Tahap Proses Sintesis Protein

ASTALOG.COM – Secara garis besar, ADN sebagai bahan genetis mengendalikan sifat individu melalui proses sintesis protein. Ada dua kelompok protein yang dibuat ADN, yaitu protein struktural dan protein katalis. Protein struktural akan membentuk sel, jaringan, dan organ hingga penampakan fisik suatu individu. Inilah yang menyebabkan ciri fisik tiap orang berbeda satu sama lain. Protein katalis akan membentuk enzim dan hormon yang berpengaruh besar terhadap proses metabolisme, dan akhirnya berpengaruh terhadap sifat psikis, emosi, kepribadian, atau kecerdasan seseorang. Artikel kali ini akan membahas mengenai tahap proses sintesis protein.

Tahapan Proses Sintesis Protein

 

DNA bertempat di inti terlalu besar untuk bergerak melalui membran nuklir, sehingga harus disalin oleh yang lebih kecil, RNA beruntai tunggal (transkripsi), yang bergerak keluar dari inti untuk ribosom terletak di sitoplasma dan retikulum endoplasma kasar untuk mengarahkan perakitan protein (terjemahan). Gen tidak benar-benar membuat protein, tetapi mereka memberikan cetak biru dalam bentuk RNA, yang mengarahkan sintesis protein.

 

Transkripsi

Transkripsi terjadi di dalam inti sel dan merupakan pengalihan dari kode genetik dari DNA ke RNA komplementer. Enzim RNA polimerase yaitu,
1. Menempel ke dan membuka ritsleting molekul DNA menjadi dua untaian yang terpisah.
2. Mengikat segmen promotor DNA yang mengindikasikan awal untai tunggal DNA yang akan disalin.
3. Bergerak sepanjang DNA dan mencocokkan nukleotida DNA dengan RNA komplementer
4. nukleotida untuk menciptakan sebuah molekul RNA baru yang dipolakan DNA.

PELAJARI:  Besaran Turunan

Menyalin DNA terus sampai RNA polimerase mencapai sinyal terminasi, yang merupakan satu set spesifik nukleotida yang menandai akhir dari gen yang akan disalin dan juga sinyal melepaskan DNA dengan RNA baru dicetak.

Ketiga jenis RNA yaitu,

1. mRNA (messenger RNA) ditranskripsi dari DNA dan membawa informasi genetik dari DNA yang akan diterjemahkan menjadi asam amino.

2. tRNA (transfer RNA) “menafsirkan” kodon tiga huruf dari asam nukleat dengan kata asam amino satu huruf.

3. rRNA (ribosomal RNA) adalah jenis yang paling melimpah dari RNA, dan bersama dengan protein yang terkait menyusun ribosom.
Ketika RNA polimerase selesai menyalin segmen tertentu dari DNA, DNA mengkonfigurasi ulang ke dalam struktur double-helix asli. Yang baru dibuat mRNA bergerak keluar dari inti dan masuk ke sitoplasma.

PELAJARI:  Tahap-tahap dalam Sistem Pencernaan

Translasi

Terjemahan adalah konversi informasi yang terkandung dalam urutan nukleotida mRNA menjadi urutan asam amino yang bersatu untuk menciptakan protein. MRNA bergerak ke ribosom dan “dibaca” oleh tRNA, yang menganalisis bagian dari tiga urutan nukleotida sebelah, yang disebut kodon, pada mRNA dan membawa asam amino yang sesuai untuk dirakit menjadi rantai polipeptida berkembang. Tiga nukleotida kodon spesifik untuk asam amino tertentu. Oleh karena itu, sinyal setiap kodon untuk masuknya asam amino tertentu, yang menggabungkan dalam urutan yang benar untuk membuat protein tertentu yang dikodekan DNA.

Perakitan polipeptida dimulai ketika ribosom menempel pada kodon start yang terletak di mRNA. Kemudian tRNA membawa asam amino ke ribosom, yang terbuat dari rRNA dan protein dan memiliki tiga situs ikatan untuk mendorong sintesis. Situs mengarahkan pertama mRNA sehingga kodon dapat diakses tRNA, yang menempati dua lokasi yang tersisa karena mereka menyimpan asam amino mereka dan kemudian melepaskan dari mRNA untuk mencari lebih banyak asam amino. Terjemahan berlanjut sampai ribosom mengakui kodon yang menandai akhir dari urutan asam amino. Polipeptida, saat selesai, dalam struktur utamanya. Hal ini kemudian dilepaskan dari ribosom untuk memulai pemutarbalikan untuk mengkonfigurasi ke bentuk akhir untuk memulai fungsinya.

PELAJARI:  Hal-hal yang Menyebabkan Terjadinya Migrasi Penduduk

Setelah protein dibuat, mereka dikemas dan diangkut ke tujuan akhir mereka di jalur yang menarik yang dapat digambarkan dalam tiga langkah yang melibatkan tiga organel:

1. Vesikel mengangkut protein dari ribosom ke aparatus Golgi, alias kompleks Golgi, di mana mereka dikemas ke dalam vesikel baru.

2. Vesikel bermigrasi ke membran dan melepaskan protein mereka ke luar sel.

3. Lisosom mencerna dan mendaur ulang bahan limbah untuk digunakan kembali oleh sel.

Enzim dalam aparatus Golgi memodifikasi protein dan menyertakan mereka dalam vesikel baru yang kuncup dari permukaan aparatus Golgi. Aparatus Golgi sering dianggap sebagai kemasan dan distribusi tengah sel.

Vesikel kecil, amplop membran-tertutup yang biasanya dibuat dalam retikulum endoplasma atau aparat Golgi dan digunakan untuk mengangkut zat melalui sel.

Lisosom adalah jenis khusus dari vesikel yang berisi enzim pencernaan untuk sel dan berguna dalam pemecahan produk limbah sisa protein, lemak, karbohidrat, dan asam nukleat ke dalam bagian-bagian komponennya untuk disusun ulang dan penggunaan kembali oleh sel.