Negara yang Warna Benderanya Sama dengan Indonesia

Loading...

ASTALOG.COM – Bendera Merah Putih milik negara Indonesia ternyata memiliki warna yang sama persis dengan warna bendera negara lain, lho! Yaa, Monako, sebuah negara kota berdaulat yang terletak di kawasan Eropa Barat juga memiliki bendera berwarna merah putih. Bendera ini mulai digunakan pertama kali sejak sejak 4 April 1981.

ALASAN PENGGUNAAN WARNA MERAH PUTIH UNTUK BENDERA MONAKO

Jika dilihat sekilas, tidak ada perbedaan sama sekali antara bendera Indonesia dengan bendera Monako, keduanya berwarna merah putih. Namun jika dilihat lebih detil dan dekat, maka bendera Monako menggunakan rasio warna 4:5 atau 2:3 untuk warna merah dan putihnya. Jadi, warna merahnya lebih sedikit daripada warna putihnya. Sementara bendera Indonesia memiliki rasio warna yang seimbang untuk merah dan putihnya.

Lalu mengapa warna merah putih dipilih sebagai warna bendera Monako?

Ternyata warna merah dan putih sudah menjadi corak khas keluarga Grimaldi, sang penguasa Monako. Setidaknya sejak tahun 1339, keluarga ini sering menggunakan warna merah putih untuk desain yang berbeda-beda.

Sebenarnya bendera Monako yang asli dulunya memiliki gambar simbol negaranya di bagian tengah bendera. Gambar simbol ini bahkan telah digunakan sejak awal kerajaan Monako berdiri, kecuali ketika Monako dikuasai oleh Perancis di periode tahun 1793 – 1814. Kini bentuknya lebih sederhana seperti yang dilihat.

BACA JUGA:  Sifat Atmosfer Apa Saja?
Gambar simbol Kerajaan Monako

SEKILAS TENTANG MONAKO

  • Nama resmi negara : Principaute de Monaco
  • Ibukota : Monaco
  • Motto : Deo Juvante (Dengan Bantuan Tuhan)
  • Bentuk Pemerintahan : Monarki Semi Konstitusional di bawah pimpinan Pangeran dan Menteri Negara.
  • Kemerdekaan : 1297 (Dinasti Grimaldi) dan 1861 (Perjanjian Peraancis – Monako)
  • Luas Total Wilayah : 2,02 km2
  • Mata Uang : Euro
  • Zona Waktu : UTC +1 dan UTC +2 (di musim panas)

POSISI GEOGRAFIS MONAKO

Monako terletak di Cote d’Azur di Eropa Barat. Berbatasan dengan Perancis di 3 sisi, dan satu sisi berbatasan dengan Laut Tengah, pusatnya adalah sekitar 16 km (9.9 mi) dari Italia, dan hanya 13 km (8.1 mi) dari timur laut Nice, Perancis.

Monako mempunyai luas wilayah 2.02 km2 (0.78 sq mi), dan populasi sebesar 36,371 yang menjadikannya sebagai negara dengan populasi penduduk terkecil di dunia.

BACA JUGA:  Gerak Dasar Tangan Pada Tari Tradisional

Jika melihat luas daratan Monako yang hanya sekitar 4,4 km (1,7 mil) maka Monako menjadi kota negara dengan penduduk terpadat di dunia. Sementara itu, garis pantainya mencapai sekitar 4.1 km (2.5 mi), dan lebar yang bervariasi antara 1.7 km (1.1 mi), dan 349 meter (382 yard).

Titik tertinggi dari negara ini adalah jalur sempit yang bernama Chemin des Revoires di lereng gunung Mont Agel, di distrik Les Revoires, yang tingginya sekitar 161 meter (528 feet) di bawah permukaan laut. Lingkungan terpadat di Monako adalah Monte Carlo, dan distrik terpadat adalah Larvotto/Bas Moulins.

SISTEM ADMINISTRASI PEMERINTAHAN DI MONAKO

Monako adalah sebuah Kepangeranan yang diatur dalam monarki konstitusional dengan Pangeran Albert II sebagai kepala negara. Meskipun Pangeran Albert II adalah raja konstitutional, ia masih punya kekuatan politik yang sangat besar. Bahasa resminya adalah Perancis, tetapi Monegasque, Italia, dan Inggris banyak dituturkan dan di mengerti secara luas. Kedaulatan negara secara resmi diakui dalam Perjanjian Franco-Monegasque di tahun 1861, dengan Monako menjadi anggota voting penuh PBB pada tahun 1993 setelah banyak perdebatan politik.

BACA JUGA:  Penerapan Hukum Archimedes

Meskipun kemerdekaan Monaco dan kebijakan luar negeri yang terpisah, pertahanan adalah tanggung jawab Perancis. Meskipun demikian, Monako tetap mempertahakan 2 unit militer, berjumlah 263 orang, yaitu Corps des Sapeurs-Pompiers dan Compagnie des Carabiniers du Prince.

Monako menjadi negara terkecil di dunia setelah Vatikan, sekaligus juga sebagai negara monarki terkecil kedua di dunia. Monako hanya memiliki 1 munisipalitas atau wilayah administratif. Tidak ada perbedaan geografis antara negara dan kota Monako, meskipun tanggung jawab pemerintah (tingkat negara) dan dari munisipalitas (tingkat kota) berbeda. Berdasarkan konstituti pada tahun 1911, Monako dibagi menjadi 3 munisipalitas, yaitu:

  1. Monaco-Ville, kota tua di tanjung berbatu yang memanjang ke Laut Tengah, dikenal sebagai Batu Monako atau “The Rock“.
  2. Monte Carlo, kawasan perumahan pokok dan resort dengan Casino Monte Carlo di timur dan timur laut.
  3. La Condamine, terletak di barat daya, termasuk daerah pelabuhan, Pelabuhan Hercules.