Sistem Pemerintahan Kerajaan Singasari

ASTALOG – Kerajaan Singasari adalah sebuah kerajaan Hindu – Buddha di Jawa Timur yang didirikan oleh Ken Arok pada tahun 1222 M. Lokasi kerjaaan ini sekarang diperkirakan di daerah Singasari, Malang. Kerajaan Singasari hanya sempat bertahan 70 tahun sebelum mengalami keruntuhan. Kerajaan ini beribu kota di Tumapel yang terletak di kawasan bernama Kutaraja.

Sebelum menjadi raja, Ken Arok berkedudukan sebagai Akuwu (Bupati) di Tumapel menggantikan Tunggul Ametung yang dibunuhnya, karena tertarik pada Ken Dedes Istri Tunggul Ametung. Selanjutnya ia berkeinginan melepaskan Tumapel dari kekuasaan Kerajaan Kediri yang diperintah oleh Kertajaya. Keinginannya terpenuhi setelah Kaum Brahmana Kediri meminta perlindungannya. Dengan alasan tersebut, maka tahun 1222 M Ken Arok menyerang Kediri sehingga Kertajaya mengalami kekalahan pada pertempuran di desa Ganter. Ken Arok yang mengangkat dirinya sebagai Raja Tumapel bergelar Sri Rajasa Sang Amurwabhumi, dilansir dari laman Falah-kharisma.blogspot.co.id.

 

Sistem Pemerintahan

Kitab Pararaton menyebutkan Ken Arok adalah pendiri Kerajaan Singasari yang digantikan oleh Anusapati (1247 – 1249 M). Anusapati diganti oleh Tohjaya (1249 – 1250 M), yang diteruskan oleh Ranggawuni alias Wisnuwardhana (1250 – 1272 M). Terakhir adalah Kertanegara yang memerintah sejak 1272 hingga 1292 M. Adapun penjelasan mengenai raja – raja di Kerajaan Singasari adalah sebagai berikut.

PELAJARI:  Gejala-gejala Geosfer
 

1) Ken Arok (1222 – 1227 M)

Pendiri Kerajaan Singasari adalah Ken Arok yang sekaligus juga menjadi Raja Singasari yang pertama dengan gelar Sri Ranggah Rajasa Sang Amurwabumi. Ken Arok hanya memerintah selama lima tahun (1222 – 1227 M). Pada tahun 1227 M, Ken Arok dibunuh oleh seorang suruhan Anusapati (anak tiri Ken Arok).

2) Anusapati (1227 – 1248 M)

Dengan meninggalnya Ken Arok maka takhta Kerajaan SIngasari jatuh ke tangah Anusapati. Anusapati tidak banyak melakukan pembaharuan karena larut dengan kesenangannya menyabung ayam. Peristiwa kematian Ken Arok akhirnya terbongkar dan sampai juga ke Tohjoyo (putra Ken Arok dengan Ken Umang). Tohjoyo mengetahui bahwa Anusapati gemar menyabung ayam sehingga diundangnya Anusapati ke Gedong Jiwa untuk mengadakan pesta sabung ayam.

PELAJARI:  Jelaskan Cara-Cara Mengatasi Kelangkaan Ekonomi

Pada saat Anusapati asyik menyaksikan aduan ayamnya, secara tiba – tiba Tohjoyo menyabut keris buatan Empu Gandring yang dibawanya dan langsung menusuk Anusapati. Dengan demikian, meninggallah Anusapati dan didharmakan di Candi Kidal.

3) Tohjoyo (1248 M)

Setelah meninggalnya Anusapati maka Kerajaan Singasari dipegang oleh Tohjoyo. Tohjoyo memerintah kerajaan Singasari tidak lama sebab anak Anusapati yang bernama Ranggowuni berusaha membalas kematian ayahnya. Dengan bantuan Mahesa Cempaka, Ranggowuni berhasil menggulingkan Tohjoyo.

4) Ranggowuni (1248 – 1268 M)

Ranggowuni menjadi raja kerajaan Singasari pada tahun 1248 M dengan gelar Sri Jaya Wisnuwardana. Pemerintahan Ranggowuni membawa ketenteraman dan kesejahteraan rakyat Singasari. Pada tahun 1254 M Wisnuwardana mengangkat putranya yang bernama Kertanegara sebagai yuwaraja (raja muda) dengan maksud mempersiapkannya menjadi raja besar di Kerajaan Singasari.

5) Kertanegara (1268 – 1292 M)

Kertanegara memerintah Singasari dari tahun 1268 hingga tahun 1292. Ia merupakan raja terbesar Kerajaan Singasari. Setelah naik takhta, ia bergelar Sri Maharajadhiraja Sri Kertanegara. Ia memiliki gagasan besar di bidang politik dan terkenal sebagai raja yang memiliki cita – cita meluaskan daerah kekuasaan meliputi seluruh Nusantara.

PELAJARI:  Hidrolisis Adalah

Sedangkan untuk usaha – usaha yang dilakukan oleh Kerajaan Singasari dalam memperluas kekuasaan ke luar negeri antara lain :
A) Pada tahun 1275, Kertanegara mengirimkan ekspedisi ke Melayu (Ekspedisi Pamalayu) untuk menghidupkan kembali kerajaan Melayu di Jambi agar dapat menyaingi dan melemahkan Kerajaan Sriwijaya.

B) Pada tahun 1284, Kertanegara mengirimkan ekspedisi ke Bali dan berhasil menanamkan pengaruh dan kekuasaannya di sana.

C) Pada tahun 1286, Kertanegara mengirimkan sebuah Patung Amoghapasa beserta 14 pengiringnya kepada Raja Melayu, Mauliwamadewa.

D) Menundukkan Jawa Barat (1289), Pahang di Melayu, dan Tanjungpura di Kalimantan karena daerah – daerah ini sangat strategis untuk menghadang ekspansi tentara Mongol.

Pada masa pemerintahan Kertanegara, di Singasari telah berkembang pusat agama Buddha aliran Tantrayana. Masa pemerintahan Kertanegara berakhir ketika Kertanegara dibunuh oleh Jayakatwang, raja dari kediri.