Empat Sifat Kedaulatan Apa Saja?

ASTALOG.COM – kedaulatan adalah kekuasaan tertinggi pada suatu Negara yang berlaku pada wilayah tertentu. Di mana kedaulatan merupakan salah satu kekuasaan yang dipegang penuh oleh pimpinan tertinggi tanpa campur tangan Negara lain. Dalam beberapa istilah yang dikeluarkan beberapa pakar bahwa kedaulatan atau putusan yang terbaik dalam masyarakat juga menjadi yang terbaik dalam seluruh rakyat, baik secara undang-undang atau berbagai aturan yang ada.

Berikut beberapa sifat kedaulatan yang teman-teman Astalog.com khususnya untuk mata pelajaran PKN kelas 9 dan 10 SMP dan SMA.

  1. Asli: di sini berarti tidak diturunkan dari kekuasaan tertentu dan tentunya merupakan salah satu keputusan yang bersifat originil. Seperti contohnya kekuasaan di Indonesia sendiri memegang sistem presidensil demokrasi, yang mana kekuasaan hanya dipegang satu orang presiden dengan masa waktu 5 tahun tanpa diturunkan atau diwariskan ke keturunannya.
  2. Tertinggi: sifat kedaulatan kedua adalah tertinggi yang artinya bahwa kekuasaan tertinggi di sebuah Negara di tangan satu orang seperti halnya Presiden di Indonesia. Walaupun memang di muka bumi ini Tuhan lebih tinggi namun ada satu manusia yang menjadi sifat kedaulatan.
  3. Kekal: walaupun dalam sistem orang yang menerima kekuasaan berganti tetapi cara memimpin atau sistemnya sama dan dilakukan secara terus menerus.
  4. Tidak dapat dialihkan: di mana kedaulatan sebenarnya tidak dapat dialihfungsikan ke pemerintahan lain atau Negara lain karena bersifat mutlak dan hanya berada pada satu wilayah tersebut.
  5. Kedaulatan keluar: di mana suatu Negara berniat ingin menjalin kerjasama dengan Negara luar dan sebagai hubungan saling menguntungkan.
  6. Kedaulatan dalam : yaitu kekuasaan yang dilakukan dalam wilayah tersebut dan bekerjasama dengan rakyat untuk membentuk kedaulatan tersebut.
PELAJARI:  Tanda-tanda Pemanasan Global
 

Itulah beberapa hal mengenai sifat kedaulatan yang tentunya harus teman-teman ketahui untuk menambah wawasan dan pengetahuan teman-teman semuanya.