Alat Musik Tehyan

ASTALOG.COM – Kong’ahyan, Tehyan, dan Sukong adalah alat musik tradisional Betawi (Jakarta). Alat musik ini berasal dari China yang dibawa keturunan Thiong Hua yang dahulu menetap atau singgah di Indonesia.

Kebanyakan orang yang melihat alat gesek ini, yang biasa digunakan dalam kesenian gambang kromong, lenong dan ondel-ondel lebih mengenal alat musik ini dengan sebutan tehyan. Padahal yang digunakan itu adalah Kong’ahyan.

Pengertian Tehyan
Tehyan adalah salah satu alat musik Betawi hasil perpaduan kebudayaan Tionghoa yang masih tersisa. Menurutnya, saat ini Tehyan mulai jarang dijumpai karena langkanya alat musik Tehyan digunakan oleh masyarakat.

Tehyan merupakan alat musik gesek berbentuk panjang dengan bagian bawah yang agak melebar. Jika diamati, alat musik ini mirip rangka manusia mulai bagian badan hingga bokong. Tangga nada dalam alat musik Tehyan yang diatonis, dalam permainannya lebih mengandalkan feeling atau perasaan. Itulah yang membuat alat musik ini berbeda dengan alat musik lainnya. Cara memainkannya digesek dengan alat khusus pada bagian senarnya dawainya seperti memainkan oila.

Jenis-jenis Tehyan
Tehyan memiliki 3 jenis, yaitu Sukong, Tehyan dan Kong ahyan. Perbedaan paling mendasar terletak pada bentuk ukurannya. Sukong bila dilihat dari bentuknya memiliki ukuran paling besar dengan nada dasar “G” dengan suara yang memilik desibel tinggi (disebut juga Bass) dan Kongahyan memiliki ukuran yang paling kecil dengan nada dasar “D” (disebut juga Melody). Sementara Tehyan biasa disebut Rythem dengan ukuran menengah antara Sukong dan Tehyan yang memiliki nada dasar “A”.

Saat ini penggunaan Tehyan sangat langka, mungkin hanya sesekali kita dengar disetiap acara kebudayaan Betawi seperti pertunjukkan Gambang Kromong, Ondel-Ondel ataupun Lenong Betawi. Jarang pula orang yang dapat memainkan alat musik gesek yang memilik 2 senar ini. Kebanyakan pemain tehyan adalah orang tua (sudah lanjut usia), walaupun ada pemain tehyan yang usianya muda itu sudah jarang sekali. Mungkin hal ini dikarenakan perkembangan alat musik modern yang sangat berkembang dengan pesat.

Cara Pembuatan Alat Musik Tehyan
Membuat alat musik tradisional betawi yang berasal dari negeri cina ini sangatlah mudah, tahap pertama anda harua menyiapkan papan dengan tebal 2,5cm, gergaji kayu, bor, golok, batok kelapa gading, senar pancing, dan bambu.

Tahap pertama potong lah papan membentuk huruf L dengan panjang sekitar 1m lalu diserut dengan menggunakan golok atau alat lain hingga bulat seperti gagang sapu, setelah sudah terbentuk lubangi bagian atas nya dengan jarak kurang lebih 4 jari untuk jalu senar, pasang lah batok kelapa yg sudah dilubangi dengan ditutup triplek tipis . Maka steam lah senar gitar pada tehyan dengan menggunakan senar 1 dan 2 bakar lah siongka agar senar pancing menjadi kesat tidak licin.

SISWA LAIN JUGA MEMBACA INI: