Pengertian, Struktur, Ciri-ciri, Karakteristik dan Contoh Teks Eksemplum

ASTALOG.COM – Kali ini kita akan bahas tentang teks eksemplum berikut struktur, ciri-ciri, unsur kebahasaan dan karakteristik serta contohnya. Yang jelas, teks eksemplum memiliki struktur, ciri dan karakteristik yang berbeda dengan jenis teks lainnya seperti teks eksposisi, teks eksplanasi dan sebagainya.

Pengertian Teks Eksemplum

Yang dimaksud dengan teks eksemplum adalah teks yang menceritakan perilaku tokoh dalam ceritanya. Teks eksemplum biasanya diawali dengan pengenalan tokoh, kemudian peristiwa yang dialami oleh tokoh, serta ditutup dengan interpretasi yang timbul dari tokoh tersebut.

 

Teks eksemplum adalah jenis karya yang berisi sebuah pengalaman hidup manusia yang memiliki struktur, ciri, karakteristik dan unsur kebahasaan yang khas.

Struktur Teks Eksemplum

Struktur sebuah teks eksemplum biasanya terdiri atas abstrak, orientasi, insiden dan interpretasi. Berikut adalah penjelasannya masing-masing.

  • Abstrak : Inti peristiwa sebagai pengantar yang menggambarkan hal yang akan diceritakan
  • Orientasi : Bagian awal atau pembuka cerita. Bagian ini biasanya berisi tentang pengenalan tokoh. Contoh: Cowok itu sangat sabar dan disiplin.
  • Insiden : Bagian cerita yang mengandung permasalahan yang dihadapi oleh tokoh. Contoh: Amanda lupa mengerjakan PR yang diberi oleh gurunya karena kemarin malam tertidur.
  • Interpretasi : adalah bagian cerita yang mengandung pesan moral, evaluasi, dan juga akibat dari masalah yang dialami oleh tokoh.
PELAJARI:  Jelaskan Apa Saja Struktur Teks Iklan

Ciri-Ciri Teks Eksemplum

 

Kita perlu mengetahui ciri-ciri teks eksemplum agar dapat membedakan jenis teks ini dari teks lain yang sudah kami sebutkan di awal pembahasan. Adapun ciri-ciri dari teks eksemplum adalah sebagai berikut:

  • Berisi tentang terjadinya peristiwa yang tidak diinginkan.
  • Mempunyai struktur yang lengkap.
  • Adanya urutan peristiwa yang jelas.
  • Menggunakan bahasa naratif.

Unsur Kebahasaan Teks Eksemplum

Teks eksemplum juga mengandung unsur kebahasaan yang menjadi ciri khasnya. Sebagaimana teks prosedur kompleks yang banyak menggunakan konjungsi, teks eksemplum juga terdapat konjungsi. Berikut adalah unsur kebahasaan yang terdapat dalam teks eksemplum:

  • Menggunakan Kalimat Kompleks
  • Menggunakan Konjungsi (penghubung)
  • Menggunakan Kata Rujukan
  • Menggunakan Kata Kerja

Karakteristik Teks Eksemplum

Teks eksemplum memiliki karakteristik yang membedakannya dari teks lainnya, yaitu:

  • Berisi peristiwa yang tidak sering terjadi
  • Peristiwa tersebut adalah hal yang tidak diinginkan
  • Menimbulkan penyesalan bagi partisipan
  • Menghadirkan diri penulis dalam interpretasi dan koda
  • Mengandung nilai-nilai yang disarankan oleh peristiwa
PELAJARI:  Pengertian Teks Eksemplung

Contoh Teks Eksemplum

Berikut adalah sebuah contoh teks eksemplum yang sudah kami pisah-pisahkan berdasarkan strukturnya agar Anda bisa lebih mengerti dan memahami bentuk teks ini.

Orientasi
Setelah pulang sekolah, saatnya aku untuk makan siang. Aku pergi mencari makan, tetapi karena malas untuk berjalan jauh, akhirnya aku memutuskan membeli soto di gang depan.Ternyata aku menemui kakakku juga sedang membeli soto itu, kemudian saat sudah di rumah kakakku langsung memakannya, sedangkan aku menunggu soto itu dingin.

Insiden
Padahal aku sudah tidak sabar sekali ingin makan, akhirnya aku putuskan untuk membuka plastik soto yang masih sangat panas. Ketika aku sedang membuka plastik nya, aku tergesa-gesa dalam membukanya.

Ternyata plastik yang aku gigit membuka terlalu besar dan membuat soto tumpah ke luar dari mangkuk dan membasahi celana ku.

Saat itu aku kaget dan malu di depan kakakku. Kakak berkata bahwa aku harus berhati-hati dan sabar serta jangan tergesa-gesa sehingga soto tidak akan tumpah. Alhasil aku tidak jadi untuk makan siang.

Interpretasi
Berdasarkan cerita ini, kita dapat belajar bahwa ketika mengambil keputusan apapun jangan sampai tergesa-gesa dan harus berhati-hati. Dan mempertimbangkan akibatnya.

Jadi, singkatnya teks eksemplum adalah teks yang menceritakan pengalaman seseorang. Dalam menyusun teks ini harus memperhatikan 3 struktur utama, yakni orientasi, insiden, dan interpretasi. Semoga bermanfaat