Peristiwa Perpindahan Panas Dalam Sains

ASTALOG.COM – perpindahan panas dalam ilmu Fisika SMA dan SMP dibedakan menjadi beberapa macam salah satunya seperti konveksi, ada juga konduksi, radiasi dan masih banyak lagi. Kali ini admin akan membahas mengenai macam-macam perpidahan panas yang teman-teman Astalog.com wajib ketahui.

Berikut beberapa hal yang teman-teman ketahui mengenai peristiwa perpindahan panas yang memang cukup populer ketika kita berada di lingkungan

  1. Konduksi
 

Konduksi adalah peristiwa perpindahan kalor atau panas melalui zat perantara tanpa disertai perpindahan zat perantara tersebut. Perpindahan kalor dengan cara konduksi pada umumnya terjadi pada benda padat berbahan logam. Contohnya adalah sebagai berikut Ketika mengaduk teh panas, maka sendok aluminium yang digunakan untuk mengaduk juga ikut panas. Hal ini menunjukkan bahwa kalor atau panas berpindah dari teh yang panas ke ujung sendok aluminium yang dipegang dan Ketika memanaskan batang besi di atas nyala api. Apabila salah satu ujung besi dipanaskan, kemudian ujung yang lain dipegang, maka semakin lama ujung yang dipegang semakin panas. Hal ini menunjukkan bahwa kalor atau panas berpindah dari ujung besi yang dipanaskan ke ujung besi yang dipegang.

PELAJARI:  Tanda-tanda Pemanasan Global

Konveksi adalah perpindahan kalor atau panas yang disertai dengan perpindahan zat perantaranya. Konveksi agak mirip dengan konduksi. Bedanya,konduksi adalah perpindahan kalor tanpa disertai zat perantara sedangkan konveksi merupakan perpindahan kalor yang di ikuti zat perantara.contohnya adalah Saat memasak air, maka air bagian bawah akan lebih dulu panas, saat air bawah panas maka akan bergerak ke atas (dikarenakan terjadinya perubahan masa jenis air) sedangkan air yang diatas akan bergerak ke bawah begitu seterusnya sehingga keseluruhan air memiliki suhu yang sama dan Terjadinya angin darat dan angin laut. Pada malam hari daratan lebih cepat dingin daripada laut. Akibatnya udara panas di atas laut bergerak naik dan tempatnya digantikan oleh udara yang lebih dingin dari daratan, sehingga terjadi angin darat yang bertiup dari daratan ke lautan.

PELAJARI:  Karakter Warna dan Efek Psikologis pada Manusia
 

Radiasi adalah perpindahan kalor atau panas tanpa adanya zat perantara. Perpindahan kalor secara radiasi tidak membutuhkan zat perantara. Contohnya adalah Matahari memancarkan panas ke bumi yang langsung bisa kita rasakan dan dalam kehidupan sehari-hari, saat kita menyalakan api unggun, berada dekat tungku perapian, maka kita yang berada di dekat nyala api tersebut akan merasakan hangat.

Itulah beberapa hal yang wajib dipelajari mengenai peristiwa perpindahan panas dan tentunya hal tersebut menjadi salah sau hal yang biasanya keluar dalam soal semester dan UN IPA.