Teks Eksposisi Bertema Remaja Berprestasi

ASTALOG.COM – Teks eksposisi merupakan paragraf atau karangan yang didalamnya terkandung sejumlah informasi dan pengetahuan yang disajikan secara singkat, padat, dan akurat. Teks eksposisi berfungsi untuk memaparkan dan menjelaskan suatu informasi. Tujuan tersebut dapat dengan mudah kita pahami berdasarkan eksposisi berarti ‘menyingkap’ atau ‘membongkar’.

Teks eksposisi dapat berisi satu topik (permasalahan) tertentu. Topik yang berisi permasalahan tersebut lalu dikaji berdasarkan sudut pandang penulis. Di sini tugas penulis adalah berusaha membuktikan, mengevaluasi, atau mengklarifikasi permasalahan tersebut.

 

Struktur Teks Eksposisi
Teks eksposisi disusun dengan struktur yang terdiri atas;

1. Tesis (pernyataan pendapat)
Merupakan gagasan utama atau prediksi penulis tentang sebuah permasalahan yang berdasarkan fakta. Contoh di awal merupakan sebuah contoh tesis yang menyangkut masalah ekonomi.
2. Argumentasi
Merupakan penjelasan secara lebih mendalam pernyataan pendapat (tesis) yang diyakini kebenarannya oleh penulis melalui pengungkapan fakta-fakta sebagai penjelasan argumen penulis. Di tandai dengan kalimat-kalimat yang berisikan pendapat penulis terhadap permasalahan yang menjadi topik pembiacaraan.
3. Penegasan ulang pendapat
Merupakan penguatan kembali atas pendapat yang telah ditunjang oleh fakta-fakta dalam bagian argumentasi bagian sebelumnya. Terdapat dalam bagian akhir dari suatu teks eksposisi.

PELAJARI:  Siklus Nitrogen
 

Jenis-jenis Teks eksposisi
Terdapat beberapa jenis dari teks eksposisi, antara lain adalah:
– Eksposisi definisi
– Eksposisi proses
– Eksposisi klasifikasi
– Eksposisi ilustrasi
– Eksposisi perbandingan
– Eksposisi laporan

Contoh Teks Eksposisi

Remaja Berprestasi(Bermain Futsal)

Tesis:Remaja Indonesia adalah remaja yang berprestasi.Pada masa itu remaja sering melakukan aktivitas.Mereka sering melakukan aktivitas dalam bidang olahraga.Olahraga itu salah satunya bermain futsal.

Argumentasi:Bermain futsal adalah hal yang sangat menyenangkan.Khususnya untuk remaja laki-laki.Futsal bisa membuat sehat karena termasuk dalam bidang olahraga.Bermain futsal satu tim-nya terdiri dari 6 orang.Dan permainannya ada 2 babak.Menang kalah sudah menjadi hal biasa dalam permainan apapun.

Penegasan:Dengan demikian,nilai-nilai positif dalam permainan futsal dapat membentuk remaja yang berprestasi.Mereka akan bisa bersaing di tingkai Internasional.Dan bisa menjadi juara.

Kemacetan dan Masa Depan Kota

Tesis :
Transportasi didefinisikan oleh para ahli sebagai kebutuhan turunan dari berbagai kegiatan ekonomi maupun sosial (lihat misalnya Morlock, 1985). Tipe kegiatan sosial ekonomi yang berbeda akan memiliki dampak kegiatan transportasi yang berbeda pula.

PELAJARI:  Apa yang Dimaksud dengan Adaptasi Tingkah Laku?

Argumentasi :
Kegiatan transportasi harian relatif menimbulkan pergerakan yang bersifat berulang, misalnya yang terjadi pada para pekerja dan mereka yang menempuh pendidikan di sekolah. Di Yogyakarta, kota kita tercinta ini, kemacetan terjadi setiap hari pada titik-titik yang menjadi jalur pergerakan para pekerja dan siswa dari tempat tinggal menuju lokasi kerja dan sekolah.

Kemacetan yang berulang pada jangka lebih panjang cenderung terjadi pada musim liburan maupun lebaran. Pada tahap kedatangan dan kepulangan, kemacetan parah akan terjadi pada jalan-jalan arah luar kota (misalnya Jalan Magelang, Jalan Solo, Jalan Palagan dan Jalan Wates). Pada rentang di antara masa tersebut, kemacetan dapat dirasakan di pusat kota sebagai lokasi menginap dan tujuan wisata (seperti Malioboro, Prawirotaman), serta jalan-jalan menuju objek wisata, seperti Jalan Parangtritis.

Pengegasan Ulang :
Kemacetan harian yang dominan ditimbulkan oleh aktivitas masyarakat dalam lingkup internal. Kemacetan yang berulang setiap hari merupakan ekses dari pola tempat tinggal, bekerja dan bersekolah. Upaya mendekatkan lokasi tempat tinggal dengan lokasi kegiatan merupakan salah satu solusi yang dapat dilakukan. Bentuknya dapat berupa pemberian insentif tempat tinggal berupa rumah susun sewa maupun milik yang cukup nyaman untuk beraktivitas. Selama ini sepertinya belum ada upaya pengaturan pola berkegiatan yang sistematis.

PELAJARI:  Bentang Alam di Kawasan Asia Tenggara

WTO Globalisasi

Tesis :
Peran dan Manfaat WTO Globalisasi memberikan dampak berupa perubahan pada pasar internasional, salah satunya adalah liberalisasi perdagangan, yang dipandang sebagai suatu upaya untuk meningkatkan daya saing ekonomi.

Argumentasi :
Indonesia yang menganut perekonomian terbuka sangat sulit untuk mengelak dari dinamika ekonomi internasional yang semakin mengglobal ini. Konsekuensinya, pasar domestik Indonesia tidak terlepas dari gejolak pasar dunia yang semakin liberal, karena kebijakan unilateral dan ratifikasi kerjasama perdagangan internasional (regional dan global) yang harus dilakukan Indonesia. World Trade Organization (WTO) atau Organisasi Perdagangan Dunia merupakan satu-satunya badan internasional yang secara khusus mengatur masalah perdagangan antar negara.

Pengegasan Ulang :
Sistem perdagangan multilateral WTO diatur melalui suatu persetujuan yang berisi aturan-aturan dasar perdagangan internasional sebagai hasil perundingan yang telah ditandatangani oleh negara-negara anggota.