Apa yang Dimaksud dengan Gametosis?

ASTALOG.COM – Dilansir dari wikipedia, Gametogenesis adalah proses diploid dan haploid yang mengalami pembelahan sel dan diferensiasi untuk membentuk gamet haploid dewasa. Tergantung dari siklus hidup biologis organisme, gametogenesis dapat terjadi pada pembelahan meiosis gametosit diploid menjadi berbagai gamet atau pada pembelahan mitosis sel gametogen haploid. Contohnya, tanaman menghasilkan gamet melalui mitosis pada gametofit. Gametofit tumbuh dari spora haploid setelah meiosis spora.

Gametogenesis meliputi spermatogenesis dan oogenesis. spermatogenesis merupakan pembentukan sel kelamin jantan (inti sel sperma), oogenesis merupakan pembentukan sel kelamin betina (inti sel telur/ovum). Gametogenesis melibatkan proses pembelahan sel mitosis dan meiosis.

 

Spermatogenesis
Sel sperma yang bersifat haploid (n) dibentuk di dalam testis melewati sebuah proses kompleks yang disebut dengan spermatogenesis. Secara simultan proses ini memproduksi sperma matang di dalam tubulus seminiferus lewat langkah-langkah berikut ini:

PELAJARI:  Ciri dari Cargassum

1. Ketika seorang anak laki-laki mencapai pubertas pada usia 11 sampai 14 tahun, sel kelamin jantan primitif yang belum terspesialisasi dan disebut dengan spermatogonium menjadi diaktifkan oleh sekresi hormon testosteron.
2. Masing-masing spermatogonium membelah secara mitosis untuk menghasilkan dua sel anak yang masing-masing berisi 46 kromosom lengkap.
3. Dua sel anak yang dihasilkan tersebut masing-masing disebut spermatogonium yang kembali melakukan pembelahan mitosis untuk menghasilkan sel anak, dan satunya lagi disebut spermatosit primer yang berukuran lebih besar dan bergerak ke dalam lumen tubulus seminiferus.
4. Spermatosit primer melakukan meiosis untuk menhasilkan dua spermatosit sekunder yang berukuran lebih kecil dari spermatosit primer. Spermatosit sekunder ini masing-masing memiliki 23 kromosom yang terdiri atas 22 kromosom tubuh dan satu kromosom kelamin (Y atau X).
5. Kedua spermatosit sekunder tersebut melakukan mitosis untuk menghasilkan empat sel lagi yang disebut spermatid yang tetap memiliki 23 kromosom.
6. Spermatid kemudian berubah menjadi spermatozoa matang tanpa mengalami pembelahan dan bersifat haploid (n) 23 kromosom. Keseluruhan proses spermatogenesis ini menghabiskan waktu sekitar 64 hari.

PELAJARI:  Macam-macam Penyakit dan Nama Virusnya
 

Oogenesis
Oogenesis adalah proses pembentukan gamet betina (ovum) melalui pembelahan meiosis. Proses ini terjadi di ovarium (indung telur). Oogenesis merupakan proses pematangan ovum di dalam ovarium. Tidak seperti spermatogenesis yang dapat menghasilkan jutaan spermatozoa dalam waktu yang bersamaan, oogenesis hanya mampu menghasilkan satu ovum matang sekali waktu.

Oogenesis berlangsung secara bertahap.
a. Pada waktu masih embrio mulai terbentuk oogonium
b. Pada waktu bayi dilahirkan mulai terjadi oosit primer
c. Pada waktu mulai masa pubertas sampai menopause (± 13 tahun sampai ± 45 tahun 50 tahun) berlangsung
d. pembentukan oosit sekunder sampai menjadi ovum fungsional.
e. Pembentukan oosit sekunder menjadi ovum berlangsung tiap bulan dan hanya menghasilkan satu ovum fungsional dan matang dalam sekali proses yang normal.

PELAJARI:  Struktur Teks Eksplanasi Tentang Banjir

Proses pelepasan ovum matang dari ovarium ini yang disebut dengan ovulasi. Jika ovum dibuahi sperma, maka akan terjadi kehamilan, tetapi jika tidak terjadi pembuahan, maka ovum akan mati bersama dinding endometrium yang disebut menstruasi.