Bagaimana Tahap-Tahap Nitrifikasi Berlangsung?

ASTALOG.COM – Tumbuhan dan hewan membutuhkan nitrogen. Namun bagaimana proses pengambilannya sehingga dapat digunakan oleh tanaman?

Nitrifikasi muncul secara almiah di lingkungan dengan keberadaan bakteri khusus nitrifikasi. Tingkat reaksi nitrifikasi sangat tergantung pada sejumlah faktor lingkungan. aktor-faktor tersebut antara lain adalah substrat dan konsentrasi oksigen, suhu, pH, dan adanya zat beracun atau zat yang menghambat proses nitrifikasi.

 

Proses nitrifikasi berlangsung dalam dua tahapan besar, masing-masing diperankan oleh kelompok organisme yang berbeda:
– Nitritasi: oksidasi amonia menjadi nitrit oleh bakteri nitrit.
– Nitratasi: oksidasi senyawa nitrit menjadi nitrat oleh bakteri nitrat.

Sebelum membahas lebih lanjut, baiknya dipahami dulu apa yang dimaksud dengan nitrifikasi.

 

Pengertian Nitrifikasi

Menururt Sridianti.com, nitrifikasi adalah proses 2-langkah amonia ditemukan di tanah yang berubah menjadi nitrat. Nitrat adalah bentuk nitrogen anorganik yang dapat digunakan tanaman. Semua organisme hidup membutuhkan nitrogen untuk berkembang, tumbuh, dan berkembang biak. Nitrogen digunakan dalam proses untuk membuat protein. Protein membentuk struktur dan menghasilkan menopang kehidupan fungsi dari semua organisme hidup.

PELAJARI:  Buah Zakar Berfungsi Untuk?

Amonia (NH3) adalah bentuk nitrogen yang ditemukan dalam tanah. Memasuki tanah selama siklus nitrogen. Nitrogen memasuki tanah dalam bentuk organik dari tanaman yang membusuk, limbah dari hewan, dan kilat mencolok Bumi. Meskipun dalam bentuk organik tanaman tidak dapat menyerapnya. Oleh karena itu, nitrogen harus diubah menjadi bentuk anorganik yang dapat digunakan. Bakteri yang juga ditemukan dalam tanah mengubah nitrogen melalui proses kimia seperti yang dijelaskan di bagian selanjutnya.

Proses Kimia Nitrifikasi

Dalam dunia kimia, nitrifikasi adalah proses di mana amonia (NH3) diubah menjadi nitrit (NO2-) dan kemudian menjadi nitrat (NO3-).

Proses nitrifikasi terjadi secara alami dan dilakukan dalam proses 2-langkah. Langkah pertama nitrifikasi menggunakan jenis bakteri yang disebut Nitrosomonas. Selama nitritation, NH4 (Amonium) teroksidasi menjadi NO2 (nitrogen dioksida). Persamaan untuk proses ini terangkum di bawah.

PELAJARI:  Jenis-jenis Iklim

NH3 + 1.5O2 –> NO2– + H+ + H2O
Bagian kedua dari proses nitrifikasi disebut nitrasi. Nitrasi menggunakan nitrit oksidoreduktase enzim (NOR) untuk menyelesaikan proses nitrifikasi. Persamaan kimia di bawah ini menunjukkan bagaimana reaksi ini terjadi.

NO2– + ½ O2 NO3–
Ketika semua proses ini selesai, bentuk organik nitrogen, amonia, diubah menjadi bentuk anorganik nitrogen bagi tanaman untuk digunakan. Persamaan di bawah ini menguraikan jumlah Masukkan proses nitrifikasi.

2NH3 + 3O2 –> 2NO2 + 2H2O

Siklus Nitrogen Lanjutan

Untuk mencermati kembali, nitrogen memasuki tanah melalui tanaman membusuk, kotoran hewan, dan kilat. Ketika memasuki tanah itu dalam bentuk organik yang tidak dapat digunakan. Bakteri yang ditemukan di dalam tanah dapat mengkonversi nitrogen organik menjadi nitrat (nitrogen yang mengandung senyawa yang dicampur dengan oksigen) yang dapat digunakan tanaman.

Tanaman akan menyedot nitrat anorganik dan campuran mereka dengan bahan kimia lain yang ditemukan dalam tanaman untuk sekali lagi membuat zat organik. (untuk mengingatnya:. Nitrogen = organik di tanah> dikonversi ke anorganik oleh bakteri> kemudian kembali ke organik di dalam tanaman) Zat-zat organik di dalam tanaman membuat zat-zat seperti enzim, protein, dan klorofil. Ketika hewan memakan tanaman mereka menghilangkan nitrogen dalam kotoran mereka di mana ia kembali menjadi tanah dalam bentuk organik. Saat tanaman itu mati dan membusuk, mereka juga mengembalikan nitrogen kembali ke tanah dalam bentuk organik.

PELAJARI:  Apa yang Dimaksud dengan Termostat?

Tidak semua nitrogen dalam siklus tetap dalam siklus nitrogen seperti diuraikan di atas. Nitrogen lolos siklus melalui proses yang disebut denitrifikasi. Selama denitrifikasi beberapa bakteri diubah menjadi nitrogen atmosfer. Atmosfer bumi adalah gas nitrogen 78%, sehingga banyak nitrogen yang hilang ke atmosfer, tetapi mampu untuk masuk kembali siklus kapan saja. Penguapan, aliran permukaan, dan pelepasan cara lain yang meninggalkan siklus nitrogen.