Habitat Kuda Nil

ASTALOG.COM – Dilansir dari wikipedia, Kuda nil (Latin: Hippopotamus amphibius) atau hippo (bahasa Yunani: ἱπποπόταμος, hippopotamos, dari ἵππος, hippos, “kuda”, dan ποταμός, potamos, “sungai”) adalah mamalia dari keluarga Hippopotamidae yang berukuran besar, omnivora, dan berasal dari Afrika sub-Sahara. Kuda nil adalah hewan darat terbesar ketiga setelah gajah dan badak putih

Ciri Khusus Kuda Nil
Ciri khusus kuda nil Hewan ini termasuk mamalia dari faamili Hippopotamidae. Hewan ini berukuran besar dan hidup di Afrika.

Ciri Kuda Nil
Memiliki tubuh yang besar dan kuat, Kulit kuda nil berwarna kelabu gelap. Kuda Nil juga memiliki gading yang besar yang berfungsi untuk melindungi dari predator. Mamalia air adalah jenis binatang menyusui yang sebagian besar hidupnya dilakukan di air. Mempunyai kelenjar susu, yang betina menghasilkan susu sebagai sumber makanan anaknya. Ada yang Mempunyai rambut, tubuh endoterm atau berdarah panas. Mempunyai otak yang mengatur system peedaran daah, termasuk jantung yang beruan empat. Memiliki tiga tulang pendengaran dalam setiap telinga dan satu tulang dentari di setiap sisi rahang bawah.
Mamalia memliki integumen yang terdiri dari tiga lapisan: paling luar adalah epidermis, yang tengah adalah dermis, dan paling dalam adalah hipodermis.

Habitat Kuda Nil
1. Air
Kuda nil menghabiskan sebagian besar waktu mereka dalam air, sehingga mereka biasanya tinggal dekat dengan lambat bergerak Afrika danau atau sungai. Mereka lebih suka bahwa badan air memiliki bagian dangkal yang mereka dapat berjalan dalam dan lebih dalam bagian yang mana mereka dapat benar-benar tenggelam. Kuda nil telah disesuaikan untuk hidup di dalam air; mata, telinga dan hidung mereka berada di atas kepala, memungkinkan mereka untuk menjadi hampir benar-benar tenggelam dan masih mempunyai pancaindera yang utuh. Mata mereka memiliki membran jelas atas mereka, yang membantu hippo menjaga mata terbuka sementara tenggelam. Mereka juga memiliki kulit yang unik yang harus disimpan basah untuk sebagian besar hari; Jika mengering hippo akan menjadi dehidrasi. Alih-alih berkeringat, kuda nil mengeluarkan lendir merah tebal, yang melindungi kulit dari matahari dan tetap lembab. Meskipun kuda nil sedang diadaptasi untuk air, tubuh padat mereka mencegah mereka dari menjadi dapat berenang atau mengapung. Sebaliknya, mereka bergerak dengan berjalan kaki pada atau mendorong dari bagian bawah badan air. Mereka dapat, namun, tinggal terendam selama lima menit.

2. Padang Rumput
Kuda nil menghabiskan sebagian besar hari-hari mereka di dalam air, tetapi mereka menghabiskan sebagian besar malam mereka di tanah untuk mencari makanan. Diet mereka hampir seluruhnya terdiri dari rumput dan lalu sedges. Sebagai akibatnya, mereka mencari habitat yang tidak hanya memiliki tubuh yang bergerak lambat air, tetapi juga salah satu yang memiliki patch pendek rumput dan lembut pantai rak yang mana mereka dapat beristirahat dekat dengan air. Mereka cenderung memilih daerah yang akan memenuhi kebutuhan mereka makan; murni padang rumput dan hutan lebih disukai atas padat semak-semak atau hutan. Mereka merumput telah menciptakan fenomena yang disebut hippo rumput, mana pendek, hijau rumput terus tumbuh.