Sebutkan Definisi Musik Secara Umum

ASTALOG.COM – Kata “musik” berasal dari bahasa Inggris yaitu “music” yang diambil dari bahasa Yunani “mousikê”. Tetapi, mousikê lebih merujuk kepada semua seni yang berupa musik dan puisi pimpinan Muses.

Pengertian Musik
Secara umum, musik adalah susunan suara yang dikemas dengan sedemikian rupa sehingga mampu menciptakan sebuah irama dan lagu yang sangat harmonis.

 

Pengertian lain dari musik adalah salah satu media ungkapan kesenian, musik mencerminkan kebudayaan masyarakat pendukungnya. Di dalam musik terkandung nilai dan norma-norma yang menjadi bagian dari proses enkulturasi budaya, baik dalam bentuk formal maupun informal.

Musik itu sendiri memiliki bentuk yang khas, baik dari sudut struktual maupun jenisnya dalam kebudayaan. Demikian juga yang terjadi pada musik dalam kebudayaan masyarakat melayu.

 

Pengertian musik menurut Aristoteles adalah mempunyai kemampuan mendamaikan hati yang gundah, mempunyai terapi rekreatif dan menumbuhkan jiwa patriotisme.

Fungsi Musik
Fungsi Musik Secara Umum yaitu

1. Fungsi Musik Sebagai Ungkapan Emosional
Jadi musik sendiri sebagai sarana ungkapan emosi. Contoh saja seorang musisi yang mengadakan konser tunggal, dia tidak peduli bagaimana reaksi penontonya nanti tapi yang terpenting sang musisi sudah berkarya mengungkapkan emosinya

2. Fungsi Musik Sebagai Penghayatan Estetis
Musik itu sebuah karya seni, sebuah karya seni harus memiliki nilai estetis atau keindahan di dalamnya. Nah melalui musik ini kita bisa merasakan keindahan dari melodi yang dihasilkan musik tersebut

PELAJARI:  Prinsip Teknik Kultur Jaringan

3. Fungsi Musik Sebagai Hiburan
Orang-orang suka mendengar musik, saat sedih lebih baik mendengar alunan musik yang menyenangkan bukan? Ya minimal agar kita merasa terhibur ataupun supaya tidak terasa bosan

4. Fungsi Musik Sebagai Komunikasi
Ini berarti sebuah musik yang berlaku di suatu daerah memiliki arti tersendiri ataupun hanya bisa dimengerti oleh warga daerah tersebut, ini bisa dilihat dari teks atau pun melodinya

5. Fungsi Musik Sebagai Perlambangan
Musik bisa melambangkan suatu hal, misal ada musik yang temponya lamban dan rata-rata musik yang temponya lamban memiliki syair yang sedih sehingga musik itu melambangkan kesedihan

6. Fungsi Musik Sebagai Reaksi Jasmani
Musik juga bisa merangsang otot kita untuk bergerak lho, ini juga dimanfaatkan untuk senam irama

7. Fungsi Musik Dalam Normal Sosial
Musik juga bisa sebagai ajaran untuk meneruskan norma-norma yang sudah ada karena syairnya memiliki kandungan aturan-aturan sosial

8. Fungsi Musik Dalam Pengesahan Lembaga Sosial
Musik juga kerap digunakan dalam pengesahan sakral pada lembaga sosial namun bukan sebagai pengiring

9. Fungsi Musik Dalam Kesinambungan Budaya
Hampir sama seperti fungsi normal sosial, dalam kesinambungan budaya juga diajarkan sebuah sistem budaya untuk generasi selanjutnya melalui musik ini

10. Fungsi Pengintegrasian Masyarakat
Suatu musik saat dimainkan secara bersama secara tidak sadar sudah menimbulkan rasa kebersamaan diantara pemain musik maupun penikmat musik itu

PELAJARI:  Tahapan Peredaran Darah

Jenis-jenis Musik
Musik terdiri dari beberapa gendre antara lain:

1. Blues
Blues adalah genre musik yang berasal dari masyarakat Afrika-Amerika dan lahir sekitar akhir abad ke-19. Ciri-ciri musik blues adalah lirik awalnya yang terdiri dari satu baris yang diulang empat kali.

2. Country
Musik country adalah genre musik populer di Amerika yang berasal dari Amerika Serikat selatan tepatnya di Atlanta dan Georgia pada tahun 1920. Ciri khas musik country adalah sebagian besar menggunakan instrumen string seperti banjo, gitar akustik, gitar listrik, biola, dan harmonika. Istilah “country” baru populer pada tahun 1940-an. Musik ini juga identik dengan koboi.

3. Electronic
Musik electronic adalah musik yang secara keseluruhan menggunakan alat musik elektronik dan teknologi musik elektronik. Contoh alat musik elektronik adalah telharmonium, organ hammond, dan gitar listrik. Pengolahan musik electronic dilakukan dengan menggunakan perangkat seperti theremin, synthesizer, dan komputer. Musik jenis ini sering dimainkan di diskotik atau saat berpesta.

4. Hip Hop
Musik hip hop adalah genre musik yang terdiri dari musik berirama dan bergaya yang biasanya terdapat rap dan vokal ritmis. Vokalis biasanya membaca lirik lagu seperti membaca biasa namun dengan ritme tertentu.

5. Jazz
Jazz adalah aliran musik yang berasal dari masyarakat Afrika-Amerika pada akhir abad ke-19. Musik ini dikenal memiliki alunan yang merdu. Musik ini mendapatkan pengaruh besar dari budaya Afrika Barat dan Eropa.

PELAJARI:  Tarian Jauk Berasal Dari?

6. Pop
Istilah “pop” berasal dari “populer” adalah bentuk modern dari rock and roll. Musik pop terbentuk pada tahun 1950-an. Musik ini lebih lembut dari rock and roll. Genre musik ini menjadi genre musik paling populer di dunia.

7. R & B
R & B (atau RnB) atau singkatan dari “rhythm & blues” adalah genre yang cukup populer yang berasal dari musik Afrika-Amerika pada tahun 1940-an. Satu band RnB biasanya terdiri dari pianis, satu atau dua gitaris, vokalis, bass, drum, dan saxophone.

8. Rock
Musik rock adalah genre musik populer yang berasal dari musik rock and roll di Amerika serikat pada tahun 1950-an. Musik ini mendapat pengaruh dari blues, jazz, klasik, dll. Musik rock fokus pada gitar listrik. Satu grup musik rock terdiri dari gitar bass, gitar listrik, dan drum.

9. Klasik
Musik klasik adalah seni musik yang berakar pada tradisi musik Barat. Genre musik ini sudah ada sejak abad ke-11. Tokoh musik klasik yang terkenal seperti Johann Sebastian Bach dan Beethoven.

10. Reggae
Musik reggae adalah genre musik yang berasal dari Jamaika pada akhir tahun 1960-an. Musik ini dipengaruhi oleh jazz Amerika dan RnB. Gaya musik reggae menggabungkan beberapa unsur musik RnB, jazz, mento, calypso, musik Amerika Latin, dan musik Afrika.