Karya Seni yang Disampaikan Dengan Media Visual Disebut?

ASTALOG.COM – Seni pada mulanya adalah proses dari manusia, dan oleh karena itu merupakan sinonim dari ilmu. Dewasa ini, seni bisa dilihat dalam intisari ekspresi dari kreativitas manusia. Seni juga dapat diartikan dengan sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan.

Seperti dilansir dari laman Wikipedia, seni sangat sulit untuk dijelaskan dan juga sulit dinilai. Bahwa masing-masing individu artis memilih sendiri peraturan dan parameter yang menuntunnya atau kerjanya, masih bisa dikatakan bahwa seni adalah proses dan produk dari memilih medium, dan suatu set peraturan untuk penggunaan medium itu.

 

Definisi Seni

Seni berasal dari kata seni (bahasa Melayu) yang berarti halus, rumit, dan kecil-kecil. Kesenian diartikan segala sesuatu yang bernilai seni sehingga yang termasuk kesenian adalah berbagai jenis benda atau hal yang bersifat seni.

 

Kesenian meliputi bermacam-macam cabang seni. Setiap cabang seni memiliki keunikan tersendiri. Oleh karena itu, setiap karya seni diciptakan dengan memerlukan kemampuan, keahlian, kelebihan, dan keunikan tersendiri pada penciptaannya.

PELAJARI:  Sejarah Pengamatan Bintang

Setiap seni mempunyai unsur keindahan yang berbeda. Keindahan tersebut berbentuk rupa, gerak, dan bunyi (suara).

Kelompok seni memiliki cabang-cabang seni yang beraneka ragam. Perbedaan atau pemisahan seni tidaklah mutlak dan pasti karena setiap seni memiliki hubungan yang erat. Apabila terdapat penggolongan seni, bukan berarti suatu seni tidak dapat dimasukkan kepada jenis seni lainnya. Misalnya, satu macam seni dapat masuk pada dua jenis atau beberapa jenis seni (jenis campuran) lainnya.

Definisi seni menurut para ahli diantaranya:
– Seni adalah keindahan dan seni adalah tujuan yang positif menjadikan penikmat merasa dalam kebahagiaan (Alexander Baum Garton).
– Seni adalah bentuk yang pengungkapannya dan penampilannya tidak pernah menyimpang dari kenyataan dan seni itu adalah meniru alam (Aristoteles).
Seni adalah sebuah impian karena rumus rumus tidak dapat mengihtiarkan kenyataan (Immanuel Kant).
– Seni merupakan hasil keindahan sehingga dapat menggerakkan perasaan indah orang yang melihatnya, oleh karena itu perbuatan manusia yang dapat mempengaruhi dapat menimbulkan perasaan indah itu seni (Ki Hajar Dewantara).
– Seni adalah ungkapan perasaan pencipta yanng disampaikan kepada orang lain agar mereka dapat merasakan apa yang dirasakan pelukis (Leo Tolstoy).
– Seni adalah segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media bidang, garis, warna, tekstur, volume dan gelap terang (Sudarmaji).

PELAJARI:  Bagaimana Proses Pembuatan Energy Biogas

Bentuk dan Macam-Macam Seni

Suatu set nilai-nilai yang menentukan apa yang pantas dikirimkan dengan ekspresi lewat medium itu, untuk menyampaikan baik kepercayaan, gagasan, sensasi, atau perasaan dengan cara seefektif mungkin untuk medium itu. Sekalipun demikian, banyak seniman mendapat pengaruh dari orang lain masa lalu, dan juga beberapa garis pedoman sudah muncul untuk mengungkap gagasan tertentu lewat simbolisme dan bentuk (seperti bakung yang bermakna kematian dan mawar merah yang berarti cinta). Seni menurut media yang digunakan terbagi 3 yaitu:

– Seni yang dapat dinikmati melalui media pendengaran atau (audio art), misalnya seni musik,seni suara, dan seni sastra seperti puisi dan pantun
– Seni yang dinikmati dengan media penglihatan (Visual art)) misalnya lukisan, poster,seni bangunan, seni gerak beladiri dan sebagainya.
– Seni yang dinikmati melalui media penglihatan dan pendengaran (audio visual art) misalnya pertunjukan musik, pagelaran wayang,film

PELAJARI:  Apakan Kelemahan Model Atom Dalton?

Menurut penyampaiannya, seni dibagi menjadi lima macam. Kelima macam seni tersebut meliputi sebagai berikut:

1. Seni rupa adalah karya seni yang disampaikan dengan media rupa (visual), misalnya lukisan, patung, seni ukir, dan seni kerajinan.
2. Seni musik adalah karya seni yang disampaikan dengan media suara (manusia, benda, atau alat musik). Misalnya, vokal dan instrumental.
3. Seni tari adalah karya seni yang disampaikan dengan media gerak, misalnya seni tari, senam irama, dan sendratari.
4. Seni sastra adalah karya seni yang disampaikan dengan media bahasa. Misalnya, cerpen, pantun, dan puisi.