Jelaskan Dasar Penggolongan Virus Berdasarkan ICTV!

ASTALOG.COM – Virus, seperti dilansir dari laman Sridianti, adalah agen infeksius yang sangat kecil yang menyerang sel-sel dari semua jenis. Setelah masuk sel lain, virus menjadi pembajak, menggunakan mesin sel untuk menghasilkan lebih banyak virus. Apakah virus merupakan organisme hidup atau hanya konglomerasi molekul yang telah menjadi sumber perdebatan selama bertahun-tahun.

Sistem Klasifikasi Virus

 

Klasifikasi virus adalah proses penamaan virus dan menempatkan mereka ke dalam sistem taksonomi. Serupa dengan sistem klasifikasi yang digunakan untuk organisme seluler, klasifikasi virus adalah subyek perdebatan dan usulan. Hal ini terutama karena sifat hidup virus yang semu, yang belum definitif diklasifikasikan sebagai hidup atau non-hidup. Dengan demikian, mereka tidak cocok dengan sistem klasifikasi biologi yang ditetapkan di tempat bagi organisme seluler.

Pada tahun 1962, Lwoff, Horne dan Tournier mengusulkan sistem klasifikasi di mana virus tersebut dikelompokkan berdasarkan karakteristik bersama antara partikel sendiri daripada sel inang. Sementara sistem klasifikasi mereka tidak lagi digunakan, premis dasar ini adalah dasar dari sistem klasifikasi modern. Beberapa fitur utama dari virus yang digunakan dalam klasifikasi jenis bahan genetik mereka dan bentuk kapsid.

 

Atas dasar sifat bersama virus dikelompokkan pada tingkat hirarki yang berbeda ordo, famili, subfamili, genus dan spesies. Lebih dari 30.000 isolat virus yang berbeda yang dikenal hari ini dan dikelompokkan dalam lebih dari 3.600 spesies, dalam 164 genus dan 71 Famili. Morfologi Viral memberikan dasar untuk pengelompokan virus ke dalam famili. Sebuah famili virus dapat terdiri dari anggota yang meniru hanya pada vertebrata, hanya dalam invertebrata, hanya pada tanaman, atau hanya pada bakteri. Famili tertentu mengandung virus yang bereplikasi dalam lebih dari satu host ini.

PELAJARI:  Contoh Keanekaragaman Gen Beserta Alasannya

Virus terutama diklasifikasikan oleh karakteristik fenotipik, seperti morfologi, jenis asam nukleat, modus replikasi, organisme inang, dan jenis penyakit mereka menyebabkan. Saat ini ada dua skema utama yang digunakan untuk klasifikasi virus: sistem ICTV dan sistem klasifikasi Baltimore, yang menempatkan virus ke dalam salah satu dari tujuh kelompok. Mendampingi metode yang luas klasifikasi adalah konvensi penamaan khusus dan pedoman klasifikasi lebih lanjut ditetapkan oleh Komite Internasional Taksonomi Virus.

International Committee on Taxonomy of Viruses (ICTV)

Komite Internasional Taksonomi Virus (ICTV) merupakan komite yang memberikan kewenangan dan mengatur klasifikasi taksonomi virus. Mereka telah mengembangkan skema taksonomi universal untuk virus dan bertujuan untuk menggambarkan semua virus dari organisme hidup (Gambar 1). Anggota komite dianggap ahli dunia pada virus. Komite dibentuk dari dan diatur oleh Divisi Virologi dari International Union of Societies Microbiological. Kerja secara terperinci seperti delimitasi batas-batas spesies dalam keluarga biasanya dilakukan oleh kelompok-kelompok studi, yang terdiri dari para ahli dalam Families. Panitia juga mengoperasikan database otoritatif (ICTVdB) berisi informasi taksonomi untuk 1.950 spesies virus, pada 2005. Hal ini terbuka untuk umum dan dicari oleh beberapa cara yang berbeda.

PELAJARI:  Planet yang Tidak Memiliki Satelit

Tujuan resmi ICTV adalah:
– Untuk mengembangkan disetujui secara internasional taksonomi virus.
– Untuk mengembangkan disetujui secara internasional nama untuk virus taksa, termasuk spesies dan agen subviral.
– Untuk mengkomunikasikan keputusan taksonomi untuk semua pengguna nama virus, khususnya masyarakat internasional virologists, berdasarkan publikasi dan melalui Internet.
– Untuk menjaga indeks nama virus.
– Untuk memelihara database ICTV di Internet, yang mencatat data yang menjadi ciri setiap takson virus bernama, bersama dengan nama umum setiap takson dalam semua bahasa utama.

Usulan untuk nama baru, perubahan nama, dan pembentukan dan taksonomi penempatan taksa ditangani oleh Komite Eksekutif ICTV dalam bentuk proposal. Semua subkomite ICTV yang terkait dan kelompok penelitian yang berkonsultasi sebelum keputusan dibuat. Nama takson tidak memiliki status sampai telah disetujui oleh ICTV, dan nama hanya akan diterima jika mereka terkait dengan disetujui taksa hirarkis. Jika tidak ada nama yang cocok diusulkan untuk takson, takson tersebut dapat disetujui dan nama dibiarkan belum memutuskan sampai adopsi nama internasional yang dapat diterima, ketika salah satu diusulkan dan diterima oleh ICTV. Nama tidak harus menyampaikan makna untuk takson yang sepertinya baik mengecualikan virus yang berhak anggota taksa itu, termasuk anggota yang mungkin satu hari milik taksa itu, atau termasuk virus yang menjadi anggota taksa yang berbeda.

Pengelompokan Virus

PELAJARI:  Penjelasan Mengenai Cahaya Matahari yang Masuk ke Bumi

Pengelompokan virus biasanya dilakukan untuk suatu kepentingan tertentu. Sejumlah informasi mengenai sifat-sifat virus dapat digunakan sebagi dasar klasifikasi, namun tidak semua virus memiliki informasi yang cukup untuk setiap kategori. Dasar yang digunakan untuk klasifikasi virus, antara lain sebagai berikut:

– Jenis asam nukleat.
– Ukuran, morfologi, jenis simetri, jumlah kapsomer, dan ada atau tidaknya membran.
– Kerentanan terhadap pengaruh kimia dan fisika.
– Kandungan enzim tertentu yang dimiliki.
– Sifat imunologiks.
– Jenis sel inang (kesesuaian reseptor).
– Cara penularan secara alamiah.
– Simtomatologi (penyakit yang ditimbulkan)

Menurut sistem ICTV (International Committee on Taxonomy of Viruses), terdapat tiga tingkatan takson dalam klasifikasi virus, yaitu famili, genus, dan species. Pemberian nama pada famili menggunakan akhiran –viridae, nama genus dengan akhiran –virus, dan nama spesies menggunakan bahasa inggris dan diakhiri dengan –virus. Nama genus dan spesies dicetak miring.

Contoh klasifikasi virus:

Famili : Poxviridae
Genus : Orthopoxvirus
Spesies : Variola virus (penyebab cacar)

Famili : Picornaviridae
Genus : Enterovirus
Spesies : Poliovirus (penyebab polio)