Apa Kata Lain Dari Trakea?

ASTALOG.COM – Trakea adalah tabung pada tenggorokan yang menghubungkan mulut dan hidung ke paru-paru. Trakea juga disebut batang tenggorokan, dan fungsinya adalah untuk mengangkut udara ketika seseorang bernafas melalui hidung atau mulut ke paru-paru. Tanpa trakea, paru-paru tidak menerima oksigen, dan manusia tidak bisa bertahan hidup.

Trakea memiliki panjang sekitar 4 inci dan berdiameter kurang dari 1 inci. Trakea duduk tepat di bawah laring, juga dikenal sebagai kotak suara, dan meluas ke bawah di belakang tulang dada. Setelah mencapai akhir dada, terbagi menjadi dua tabung yang disebut bronkus, yang merupakan lorong utama ke paru-paru. Salah satu bronkus melekat pada paru-paru kiri, dan yang lainnya menempel pada paru kanan.

 

Sekitar 20 cincin tulang rawan yang tebal mengelilingi trakea. Cincin ini terbuat dari jaringan dan otot, dan mereka melindungi trakea dan menjaga dari penutupan menutup. Bagian dalam trakea halus dan lembab. Ketika seseorang bernafas melalui hidung atau mulut, trakea akan sedikit lebih lebar dan lebih panjang. Dengan setiap napas, ia kembali ke ukuran normal.

Fungsi Trakea dalam Sistem Pernapasan.

➺ Fungsi utama dari trakea adalah membiarkan aliran udara ke paru-paru. Ini membantu dalam respirasi. Trakea melebar dan sedikit memanjang saat Anda menarik napas. Trakea kembali ke ukuran istirahat saat Anda mengeluarkan napas. Aliran udara ke dalam dari cabang-cabang trakea pergi ke dua bronkus dan paru-paru. Kartilago memastikan bahwa laring dan trakea tidak runtuh, ketika tidak ada udara di dalamnya. Trakea juga dapat melembabkan dan menghangatkan udara yang masuk ke dalam paru-paru. Hal ini berguna untuk menjaga keseimbangan suhu tubuh. Fungsi ini disebut termoregulasi. Trakea juga mampu membantu mencegah benda asing masuk ke dalam paru paru, caranya dengan tersedak. Tersedak terjadi ketika suatu objek terjebak dalam trakea. Dalam banyak kasus, batuk terjadi secara refleks alami yang dimulai ketika barang-barang kecil terjebak dalam tenggorokan dan dapat mengusir benda keluar.

PELAJARI:  Bakteri lactobacillus bulgaricus memiliki sifat?
 

➺ Dinding trakea terdiri dari empat lapisan jaringan. Mukosa, lapisan terdalam, dilapisi dengan sel goblet yang menghasilkan lendir. Lendir membantu melembabkan udara saat melewati saluran pernapasan. Kadang-kadang, partikel asing seperti debu atau bakteri melarikan diri dari rambut rongga hidung. Lendir membantu sebagai perangkap partikel inhalasi tersebut. Partikel yang terperangkap kemudian baik melewati laring dan faring ke lambung, atau dikeluarkan sebagai dahak.

➺ Otot yang terdapat dalam dinding posterior yang memungkinkan trakea berkontraksi dan mengurangi diameter. Hal ini mengurangi ukuran lumen nya. Udara dapat dibuang dengan tekanan yang meningkat. Ini membantu menyingkirkan batuk.

➺ Trakea terhubung ke sistem pipa yang sama, yang memungkinkan seseorang untuk menelan. Namun, trakea memiliki mekanisme perkembangan, yang mencegah tersedak dan kegagalan pernapasan. Ketika sebuah benda menyumbat itu, orang mungkin mengalami sesak napas. Dengan refleks batuk, trakea membantu untuk membuang benda. Otot-otot trakea yang berkontraksi akan mendorong batuk. Pergerakan sel epitel bersilia juga membantu membuang benda.

PELAJARI:  3 Jenis Gerakan pada Tumbuhan

➺ Trakea secara tidak langsung membantu mencerna makanan. Ketika Anda menelan makanan, kerongkongan mengembang. Cincin tulang rawan yang tidak lengkap (berbentuk C-, dan bukan bulat) dari trakea memungkinkan untuk berkontraksi, dan dengan demikian, mendorong perluasan esophagus ke ruang nya.

➺ Jaringan ikat di adventitia, lapisan terluar dari trakea, longgar terhubung ke jaringan lunak sekitarnya. Karena trakea tertanam longgar, ia mampu bergerak dalam leher dan dada. Hal ini bermanfaat bagi paru-paru yang memperluas dan mengkerut selama respirasi. Dengan demikian, trakea begitu dirancang dan terletak untuk membantu bernapas serta pencernaan.

Gangguan Trakea.

Setiap penyakit pada sistem pernapasan dapat mengganggu fungsi keseluruhan tubuh Anda karena sistem pernapasan bertanggung jawab untuk memfasilitasi proses ekstraksi energi dari makanan. Membentuk bagian tubular depan sistem pernapasan, struktur anatomi, jika trakea mengalami beberapa gangguan akut atau kronis, akan menyebabkan kerusakan pada sistem saluran napas dan sering menyebabkan kematian individu. Hal ini mengejutkan untuk mengetahui bahwa trakea adalah sistem organ tubuh Anda yang terbuka dan sangat rentan terhadap bahaya lingkungan, terutama dalam suasana udara yang sangat tercemar.

PELAJARI:  Penggolongan Bahan Pangan

Sejumlah penyakit trakea mungkin timbul dari berbagai faktor, seperti infeksi dan turun-temurun yang meliputi peradangan, pembentukan tumor, perkembangan kanker, gangguan obstruktif, dll trakea stenosis ditandai dengan peradangan pada batang tenggorokan yang dapat dihilangkan dengan endoskopi atau terapi bedah. Pembentukan tumor besar (jinak atau kanker) dalam lumen trakea dapat menyebabkan penyumbatan saluran udara dan kematian korban. Meskipun sangat sulit untuk menghindari kontak dengan penyakit pernapasan, perawatan yang tepat, langkah-langkah pencegahan dan pengobatan dini dapat menyelamatkan Anda dari berbagai gangguan pada tenggorokan.