Asal Negara Perusahaan Frisian Flag

ASTALOG.COM – Frisian Flag adalah salah satu perusahaan yang sudah ada di Indonesia sejak zaman sebelum Indonesia merdeka pada tahun 1922.

Mulanya, Frisian Flag adalah pabrik susu yang melakukan proses impor langsung dari negara Belanda, namun pernah berhenti diimpor dan dijual di masa perang dunia. Tapi kemudian pada tahun 1950, masuk lagi ke Indonesia.

Sejarah Perusahaan Frisian Flag
Semuanya berawal sekitar tahun 1870-an ketika para peternak bergabung dalam koperasi peternak sapi perah di seluruh Belanda. Pada waktu itu alat pendingin modern belum tersedia, sehingga menjalin kerja sama dengan pihak lokal menjadi cara yang paling efektif untuk menjaga agar penjualan susu terjaga dan meningkatkan kekuatan pasar.

Seiring berjalannya waktu, produksi susu meningkat pesat dan peternak mulai mencari cara terbaik agar produk mereka mampu bertahan lebih lama, karena harus melalui melewati perjalanan distribusi yang panjang, namun meski begitu produk mereka tetap dapat memberikan manfaat dan kebaikan susu.

Pada 1913, sekitar 30 koperasi memutuskan untuk mendirikan perusahaan sendiri di Leeuwarden dan pabrik pengolahan susu yang bernama De Cooperatieve Condensfabriek Friesland (CCF) atau Pabrik Susu Kental Manis Friesland. Tujuannya adalah untuk memproses susu yang dihasilkan peternak, dengan menggunakan metode penguapan dan memasarkannya secara lokal maupun internasional. Di tahun pertama setelah pabrik didirikan, CCF mulai mengekspor produk susu kental mereka ke seluruh Eropa.

Pada waktu yang sama, Friesche Vlag juga terdaftar sebagai merek dagang produk perusahaan, dengan unsur visual dan nama yang diambil dari bendera di daerah Friesland, Belanda Utara, yang terkenal dengan produk susunya. Pada tahun 1922, produk susu kaleng Frisian Flag dan Friesche Vlag pertama kali diekspor ke Hindia Belanda, salah satunya Batavia, Indonesia. Dan sejarah Frisian Flag di Indonesia pun dimulai.

Pada tahun 1969, Frisian Flag memutuskan untuk membuat pabrik di daerah Pasar Rebo, Jakarta Timur, lalu pada tahun 1971 , pabrik tersebut baru dapat beroperasi. Baru kemudian sejak tahun 1971, bendera PT Frisian Flag Indonesia mulai berkibar dengan memproduksi susu kental manis, sampai dengan sekarang.

PT Frisian Flag Indonesia sebenarnya merupakan anak usaha Friesland Campina, yaitu koperasi sapi perah paling besar di dunia yang berpusat di negara Belanda. PT Frisian Flag Indonesia tetap loyal pada bisnis utamanya, yaitu produk di bidang susu, dan tidak melebarkan sayapnya seperti banyak perusahaan lain yang ekspansi ke bisnis kopi.