Sebaran Jenis Ikan di Perairan Laut Indonesia

ASTALOG.COM – Ikan termasuk salah satu sumber daya laut yang tersebar di wilayah perairan laut termasuk di perairan Indonesia sebagai salah satu negara kepulauan yang ada di dunia. Indonesia sendiri memiliki luas wilayah laut yang mencakup 2/3 dari seluruh luas wilayah Indonesia atau sekitar 5,8 juta km2.

Tentu saja laut di Indonesia menyimpan segudang potensi sumber daya laut yang sangat besar, termasuk ikan-ikan laut yang melimpah. Tidak heran pula jika wilayah perairan laut Indonesia sering menjadi incaran nelayan-nelayan asing untuk menangkap ikan walaupun itu termasuk tindakan ilegal (ilegal fishing).

Selain kaya akan ikan, laut-laut di Indonesia juga memiliki kekayaan berupa mangrove, terumbu karang, dan lainnya. Kekayaan-kekayaan itulah yang harus terus dijaga. Nah, jika penasaran tentang sebaran jenis ikan di perairan laut Indonesia, berikut informasinya:

1) Ikan Cakalang

Ikan Cakalang merupakan ikan dengan ukuran tubuh yang sedang. Panjang tubuhnya umumnya mencapai sekitar 1 m dengan berat dapat mencapai sekitar lebih dari 18 kg. Ikan cakalang diketahui sebagai perenang handal di lautan area pelagik. Ikan cakalang biasa ditemui di laut dengan iklim tropis dan iklim subtropis di kawasan Samudra Hindia, Samudra Pasifik, dan juga Samudra Atlantik. Untuk wilayah perairan laut Indonesia, ikan cakalang umumnya dijumpai di wilayah laut Banda, perairan Maluku, selat Makassar, dan Laut Jawa.

2) Ikan Tuna Mata Besar

Ikan tuna mata besar merupakan salah satu jenis spesies ikan tuna dari golongan tuna sejati (yang sebenarnya). Ikan tuna jenis ini merupakan jenis ikan konsumsi dan ikan tangkapan yang paling penting pada industri pengolahan perikanan maupun sebagai ikan tangkapan rekreasi (pemancing untuk wisata). Ikan tuna mata besar dijumpai nyaris di semua wilayah lautan terbuka tropis dan iklim sedang, namun tidak dijumpai di kawasan Laut Tengah. Di wilayah perairan laut Indonesia, area persebaran ikan tuna mata besar utamanya di kawasan laut Sulawesi, laut Banda, laut Flores, dan laut utara Papua.

3) Ikan Tuna Sirip Biru

Ikan tuna sirip biru mempunyai bentuk tubuh yang sangat mirip dengan bentuk torpedo, pada sisi–sisinya sedikit memipih, dan moncongnya berbentuk meruncing. Ikan tuna Sirip Biru pada umumnya paling banyak dijumpai di kawasan perairan laut Indonesia yang meliputi kawasan Laut Banda, Laut Sulawesi, perairan laut utara Papua, dan Laut flores.

4) Ikan Albakora

Ikan Albakora merupakan salah satu jenis spesies ikan tuna. Ikan Albakora merupakan ikan yang mempunyai nilai komersil tinggi, sehingga ikan ini mendapat tempat yang sangat baik dalam industri perikanan dengan nilai ekonomisnya. Ikan yang terkenal sebagai incaran penangkapan ikan rekreasi (rekreasi mancing) biasanya ditangkap dengan memancing menggunakan rangkaian pancing panjang, trol, serta jaringan pukat. Wilayah persebaran ikan Albakora di perairan laut di Indonesia banyak dijumpai di daerah laut Barat Sumatera, laut selatan Jawa, dan wilayah perairan Papua.

5) Ikan Madidihang

Ikan Madidihang merupakan salah satu jenis spesies ikan tuna bersirip kuning, serta termasuk ikan jenis pelagis besar yang menjelajah di seluruh lautan tropis dunia. Jenis ikan ini adalah salah satu jenis ikan tuna yang paling besar, walaupun masih kalah besar bila dibandingkan dengan ukuran ikan tuna jenis sirip biru dan ikan tuna jenis mata besar.

Ikan Madidihang bisa dijumpai di seluruh perairan laut tropis dan pertengahan dunia. Indonesia merupakan area bertemunya 2 jenis ikan Madidihang dari wilayah Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Area bertemunya kedua kawanan jenis ikan itu kemungkinan besar berada di sekitar wilayah Laut Flores,  selat Makasar, dan laut Banda.

 

 

SISWA LAIN JUGA MEMBACA INI: