medis

Contoh ke-2
Ruangan berukuran 9m x 8m ini sungguh sangat nyaman ditempati. Sebuah sofa empuk berwarna putih dengan meja kayu berada di tengah ruangan. Sementara itu, rak buku berisi beberapa novel dan buku-buku ilmiah diletakkan mepet dengan dinding sebelah selatan bersanding dengan sebuah pot berisi pohon palem kecil yang seakan-akan menyatu dengan tembok yang dicat dengan warna hijau muda. Diluar ruangan, terdapat sebuah kolam kecil berukuran 2,5m x 2m berisi beberapa ikan koi yang berseliweran. Suara gemericik air dari kolam menambah sejuknya suasana di ruang tamu milik Pak Toni ini.

Contoh ke-3
Malam gelap gulita dihulu sungai ketahuan. Sebentar-sebentar hiruk pikuk yang tiada ketentuan itu menjadi satu dengan gegap gempita yang mendahsyatkan dan mengecilkan hati, Pertanda seorang raja rimba alah jatuh ketanah untuk selama-lamanya.
Ramai peperangan dirimba itu dan rupanya tak akan berhenti.Tak ada kasihan mengasihi, yang rebah tinggal rebah, tak akan ada yang mengangkatnya.

Sesekali terang cuaca hutan belantara itu, seperti diserang api, tetapi dalam sekejap mata hilanglah cahaya yang berani menyeburkan dirinya ketengah peperengan itu, dimusnahkan oleh musuh lamanya”raja gulita”.