Perbedaan Klorofil A dan Klorofil B dalam Proses Fotosintesis

ASTALOG.COM – Fotosintesis adalah suatu proses biokimia pembentukan zat makanan seperti karbohidrat yang dilakukan oleh tumbuhan, terutama tumbuhan yang mengandung zat hijau daun atau klorofil. Selain tumbuhan berkalori tinggi, makhluk hidup non-klorofil lain yang berfotosintesis adalah alga dan beberapa jenis bakteri. Organisme ini berfotosintesis dengan menggunakan zat hara, karbon dioksida, dan air serta bantuan energi cahaya matahari, seperti dilansir dari Wikipedia.

Fungsi Fotosintesis

Menurut KelasBiologiku, daun pada tumbuhan memiliki fungsi utama yakni sebagai tempat terjadinya proses fotosintesis. Sebenarnya, fotosintesis tak hanya penting bagi tumbuhan tetapi juga bagi semua makhluk hidup yang menghuni bumi. Mengapa? Sebab oksigen yang ada di bumi ini sebagian besar diproduksi oleh tumbuhan. Hal inilah yang menjadikan pepohonan sering dijuluki paru-paru planet bumi.

PELAJARI:  Mengapa Iklim Diklasifikasikan Berdasarkan Garis Lintang Bukan Garis Bujur?
 

Klorofil A dan B

Klorofil adalah pigmen pemberi warna hijau pada tumbuhan, alga dan bakteri fotosintetik. Senyawa ini yang berperan dalam proses fotosintesis tumbuhan dengan menyerap dan mengubah tenaga cahaya matahari menjadi tenaga kimia. Dengan proses fotosintesis, terdapat 3 fungsi utama dari klorofil yaitu 1.) memanfaatkan energi matahari, 2.) memicu fiksasi Karbondioksida menjadi karbohidrat, dan 3.) menyediakan dasar energetik bagi ekosistem secara keseluruhan. Dan karbohidrat yang dihasilkan fotosintesis melalui proses anabolisme diubah menjadi protein, lemak, asam nukleat, dan molekul organik lainnya.

 

Pada tanaman tingkat tinggi ada 2 macam klorofil yaitu klorofil-a (C55H72O5N4Mg) yang berwarna hijau tua dan klorofil-b (C55H70O6N4Mg) yang berwarna hijau muda. Klorofil-a dan klorofil-b paling kuat menyerap cahaya di bagian merah (600-700 nm), sedangkan yang paling
sedikit cahaya hijau (500-600 nm). Sedangkan cahaya berwarna biru dari spektrum tersebut diserap oleh karotenoid.

PELAJARI:  Bagian-bagian Telinga Manusia

Perbedaan klorofil-a dan klorofil-b:

1. Rumus kimia:
Klorofil-a: C55H72O5N4Mg
Klorofil-b: C55H70O6N4Mg

2. Gugus pengikat:
Klorofil-a: CH3
Klorofil-b: CH

3. Cahaya yang diserap:
Klorofil-a menyerap cahaya biru-violet dan merah. Klorofil-b menyerap cahaya biru dan oranye dan memantulkan cahaya kuning-hijau.

4. Absorpsi maksimum
Klorofil-a pada λ 673 nm, sedangkan klorofil b pada λ 455-640 nm.

5. Klorofil-a paling banyak terdapat pada Fotosistem II, sedangkan klorofil b paling banyak terdapat pada Fotosistem I.

Tahapan Fotosintesis

1. Reaksi Terang
Dikatakan reaksi terang karena dalam prosesnya reaksi ini membutuhkan cahaya matahari. Reaksi ini terjadi di salah satu ruang kosong pada kloroplas yang disebut membran tilakoid. Dalam reaksi terang, klorofil akan menyerap cahaya dari matahari, energi yang didapat dari cahaya matahari akan digunakan untuk memecah molekul air menjadi molekul oksigen dan hidrogen. Reaksi ini disebut sebagai fotolisis.

PELAJARI:  Isi Pasal 28 UUD 1945

2. Reaksi Gelap
Sesuai dengan namanya reaksi gelap merupakan reaksi yang tidak bergantung pada cahaya. Inti dari proses reaksi gelap merupakan pengubahan Karbondioksida (CO2) menjadi glukosa. Reaksi gelap ini terjadi pada bagian stroma kloroplas. Reaksi gelap hanya akan terjadi sesudah terjadinya reaksi terang, dan proses reaksi gelap sangat kompleks, karena pengubahan Karbondioksida (CO2).