Apa yang Dimaksud Kebugaran Jasmani?

Loading...

ASTALOG.COM – Kesehatan tubuh seseorang bisa dilihat dari kebugaran jasmaninya. Kebugaran jasmani dikenal pula sebagai kesehatan atau kesegaran jasmani. Dalam hal ini, yang dimaksud dengan KEBUGARAN JASMANI adalah:

Kemampuan tubuh untuk melakukan penyesuaian terhadap pembebanan fisik berupa kekuatan yang diberikan kepadanya tanpa menimbulkan kelelahan berlebihan yang berarti. 

Kekuatan seorang itu dapat dilihat ketika melakukan pekerjaan keseharian dengan enteng tanpa merasakan rasa lelah yang berarti serta masih tetap memiliki cadangan tenaga untuk lakukan aktivitas yang lain. Hal ini menandakan kebugaran jasmaninya.

Berdasarkan hal tersebut, ada 3 hal penting dalam kebugaran jasmani, yaitu:

  1. Fisik yang berhubungan dengan otot, tulang, serta lemak.
  2. Manfaat organ yang berhubungan dengan efektifnya sistem jantung, pembuluh darah, serta paru-paru (pernafasan).
  3. Respons otot yang mencakup kelenturan, kemampuan, kecepatan, serta ketahanan.

Untuk mencapai ke-3 hal penting tersebut maka kita perlu melatih tubuh untuk tetap mendapatkan kebugaran yang bisa diperoleh dengan rutin melakukan latihan. Tujuan paling utamanya adalah untuk menjaga serta meningkatkan kesehatan jasmani. Unsur-unsur kesehatan jasmani yang terkait dengan rencana kesehatan jasmani dalam kehidupan keseharian diantaranya kemampuan, ketahanan, serta keseimbangan tubuh.

BACA JUGA:  Makna Proklamasi Kemerdekaan bagi Bangsa Indonesia

DEFINISI KEBUGARAN JASMANI MENURUT BEBERAPA AHLI

1) Judith Rink

Kesehatan jasmani adalah kekuatan seseorang dalam menjalankan kebiasaan keseharian dengan energi yang besar, namun tak merasa kelelahan yang terlalu berlebih, serta dapat menikmati kebiasaan itu.

2) Mochamad Sajoto

Kebugaran Jasmani adalah kekuatan seorang menuntaskan pekerjaan sehari-hari tanpa mengalami kelelahan terlalu berlebih, dengan pengeluaran daya yang cukup besar, untuk memenuhi keperluan geraknya serta menikmati waktu senggangnya, juga untuk memenuhi kepentingan darurat apabila dibutuhkan setiap saat.

3) Suratman

Kesegaran jasmani adalah satu segi fisik dari kesegaran menyeluruh (keseluruhan fitness) yang memberi kekuatan pada seorang untuk menggerakkan kehidupan yang produktif serta bisa mengatur pada setiap pembebanan atau stres fisik yang lumrah.

4) Djoko Pekik

Kesehatan jasmani adalah kekuatan tiap-tiap orang untuk melakukan kerja keseharian dengan cara efektif tanpa adanya muncul kelelahan yang berarti hingga masih tetap bisa menikmati waktu luangnya.

5) Giri Widjojo 

Kesegaran jasmani adalah kekuatan badan untuk mengatur manfaat alat-alat tubuh dalam batas fisiologi pada suatu kondisi lingkungan atau kerja fisik dengan cara efektif tanpa adanya rasa capek yang berarti.

6) Sadoso Sumorardjuno

Kesegaran Jasmani adalah kekuatan seorang untuk menunaikan tugasnya sehari-hari secara gampang, tanpa ada rasa capek yang berarti, dan masih tetap memiliki cadangan tenaga (sisa) untuk menikmati waktu senggangnya serta untuk beberapa kondisi mendadak.

7) Muhajir

Kesehatan jasmani adalah kesanggupan badan menyesuaikan dengan pekerjaan yang dikerjakan tanpa adanya rasa capek yang berarti.

8) Agus Mukholid

Kesegaran Jasmani adalah kekuatan serta kesanggupan untuk beraktivitas atau kerja, serta mempertinggi daya kerja dengan tanpa mengalami kelelahan yang terlalu berlebih.

9) Rusli Lutan

Kesehatan jasmani adalah kekuatan seorang dalam melakukan semua jenis pekerjaan fisik yang membutuhkan fleksibilitas, ketahanan, serta kemampuan.

Dari ke-9 definisi kebugaran jasmani dapat disimpulkan bahwa:

BACA JUGA:  Metamorfosisi Sempurna Adalah

Kebugaran atau kesehatan jasmani adalah kemampuan seseorang dalam melakukan aktivitas fisik sehari-hari tanpa merasakan rasa lelah yang berarti.  Jadi jika selama ini ada yang berpikir bahwa semakin banyak tubuh melakukan aktivitas dengan bergerak maka tubuh akan capek dan sakit-sakitan, maka itu adalah anggapan yang sangat keliru. Justru tubuh akan semakin terasa segar, bugar, dan sehat apabila terbiasa digerakkan dengan melakukan kegiatan atau aktivitas keseharian.

MANFAAT KEBUGARAN JASMANI

Ternyata banyak manfaat yang bisa diperoleh dari kebugaran jasmani, seperti:

  1. Terhindar dari obesitas
  2. Terhindar dari penyakit jantung
  3. Dapat terhindar dari resiko diabetes
  4. Terhindar dari hipertensi
  5. Menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh
  6. Terhindar dari resiko kanker
  7. Terhindar dari osteoporosis (tulang keropos)
  8. Meningkatkan mood (suasana hati)
  9. Dapat meningkatkan energi
  10. Mencegah insomnia
  11. Meningkatkan gairah seksual
  12. Meningkatkan kecerdasan otak
  13. Mencegah penuaan dini
  14. Mengatasi depresi
  15. Terhindar dari kelelahan
  16. Meningkatkan kesehatan tubuh
BACA JUGA:  Jenis-jenis Konjungsi Berdasarkan Fungsinya