Sungai Terpanjang di Filipina

ASTALOG.COM – Dilansir dari wikipedia, Filipina atau Republik Filipina (Republika ng Pilipinas) adalah sebuah negara republik di Asia Tenggara, sebelah utara Indonesia, dan Malaysia. Filipina merupakan sebuah negara kepulauan yang terletak di Lingkar Pasifik Barat, negara ini terdiri dari 7.107 pulau.

Selama ribuan tahun, warga kepulauan Filipina yang bahagia, dan pekerja keras ini telah mengembangkan sistem cocok tanam Padi yang sangat maju, yang menyediakan makanan pokok bagi masyarakatnya.

Filipina adalah negara paling maju di Benua Asia setelah Perang Dunia II, namun sejak saat itu telah tertinggal di belakang negara-negara lain akibat pertumbuhan ekonomi yang lemah, penyitaan kekayaan yang dilakukan pemerintah, korupsi yang luas, dan pengaruh-pengaruh neo-kolonial.

Meskipun begitu, saat ini Filipina mengalami pertumbuhan ekonomi yang moderat, yang banyak disumbangkan dari pengiriman uang oleh pekerja-pekerja Filipina di luar negeri, dan sektor teknologi informasi yang sedang tumbuh pesat. Filipina seringkali dianggap sebagai satu-satunya negara di Benua Asia di mana pengaruh budaya Barat terasa sangat kuat.

Masalah-masalah besar negara ini termasuk gerakan separatis Bangsamoro di sebelah selatan Filipina yaitu di region Mindanao, pemberontak-pemberontak dari Tentara Rakyat Baru (New People’s Army) yang beraliran komunis di wilayah-wilayah pedesaan, kebijakan-kebijakan pemerintah yang sering tidak konsisten, tingkat kejahatan yang makin meningkat, dan kerusakan lingkungan seperti penebangan hutan, dan polusi laut. Filipina juga mengalami masalah banyaknya penduduk di daerah-daerah perkotaan akibat kurangnya lapangan pekerjaan di wilayah pedesaan, dan tingkat kelahiran yang tinggi.

Kenampakan alam Filipina mempunyai kesamaan dengan Indonesia. Filipina merupakannegara kepulauan. Pulau terbesar di Filipina juga berupa daerah pegunungan. Pegunungan terdapat di Pulau Luzon dan pulau Mindanao.

Kenampakan alam di Filipina juga berupa daerah pegunungan. Pegunungan di Pulau Luzon, antara lain Pegunungan Zambalez, Pegunungan Sierra Madre dengan puncak tertinggi, yaitu Gunung An Cuo (1.860 m), dan Pegunungan Cadig. Di Pulau Panai terdapat Pegunungan Cordelleras. Di Pulau Mindanao terdapat Pegunungan Divata. Di Pulau Palawan terdapat Pegunungan Vicotoria dengan puncak tertinggi Gunung Gantung (1.813 m).
Gunung-gunung lain di Filipina di antaranya adalah Gunung Covitan (2.594 m) dan GunungClawet (2.669 m) di Pulau Luzon. Di Pulau Mindoro terdapat Gunung Halcon (2.582 m) dan Gunung Baco (2.488 m). Adapun di Pulau Palawan terdapat Gunung Victoria (1.798 m) dan Gunung Cleopatra (1.593 m). Gunung Kaatoan (2.896 m), Gunung Ragang (2.815 m), Gunung Dapiak (2.896 m), Gunung Busa (2.083 m), dan Gunung Apo (2.930 m) terdapat di Pulau Mindanao. Gunung Apo merupakan gunung tertinggi di Filipina.

Filipina memiliki banyak laut, selat, teluk, dan semenanjung. Filipina juga memiliki sungai terpanjang yang dikenal dengan nama sungai cagayan.

Sungai Cagayan adalah sungai terpanjang dan terbesar di kepulauan Filipina. Tempat ini berlokasi di lembah Cagayan di sebelah Timur Laut pulau Luzon dan melintangi provinsi Nueva Viscaya, Quirino, Isabela dan Cagayan.

Muara sungai ini terdapat di gunung Caraballo di tengah Luzon yang kira-kira berketinggian 1.524 meter. Sungai ini mengalir sepanjan 505 kilometer ke mulut Terusan Babuyan dekat kota Aparri, Cagayan.