Fungsi Pankreas

ASTALOG.COM – Pankreas adalah organ penting dari sistem pencernaan. Fungsi pankreas sangat dipengaruhi oleh makanan yang Anda makan. Artikel dibawah ini akan membahas tentang fungsi pankreas dan bagaimana makanan yang sehat dapat membantu mencegah masalah atau penyakit pada pankreas.

Panjangnya berukuran sekitar 12 sampai 15 cm, pankreas adalah organ kelenjar yang terletak di belakang lambung pada perut dan berfungsi melakukan endokrin serta eksokrin. Sekresi eksokrin (getah pankreas) dilepaskan ke dalam duodenum dari usus kecil melalui saluran pankreas.

 

Cairan pankreas sangat penting untuk sistem pencernaan karena mengandung sejumlah katalis biologis (enzim) yang melakukan pemecahan karbohidrat, lemak, protein dan komponen lain dari chyme menjadi molekul sederhana yang mudah diserap. Fungsi internal atau endokrin meliputi sekresi hormon penting, yaitu. somatostatin, glukagon, insulin dan polipeptida pankreas yang melakukan sejumlah fungsi penting dalam tubuh.

 

Pankreas adalah organ aksesoris pada sistem pencernaan yang memiliki dua fungsi utama:
menghasilkan enzim pencernaan atau fungsi eksokrin serta menghasilkan beberapa hormon atau fungsi endokrin.
Pankreas terletak pada kuadran kiri atas abdomen atau perut dan bagian kaput/¬kepalanya menempel pada organ duodenum. Produk enzim akan disalurkan dari pankreas ke duodenum melalui saluran pankreas utama.

PELAJARI:  Penyimpangan Politik Etis di Indonesia

STRUKTUR PANKREAS

Pankreas terdiri dari jaringan kelenjar dan sistem saluran. Saluran pankreas utama membawa cairan pankreas ke duodenum. Saluran utama memiliki banyak cabang kecil dan bergabung dengan saluran empedu di akhir. The endokrin (endo = dalam) serta eksokrin yang (exo = luar) bagian pankreas memainkan peran penting dalam proses pencernaan.

1. Endokrin
Pulau Langerhans adalah kelompok sel yang berjumlah sekitar satu juta dan secara kolektif terlibat dalam sekresi zat hormonal yang dituangkan langsung ke dalam aliran darah dan dikirim ke berbagai organ target dalam tubuh. Jika sekresi tersebut terganggu atau tersumbat, maka fungsi pankreas akan sangat terpengaruh dan tubuh Anda tidak akan mampu melakukan sejumlah fungsi penting yang akibatnya akan menyebabkan kondisi medis yang parah. Mari kita lihat gambaran tentang hormon pankreas dengan lokasi sekresi dan fungsi terkait:

•Insulin
Insulin, adalah salah satu hormon yang paling penting, Insulin diproduksi oleh sel beta di pankreas dan mengatur proses metabolisme lemak dan karbohidrat dalam tubuh terutama dengan menurunkan kadar peningkatan gula darah. Molekul gula ekstra dalam aliran darah diserap oleh sel-sel lemak, oleh otot rangka dan hati diubah menjadi senyawa penyimpanan, seperti glikogen.

PELAJARI:  Penjelasan Klasifikasi Makhluk Hidup Menurut Robert H. Whittaker

•Somatostatin
Somatostatin, disekresikan oleh sel-sel delta pankreas, hormon peptida diangkut ke berbagai bagian tubuh untuk melakukan penolakan dan peran regulasi dalam sistem endokrin tubuh. Beberapa fungsi penting dari Somatotropin adalah membuang Penghambat Hormon meliputi penghambatan GH (hormon pertumbuhan), TSH (thyroid stimulating hormone), hormon gastrointestinal dan penindasan hormon pankreas.

•Glukagon
Glukagon, merupakan hormon peptida yang melakukan fungsi kontras dengan antagonis dari insulin untuk meningkat tingkat gula darah sedangkan yang kedua menurunkan tingkat peningkatan gula darah. Jika kadar gila dalam darah rendah, glukagon dilepaskan yang merangsang sel-sel dalam hati untuk konversi glikogen menjadi glukosa yang kemudian dituangkan ke dalam aliran darah.

•Polipeptida pankreas
Pankreas polipeptida, Disingkat PP, itu adalah zat yamg mengatur diri sendiri dan disekresikan oleh sel-sel gamma dalam pankreas yang mengontrol kegiatan organ endokrin dan eksokrin. Sekresi dipicu oleh latihan, puasa atau makan makanan protein sedangkan somatostatin dan injeksi glukosa intravena menekan produksi.

2. Eksdokrin
Dalam jenis fungsi pankreas, sekresi tidak dimanfaatkan secara internal, tetapi diangkut ke duodenum dari usus kecil melalui tabung yang disebut saluran pankreas. Getah pankreas mengandung sejumlah zat yang berharga (misalnya enzim pencernaan) yang memfasilitasi fungsi sistem pencernaan Anda, terutama rincian isi makanan, yaitu. lemak, sakarida, dan protein. Beberapa fungsi eksokrin pankreas yang paling penting dapat diringkas seperti di bawah:

PELAJARI:  Ruang Lingkup Ekonomi Industri

•Penetralan
Massa makanan dicerna sebagian (chyme) yang memasuki duodenum melalui sfingter pilorus yang sangat asam. Perlu dinetralkan dengan bantuan cairan pankreas basa untuk menyediakan media pH optimum untuk enzim dalam usus kecil untuk pencernaan makanana selanjutnya.

•Pencernaan
Berbagai enzim pankreas (amilase, lipase pankreas, nucleases, tripsinogen, dan elastase, dll) secara efektif terlibat dalam rincian lebih lanjut dari makanan yang dicerna sebagian. Setelah komponen makanan yang kompleks akhirnya dipecah menjadi molekul yang lebih sederhana, mereka diserap langsung ke dalam aliran darah di dinding usus dan diangkut ke setiap sel dalam tubuh untuk ekstraksi energi dalam bentuk ATP (Adenosine Tri-Phosphate).

FUNGSI PANKREAS
Mengatur kadar gula dalam darah melalui pengeluaran glucogen, yang menambah kadar gula dalam darah dengan mempercepat tingkat pelepasan dari hati.

Pengurangan kadar gula dalam darah dengan mengeluarkan insulin yang mana mempercepat aliran glukosa ke dalam sel pada tubuh, terutama otot. Insulin juga merangsang hati untuk mengubah glukosa menjadi glikogen dan menyimpannya di dalam sel-selnya.