Apa Perbedaan Dari Diploid dan Haploid ?

ASTALOG.COM – Artikel kali ini kan membahas seputar diploid dan haploid. Yuk simak artikel berikut ini;

Diploid

 

Diploid adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sebuah sel yang berisi dua set lengkap kromosom. Kebanyakan mamalia, termasuk manusia, memiliki sel terutama diploid. Naungan Istilah “ploidi” digunakan untuk merujuk secara umum pada jumlah set kromosom dalam sel, dan hewan dapat menunjukkan berbagai bentuk ploidi. Sebuah sel haploid, misalnya, hanya memiliki satu set kromosom, sementara sel tetraploid memiliki empat.

 

Diploid adalah sebuah sel atau organisme yang terdiri dari dua set kromosom: biasanya, satu set dari ibu dan satu set dari ayah. Dalam keadaan diploid jumlah haploid dua kali lipat, dengan demikian, kondisi ini juga dikenal sebagai 2n.
Contoh Diploid

Sebuah contoh dari sebuah sel dalam keadaan diploid adalah sel somatik. Pada manusia, sel-sel somatik biasanya berisi 46 kromosom berbeda dengan gamet haploid manusia (sel telur dan sperma) yang hanya memiliki 23 kromosom.

Kromosom mengandung materi genetik yang digunakan untuk kode suatu organisme, seperti satu set cetak biru untuk kehidupan. Sebuah sel induk diploid tunggal dapat berkembang biak dan membagi dirinya menjadi seluruh organisme di bawah kondisi yang tepat, dan ketika organisme yang lahir, sel-sel akan terus berkembang biak dan membagi sampai terjadi kematian. Sel diploid juga dapat membagi untuk membuat sel-sel haploid yang mengandung setengah dari materi genetik dari sel induk. Sel-sel haploid dapat digunakan dalam reproduksi, dengan dua sel haploid dari orang tua yang berbeda datang bersama-sama untuk menciptakan sel induk diploid tunggal yang mencampur bahan genetik dari orang tua.

PELAJARI:  Letak dan Fungsi Gen pada Suatu Organisme

Dengan pengecualian dari sel germinal pada testis dan ovarium, semua sel dalam tubuh manusia adalah diploid secara alami, dengan satu set lengkap cetak biru genetik. Dalam setiap sel, hanya bagian-bagian tertentu dari genom diaktifkan, dan ini menentukan jenis sel itu akan menjadi: rambut dan sel-sel kulit, misalnya, sangat berbeda. Tubuh manusia terus berubah dan berkembang, sehingga sel-sel ini harus dapat terus berkembang biak sepanjang hidup.
Bersama-sama, kromosom dalam sel diploid merupakan homolog, dengan masing-masing kromosom dalam satu set yang berisi rekan di set lain dengan yang dapat memasangkan selama meiosis. Selama proses ini, kromosom menyesuaikan dengan rekan-rekan mereka dan pertukaran materi genetik. Ketika kromosom terpecah lagi, kromosom anak berbeda dari orang tua. Hal ini memastikan bahwa sel-sel haploid digunakan dalam reproduksi semuanya mengandung campuran yang berbeda dari materi genetik, yang memberikan kontribusi untuk keragaman genetik dan membuat spesies yang lebih kuat.

Memahami ploidi dapat menjadi penting untuk memahami pewarisan sifat. Sebagai contoh, fakta bahwa materi genetik dicampur setiap kali sel haploid yang penting diciptakan, karena menjelaskan mengapa anak-anak dari orangtua yang sama bisa jadi sangat berbeda, karena masing-masing berisi campuran yang berbeda dari informasi genetik. Ploidi juga menjelaskan bagaimana sifat dominan dan resesif bekerja, dengan sifat resesif, seseorang harus mewarisi gen pada kedua set kromosom, sedangkan sifat dominan terwujud bila hanya satu set berisi gen.

PELAJARI:  Macam-Macam Bangun Ruang

Haploid

Sel haploid adalah sel yang terdiri dari hanya satu pasang kromosom, yang merupakan struktur dalam inti sel yang mengandung informasi genetik yang bertanggung jawab untuk transmisi sifat turun-temurun kepada keturunannya. Sementara sel-sel dewasa yang sering pada organisme Eukariota merupakan diploid, memiliki dua set kromosom masing-masing, sesuai urutan jantan dewasa serangga hymenoptera semut, tawon, dan lebah terdiri dari sel-sel haploid. Sperma dan sel telur di sebagian besar organisme juga haploid di alam sampai mereka bersatu dalam proses pembuahan dan menjadi diploid.

Informasi kromosom digunakan untuk mengabadikan spesies, dan informasi ini bergabung ketika sel-sel seks pria dan wanita bersatu sehingga informasi genetik bersama dari kedua orang tua bisa mendapatkan keuntungan keturunan dengan menawarkan banyak sifat berpotensi dominan. Beberapa keturunan, bagaimanapun, tidak memerlukan tingkat informasi genetik untuk memenuhi fungsi mereka. tawon Jantan, semut, dan lebah hanya mengandung sel-sel haploid karena mereka tumbuh dari telur dibuahi menjadi dewasa. Dalam beberapa spesies jamur dan ganggang juga, struktur sel haploid itu menjadi satu.

PELAJARI:  Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Tanaman memiliki kemampuan untuk beralih antara keadaan haploid dan salah satu diploidism atau keadaan haploid ganda, yang sekarang fitur penting dari pemuliaan tanaman untuk mengontrol sifat genetik tanaman seperti gandum, tembakau, dan lobak. Lebih dari 250 spesies tanaman kini telah secara genetik dimodifikasi menjadi haploids ganda, menggunakan metode reproduksi aseksual, atau partenogenesis, untuk menghasilkan keturunan tanpa pembuahan dan menghilangkan kromosom yang tidak diinginkan.

Salah satu manfaat tambahan dari tanaman haploid ganda adalah bahwa keturunan mereka secara genetik identik dengan tanaman induk, yang menghilangkan variasi tanaman bawah garis ketika reproduksi diploid tradisional berlangsung.

Salah satu kelemahan dari organisme haploid, baik alami atau rekayasa genetika, adalah bahwa, jika gen ternyata rusak, tidak ada salinan identik untuk melakukan fungsinya dalam kedudukannya seperti terdapat pada sel diploid. Setiap gen dalam organisme haploid secara efektif diungkapkan, baik menjalankan fungsinya dengan baik atau negatif mempengaruhi kesehatan dan kelangsungan hidup organisme. Dalam memeriksa kultur ragi haploid, bukti-bukti juga menunjukkan, bagaimanapun, bahwa tingkat mutasi pada organisme secara efektif ganda dalam sel diploid, karena sel-sel haploid hanya memiliki setengah banyak gen yang dapat bermutasi.