Fungsi Stratum Granulosum

ASTALOG.COM –  Kulit merupakan lapisan pelindung tubuh yang sempurna terhadap pengaruh luar, baik pengaruh fisik maupun pengaruh kimia. Kulit pun menunjang penampilan dan kepribadian seseorang. Kulit adalah organ terbesar yang ada pada tubuh. Secara anatomi, kulit terdiri dari banyak lapisan jaringan, tetapi pada umumnya kulit dibagi dalam 3 lapisan jaringan : epidermis, dermis dan lapisan lemak di bawah kulit. Kulit mampu melindungi tubuh terhadap panas, cahaya, cedera, dan infeksi.

Fungsi Kulit.

 

– Sebagai Pelindung tubuh dari berbagai ancaman.
Dengan adanya kulit yang menjadi bagian terluar tubuh, maka tubuh kita dapat terlindung dari berbagai macam ancaman seperti mikroorganisme yang berbahaya, sinar matahari, mengurangi kerusakan akibat terbentur, serta melindungi kontak langsung dengan zat kimia.

– Sebagai Indra Peraba.
Pada kulit terdapat banyak ujung – ujung persarafan tubuh, oleh karena itu ketika mendapat rangsangan, kita dapat merasakaanya melalui tubuh. Contohnya seperti rangsangan sentuhan, panas, dingin, nyeri, dll.

 

– Sebagai Alat Eksresi.
Kulit merupakan tempat keluarnya keringat, keringat ini merupakan sisa metabolisme yang terdiri atas berbagai unsur yang tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh. Kulit mengeluarkan sekitar 1 liter keringat dalam sehari, keringat tersebut dikeluarkan dari pori – pori (rongga kecil pada permukaan kulit).

PELAJARI:  Jenis-jenis Penyakit Maag

– Sebagai Pengatur Suhu Tubuh.
Kulit akan terus menjaga agar suhu tubuh tidak dipengaruhi oleh suhu lingkungan, artinya tetap diusahakan suhu tubuh tidak berubah meskipun terjadi perubahan suhu lingkungan. Proses ini dilakukan dengan menyeimbangkan antara pengeluaran dan pemasukkan panas tubuh oleh kulit. Normalnya suhu tubuh manusia 36,6 – 37,2 derajat celcius, dan suhu kulit lebih rendah sedikit dari suhu tubuh.

– Sebagai Penyimpan Lemak.
Bagian bawah lapisan dermis kulit berperan sebagai tempat penyimpanan lemak. Lemak disimpan dalam bentuk tetes-tetes lemak, dan lemak itu akan digunakan apabila diperlukan, contohnya ketika dibutuhkan energi lebih, lemak akan dijadikan energi karena juga berfungsi sebagai cadangan energi.

– Sebagai Tempat Pembuatan Vitamin D.
Pada Kulit terdapat provitamin D yang berasal dari makanan, dengan bantuan sinar ultraviolet dari matahari, vitamin D tersebut akan diubah menjadi vitamin D.

Lapisan Jaringan Kulit.

A. Epidermis Epidermis merupakan lapisan kulit yang terluar, terdiri dari lapisan sel yang telah mati yang disebut juga lapisan tanduk. Fungsi epidermis adalah sebagai sawar pelindung terhadap bakteri, iritasi kimia, alergi dan lain-lain. Epidermis dapat dibagi menjadi 5 lapisan :

– Stratum corneum (lapisan tanduk). Stratum corneum merupakan lapisan kulit yang paling luar. Stratum korneum paling tebal pada telapak kaki dan paling tipis pada pelupuk mata, pipi dan dahi. – Stratum lucidum (daerah rintangan). Stratum lucidum menunjukkan berbagai daerah sawar hanya terlihat pada telapak kaki dan telapak tangan.

PELAJARI:  Klasifikasi Warna Laut Berdasarkan Penyebabnya

Stratum granulosum (lapisan seperti butir). Stratum granulosum berpartisipasi aktif dalam proses keratinisasi, hanya mekanismenya belum diketahui jelas.

– Stratum spinosum (lapisan sel duri). Stratum spinosum (stratum malpighi) terdiri dari beberapa lapis sel yang berbentuk poligonal yang besarnya berbeda-beda karena adanya proses mitosis.

– Stratum germinativum (lapisan sel basal). Lapisan ini merupakan lapisan epidermis yang paling bawah. Disini ditemukan sel-sel yang membelah diri dan membentuk sel kulit baru yang selanjutnya bergeser ke lapisan lebih atas sehingga suatu saat menjadi lapisan cornium.

B. Dermis (corium). Dermis memiliki ketebalan 3-5 mm, merupakan anyaman serabut kolagen dan elastin yang bertanggung jawab untuk sifat-sifat penting dari kulit. Dermis mengandung pembuluh darah, pembuluh limfe, gelembung rambut, kelenjar lemak (sebasea), kelenjar keringat, otot dan serabut saraf.

PELAJARI:  Jelaskan Jenis-jenis Energi Alternatif

C. Lapisan lemak dibawah kulit. Pada lapisan ini terdapat cukup banyak jaringan lemak (panniculus adiposus) yang tersusun dalam lapisan. Jaringan lemak subkutan ini terutama berfungsi memberi perlindungan terhadap dingin dan disamping itu merupakan cadangan energi.  

Kelainan dan penyakit pada Kulit

Berikut adalah beberapa kelainan dan penyakit pada kulit:

  • Skabies, disebabkan oleh parasit insekta yang sangat kecil (sarvoptes scabies) dan dapat menular pada orang lain.
  • Eksim, menyebabkan kulit menjadi kering , kemerah-merahan, gatal-gatal, dan bersisik.
  • Jerawat, merupakan gangguan umum yang bersifat kronis pada kelenjar minyak. Jerawat biasanya menyerang bagian tubuh wajah, dada atas, dan punggung.
  • Biang keringat, terjadi karena kelenjar keringat tersumbat oleh sel-sel kulit mati yang tidak dapat terbuang secara sempurna, sehingga menimbulkan bintik kemerahan yang disertai gatal.
  • Kanker kulit, disebabkan oleh penerimaan sinar matahari yang berlebihan.
  • Ringworm, disebabkan oleh infeksi jamur ringworm yang mengakibatkan bercak lingkaran di kulit.