Isi Perjanjian Verselles

Loading...

ASTALOG.COM – Dilansir dari wikipedia, Perjanjian Versailles (1919) adalah suatu perjanjian damai yang secara resmi mengakhiri Perang Dunia I antara Sekutu dan Kekaisaran Jerman. Setelah enam bulan negosiasi melalui Konferensi Perdamaian Paris, perjanjian ini akhirnya ditandatangani sebagai tindak lanjut dari perlucutan senjata yang ditandatangani pada bulan November 1918 di Compiègne Forest, yang mengakhiri perseturuan sesungguhnya.

Salah satu hal paling penting yang dihasilkan oleh perjanjian ini adalah bahwa Jerman menerima tanggung jawab penuh sebagai penyebab peperangan dan, melalui aturan dari pasal 231-247, harus melakukan perbaikan-perbaikan pada negara-negara tertentu yang tergabung dalam Sekutu.

Latarbelakang Terbentuknya Perjanjian
Pada tanggal 11 November 1918, perwakilan Jerman menandatangani gencatan senjata, dan dalam Perjanjian Versailles pada tahun 1919 para negara pemenang perang yaitu Amerika Serikat, Inggris Raya, Prancis, dan negara-negara sekutu lainnya memberikan ketentuan hukuman kepada jerman dalam kewilayahan, kemiliteran, dan juga ekonomi.

BACA JUGA:  Apa Saja Bentuk Dan Macam-Macam Awan?

Sebagian barat, Jerman harus memberikan daerah Alsace-Lorraine ke Pranci serta Belgia hasil perjanjian tersebut mendapatkan Eupen dan Malmedy.

Dalam perjanjian tersebut Jerman telah kehilangan wilayah koloninya. Namun, sebenarnya perjanjian Versailles terjadi karena adanya perang dunia pertama yang tercetus karena pada perang dunia pertama Pangeran Franz Ferdinand dari Austro-Hongaria beserta istri mengalami pembunuhan di Sarajevo Bosnia yang dilakukan oleh nasionalis Yugoslavia dengan teroris Serbia Gavrilo Princip, 28 Juni 1914. Pada saat itu Bosnia salah satu kawasan Austriayang telah dituntut oleh Serbia.

Terjadinya ultimatum Habsburg terhadap Kerajaan Serbia, sehingga hitungan minggu saja peperangan pun tak terelakan. Sehingga konflik tersebut menyebar ke seluruh dunia, dengan melalui bantuan Jerman pihak Austria-Hungaria untuk memutuskan perang Serbia.

BACA JUGA:  Seismograf Adalah?

Pada tanggal 28 Juli 1914 Austria-Hungaria menyerang Serbia, pihak serbia dibantu Rusia ketika diserang oleh tentara Jerman.

Jerman, Austria-Hungaria, dan beberapa sekutunya merupakan Blok Sentral sedangakan negara-negara yang menentang mereka yaitu Blok Sekutu.

Peperangan berlanjut dan negara-negara lain pun ikut campur tangan. Seperti Italia bergabung yang bergabung dengan sekutu karena dan disusul pada tahun 1917, Amerika Serikat mengikuti perang dan memihak sekutu.

Isi Perjanjian Versailles
Isi perjanjian Versailles antara lain sebagai berikut:

1. Jerman harus menyerahkan:
Daerah Elzas-Lotaringen kepada Perancis
Daerah Eupen, Malmedy, dan Meresnet kepada Belgia
Daerah Prusia Barat dan Posen kepada Polandia
Danzig sebagai kota merdeka di bawah naungan Liga Bangsa-Bangsa.
2. Jerman harus menyerahkan daerah Saar kepada LBB selama 15 tahun dan kemudian akan diadakan plebisit untuk menentukan apakah rakyat memilih bergabung dengan Jerman atau Perancis.
3. Jerman harus menyerahkan daerah jajahannya kepada Inggris, Perancis, dan Jepang.
4. Jerman harus membayar ganti rugi perang kepada negara-negara Sekutu sebesar 132 milyar mark emas.
5. Jerman harus menyerahkan semua kapal dagangnya kepada Inggris.
6. Angkatan perang Jerman diperkecil dan dilarang mengadakan wajib militer.
7. Daerah Rhein diduduki oleh Sekutu untuk mengawasi apakah Jerman menaati perjanjian Versailles atau tidak.

BACA JUGA:  Jenis Limbah Organik dan Pengelolaannya

Penandatanganan perjanjian tersebut juga menyepakati pembatalan atas perjanjian antara Jerman dan Austria yang telah ditandatangani sebelumnya. Pembatalan itu dimaksudkan untuk mencegah Jerman dan Austria membentuk kekuatan besar kembali.