Perayaan Hari Ayah

ASTALOG.COM – Dilansir dari wikipedia, Hari Ayah adalah hari untuk menghormati ayah. Sementara di Amerika, dan lebih dari 75 negara lain, seperti Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Turki, Pakistan, Malaysia, Singapura, Taiwan, Filipina, dan Hongkong dalam Hari Ayah atau Father’s Day (dalam bahasa Inggris) dirayakan pada hari Minggu di pekan ke tiga bulan Juni, dan dirayakan hampir di seluruh dunia yang dimulai pada awal abad ke-12.

Biasanya Hari Ayah dirayakan dengan pemberian hadiah kepada ayah dan kegiatan kekeluargaan. Selain semua itu juga Ayah adalah tulang punggung, sandaran, dan pelindung dalam sebuah rumah tangga. Di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah, Hari Laki-laki Internasional atau International Men’s Day (dalam bahasa Inggris) diperingati setiap bulan 19 November.

PELAJARI:  Pakaian Adat Kalimantan Utara
 

Di Indonesia sendiri Hari Ayah dirayakan pada tanggal 12 November. Hari Ayah pertama kali dideklarasikan di Solo pada tahun 2006, di masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono

Cara Spesial Merayakan Hari Ayah
Merayakan Hari Ayah dapat dilakukan dengan berbagai cara. Merayakannya bisa dimulai dengan melakukan hal-hal kecil untuk ayah seperti memberikan ucapan selamat dan terima kasih atas semua kerja kerasnya. Perayaan lain yang dapat dilakukan bisa kita contoh dari cara yang dilakukan di berbagai negara.

 

1. Memberikan kartu ucapan
Memberikan kartu yang berisi ucapan atau puisi untuk ayah. Merayakan Hari Ayah dengan cara ini dilakukan di berbagai negara seperti di Amerika dan Inggris. Dengan cara ini, kita bisa mengungkapkan apa yang kita rasakan terhadap ayah melalui tulisan saat kata-kata sulit diucapkan.

PELAJARI:  Apa yang Dimaksud dengan Culture Lag, Shock, Survival, dan Conflict

2. Memberikan bunga dan coklat
Memberi hadiah bunga dan coklat bisa dilakukan seperti cara perayaan di Prancis. Tidak hanya pada perayaan Valentine, bunga dan coklat bisa diberikan saat Hari Ayah sebagai ungkapan terima kasih. Selain bunga dan coklat, kita bisa juga membelikan barang lain sesuai dengan apa yang ayah kita sukai. Di sejumlah negara, hadiah paling populer saat perayaan Hari Ayah adalah dasi.

3. Memberikan barang buatan tangan
Memberikan hadiah tidak selalu harus dengan mengeluarkan uang. Kita juga bisa membuat hadiah yang dibuat sendiri seperti yang dilakukan di Inggris. Biasanya sekolah akan membantu muridnya untuk membuat kartu ucapan atau barang-barang kerajianan tangan sederhana yang dibuat sendiri. Tentunya, akan lebih berkesan jika hadiah yang diberikan berasal dari jerih payah sendiri.

PELAJARI:  Siapa Nama Pendiri Tembok Cina?

4. Berjalan-jalan
Tidak ada salahnya jika pergi keluar rumah untuk berjalan-jalan. Di Australia, Hari Ayah dirayakan dengan cara jalan-jalan bersama di taman, menonton film, mengunjungi kebun binatang, dan tempat menarik lainnya.

5. Sungkem dan berdoa
Jika ingin merayakan dengan cara yang sederhana, bisa diikuti cara perayaan Hari Ayah di Nepal yang disebut Gokarna Aunsi. Perayaannya dilakukan dengan cara, anak lelaki bersimpuh menempelkan dahinya ke kaki sang ayah. Sedangkan anak perempuan menempelkan dahi ke tangan sang ayah. Pada hari itu, tempat-tempat ibadah juga dipenuhi orang yang mendoakan ayahnya yang sudah meninggal.