Letak Astronomis, Geologis, dan Geografis Indonesia

ASTALOG.COM – Sebagai negara yang terletak di garis khatulistiwa, Indonesia memiliki macam-macam letak jika ditinjau dari sudut ilmu Geografi. Letak ini bertujuan untuk mengetahui dengan baik keadaan geografis di suatu tempat di wilayah Indonesia. Tentu saja informasi ini bisa membantu untuk mengetahui dan memahami hal-hal yang menyangkut tentang keadaan suatu daerah yang meliputi kehidupan penduduknya, posisi daerah itu, serta latar belakang sejarah, dan berbagai pengaruh yang pernah ada atau akan ada terhadap daerah tersebut. Untuk memahaminya, berikut ini macam-macam letak Indonesia yang perlu diketahui:

1) Letak Astronomis

Letak astronomis, yaitu letak suatu tempat terhadap garis lintang dan garis bujur. Letak astronomis Indonesia berpengaruh terhadap:

  1. Letak garis lintang yang mengakibatkan perbedaan zona iklim matahari, yang selanjutnya berpengaruh terhadap bentuk penyesuaian hidup. Dalam hal ini, Indonesia terletak di antara 6o°LU dan 11o°LS. Oleh karena itu Indonesia memiliki iklim khas tropis dengan temperatur tinggi berkisar 25°C – 35°C, serta curah hujan rata-rata 2000 mm/tahun.
  2. Letak garis bujur mengakibatkan adanya perbedaan waktu. Dalam hal ini, Indonesia terletak di antara 95o°BT – 141o°BT. Perbedaan waktu di Indonesia pun dibagi ke dalam 3 wilayah pembagian, yaitu: Waktu Indonesia Barat (GMT +7), Waktu Indonesia Tengah (GMT +8), serta Waktu Indonesia Timur (GMT +9).

2) Letak Geologis

Letak geologis merupakan letak suatu wilayah berdasarkan batu-batuan yang ada pada tubuh buminya. Berdasarkan formasi geologinya, Indonesia dibatasi oleh 3 zona geologi, yaitu:

  1. Bagian utara Indonesia dibatasi oleh tameng Asia dan perluasannya ke arah selatan yang tenggelam di bawah permukaan air laut yang dikenal dengan nama Dangkalan Sunda (Sunda Shelf).
  2. Bagian barat dan selatan Indonesia dibatasi oleh benua Gondwana yang terdiri dari India, dasar samudera Indonesia, Australia, dan perluasannya ke arah utara.
  3. Di bagian timur laut Indonesia dibatasi oleh dasar Samudera Pasifik.

3) Letak Geografis

Letak geografis menunjukkan letak suatu wilayah dilihat dari keberadaannya di bumi. Letak geografis ditentukan berdasarkan letak astronomis dan letak geologis. Indonesia memiliki letak geografis sebagai berikut:

  1. Di antara 6o°LU – 110°LS, serta di antara 95o°BT – 141o°BT.
  2. Di antara 2 samudera, yaitu Samudera Pasifik dan Samudera Hindia, serta 2 benua, yaitu Benua Asia dan Benua Australia.
  3. Merupakan pertemuan 2 rangkaian pegunungan, yaitu Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania.