Jenis-jenis Monera

ASTALOG.COM – Monera Kata monera berasal dari bahasa yunani, yakni moneres yang memiliki arti tunggal. Kata monera berasal dari bahasa yunani, yakni moneres yang memiliki arti tunggal. Hal tersebut sesuai dengan jumlah sel anggota monera, yakni bersel tunggal. Struktur sel monera masih sederhana.

Inti selnya belum memiliki membran inti (karioteka) sehingga monera digolongkan sebagai prokariot. dengan demikian, anggota dari kingdom monera termasuk kelompok organisme prokariot bersel tunggal (uniseluler).

Monera adalah bentuk kehidupan paling sederhana yang ada. Monera memegang peranan penting dalam mendaur ulang zat makanan mineral. kelompok ini berjumlah lebih dari 4.000 spesies.

Kerajaan Monera baru-baru ini dibagi menjadi dua kerajaan yang terpisah: archaeabacteria dan Eubacteria. Keduanya diketahui terkait erat dengan kerajaan lain dari tanaman, jamur atau hewan.

Archaebacteria
Archaebacteria adalah yang tertua dari semua makhluk hidup dan dapat ditemukan di lingkungan yang paling ekstrim. Thermoacidophiles hidup di panas, air asam dari mata air panas belerang. Metanogen adalah anaerob yang menghasilkan metana sebagai produk sampingan. Mikroba ini hidup pada ventilasi panas mendidih gunung berapi laut dalam dan akan mati jika terkena oksigen. Halofili hidup di lingkungan yang sangat asin seperti Great Salt Lake atau Laut Mati.

Eubacteria
Bakteri ini dianggap “bakteri sejati” dan diklasifikasikan sebagai gram-negatif atau gram positif. Metode identifikasi ini, ditemukan oleh ilmuwan Denmark Hans Christian Gram pada tahun 1884, berarti menggunakan empat langkah metode pewarnaan sel bakteri untuk melihat berapa banyak noda yang mereka mempertahankan. Bakteri Gram-positif berwarna ungu, sedangkan bakteri gram negatif berwarna merah muda. Sekitar 75 persen dari Eubacteria adalah gram-negatif dan berbentuk melengkung, spiral atau spirochete. Sedikit lebih kecil jumlahnya adalah Eubacteria gram positif, termasuk bentuk batang dan cocci.

Bentuk Monera
Monera datang dalam berbagai bentuk. Yang paling umum adalah basil berbentuk batang. Bentuk lainnya adalah bola berbentuk kokus, seperti mereka yang bertanggung jawab untuk radang tenggorokan, yang kelompok dalam kelompok atau rantai. Terbesar dari tiga bentuk adalah spirilla berbentuk spiral.

Jenis-Jenis Monera

1. Bakteri
Bakteri mempunyai sel uniseluler dan prokariotik. Pada umumnya tidak mmepunyai klorofil, namun ada yang mempunyai klorofil yang sehingga bisa melakukan fotosintesis. Ukuran pada bakteri sangat kecil, hanya beberapa mikron. Reproduksi secara seksual bisa dilakukan dengan cara konjungsi (pemindahan DNA dari donor ke penerima melalui kontak langsung), Transformasi (pemindahan DNA bakteri ke bakteri lain), dan transduksi (pemindahan DNA bakteri melalui perantara virus). Reproduksi yang secara aseksual pada bakteri pada umumnya dengan pembelahan biner. Bakteri membelah secara langsung menjadi 2 sel anakan, yaitu pada kondisi normal membelah setiap 20 menit sekali.

2. Ganggang Biru (Cyanobacteria)
Ganggang biru yaitu yang mempunyai klorofil yang sehingga bisa berfotosintesi dan menghasilkan oksigen. ganggang biru mempunyai macam-macam jenis, yaitu seperti ganggang biru yang ber sel satu, ganggang biru berkoloni, dan ganggang biru yang berbentuk benang.