Apa yang Dimaksud Gambar?

ASTALOG.COM – Gambar adalah suatu perpaduan titik, garis, bidang, dan warna yang dikomposisikan untuk mencitrakan sesuatu. Gambar merupakan sajak tanpa kata-kata. Suatu objek bisa dijadikan suatu gambar.

Gambar sebagai alat komunikasi visual. Bahasa gambar sangat dibutuhkan dalam dunia yang modern seperti saat ini. Keberadaan gambar sangat penting bagi kehidupan. Bahasa gambar jauh lebih komunkikatif dibandingkan dengan kata, lisan, dan tulisan.

Kekuatan gambar adalah segalanya. Selain dijadikan sebagai komunikasi dan pencitraan juga bisa dijadikan sebagai logo atau simbol.

Pengertian Gambar Menurut Para Ahli

“Katherine Klipper Merseth”
Gambar itu bernilai lebih dari seribu kata kata.

“Tamiya Onodera”
Gambar adalah sebuah copy dari alam secara phisis.

“Sudjono”
Gambar adalah proses jiwa kita dan bukan gambar jiplakan karya orang lain.

“Donald Preziosi”
Gambar adalah Temporal linier dari sebuah bahasa.

“W.J.Mitchel”
Gambar adalah sebuah petunjuk diri yang terdapat dalam sebuah struktur referensi.

“M.P.Hodges”
Gambar tidak hanya sebuah sekumpulan benda benda fisik.

“James B.Pawley”
Gambar adalah sesuatu yang bisa di lihat dan terdiri dari beberapa pertemuan ruang antara beberapa fitur.

“Ned Block”
Gambar adalah mewakili dari sesuatu yang tlah di tetapkan serta memiki kualitas atau karakteristik dari bentuk dan warna dari sesuatu yang diwakilinya.

“Haralick Dan Shapiro”
Gambar merupakan pengoptimalan dari sebuah output tertentu yang terkadang dibutuhkan beberapa pencitraan yang bertujuan untuk membuatnya menjadi lebih baik.

“Elaine Hodges”
Gambar adalah sebuah representasi dari fenomena objek,adegan atau lainnya

Pengertian Media Gambar
Media gambar merupakan salah satu dari media pembelajaran yang paling umum dipakai dan merupakan bahasa yang umum dan dapat dimengerti dan dinikmati dimana-mana. Menurut Sadiman Arief S. (2003:21), media gambar adalah sebagai berikut :

Media gambar adalah suatu gambar yang berkaitan dengan materi pelajaran yang berfungsi untuk menyampaikan pesan dari guru kepada siswa. Media gambar ini dapat membantu siswa untuk mengungkapkan informasi yang terkandung dalam masalah sehingga hubungan antar komponen dalam masalah tersebut dapat terlihat dengan lebih jelas.

Fungsi Media Gambar
Gambar sebagai media pendidikan tentunya mempunyai fungsi yang diharapkan dalam proses belajar mengajar antara lain:

1. Fungsi Atensi
Di sini media visual atau gambar merupakan inti, yaitu menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi pada isi pelajaran yang berkaitan dengan makna visual yang ditampilkan atau menyertai teks materi pelajaran. Misalnya: Gambar yang diproyeksikan melalui Overhead Projector dapat menenangkan dan mengarahkan perhatian siswa atau peserta didik kepada pelajaran yang akan mereka terima. Dengan demikian kemungkinan untuk memperoleh dan mengingat isi pelajaran semakin besar.

2. Fungsi Afektif
Di sini media visual atau gambar dapat terlihat dari tingkat kenikmatan siswa ketika belajar atau membaca teks yang bergambar. Misalnya: Gambar atau lambang visual dapat menggugah emosi dan sikap siswa, misalnya informasi yang menyangkut masalah sosial atau ras.

3. Fungsi Kognitif
Di sini media visual atau gambar terlihat dari temuan- temuan penelitian yang mengungkapkan bahwa lambang visual atau gambar memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi atau pesan yang terkandung dalam gambar.

4. Fungsi Kompensatoris
Di sini media pembelajaran terlihat dari hasil penelitian bahwa media visual atau gambar yang memberikan konteks untuk memahami teks membantu siswa yang lemah dalam membaca untuk mengorganisasikan informasi dalam teks dan mengingatnya kembali dengan kata lain, media pembelajaran berfungsi untuk mengakomodasi siswa yang lemah dan lambat menerima dan memahami isi pelajaran yang disajikan dengan teks atau disajikan secara verbal.

Selain untuk menyajikan pesan sebenarnya ada beberapa fungsi lain yang dapat dilakukan oleh media. Namun jarang sekali ditemukan seluruh fungsi tersebut terpenuhi oleh media. Sebaliknya media tunggal seringkali dapat mencakup beberapa fungsi sekaligus antara lain: