Bagian-bagian dari Kelenjar Ludah

ASTALOG.COM – Kelenjar ludah atau kelenjar liur merupakan bagian dari kelenjar eksokrin, yaitu kelenjar yang mempunyai saluran sendiri, yang memproduksi air liur. Kelenjar ini juga menyekresi amilase, yaitu enzim yang memecah karbohidrat menjadi maltosa. Pada manusia, kelenjar ludah terdapat di bawah lidah. Produksi air ludah dapat terganggu apabila terjadi dehidrasi, panas dalam, atau disebabkan oleh suatu penyakit. Sementara itu, pada organisme lain seperti serangga, kelenjar ini sering digunakan untuk memproduksi protein yang penting secara biologis, seperti sutra atau lem. Lalu kelenjar ludah pada lalat mengandung kromosom politenol yang berguna dalam riset genetik.

BAGIAN-BAGIAN DARI KELENJAR LUDAH

 

1) Kelenjar Parotis/Parotid (Glandula parotidea)

Kelenjar parotis adalah sepasang kelenjar ludah yang terbesar. Kelenjar ini dikelilingi oleh ramus mandibula dan menyekresikan air liur melalui Duktus Stensen menuju cavum oral untuk membantu mengunyah dan menelan. Sekitar 25% dari kelenjar ini menghasilkan air liur (saliva).

PELAJARI:  Perbedaan Bioteknologi Modern dan Konvensional
 

2) Kelenjar Submandibula

Kelenjar Submandibula merupakan sepasang kelenjar eksokrin yang terletak di rahang bawah, tepatnya di atas otot digatrik. Produksi sekresinya adalah campuran serous dan mukous, dan masuk ke mulut melalui Duktus Wharton. Walaupun berukuran lebih kecil dari kelenjar parotis, namun sekitar 70% air liur (saliva) di cavum oral diproduksi oleh kelenjar ini.

3) Kelenjar Sublingua

Kelenjar sublingua merupakan sepasang kelenjar eksokrin yang terletak di bawah lidah di dekat kelenjar submandibula. Sekitar 5% air liur (saliva) yang masuk ke cavum oral keluar dari kelenjar ini.

4) Kelenjar Liur Minor

Terdapat lebih dari 600 kelenjar liur minor yang terletak di cavum oral tepatnya di dalam lamina propria mukosa oral. Diameternya sekitar 1-2 milimeter. Kelenjar ini biasanya merupakan sejumlah asinus yang terhubung dalam lobulus kecil.

PELAJARI:  Pertanyaan Tentang Orde Baru

Kelenjar liur minor mungkin mempunyai saluran ekskresi bersama dengan kelenjar minor yang lain, atau mungkin juga mempunyai saluran sendiri. Secara alami, sekresi utamanya adalah mukous (kecuali Kelenjar Von Ebner) dan mempunyai banyak fungsi, seperti membasahi cavum oral dengan air liur (saliva). Masalah gigi biasanya juga berhubungan dengan kelenjar liur minor.

Sementara itu, Kelenjar Von Ebner terletak di papilla sirkumvalata lidah. Kelenjar ini mensekresikan cairan serous yang memulai hidrolisis lipid. Kelenjar ini adalah komponen esensial dari  indra perasa/pengecap.