Warna Dasar Lambang Koperasi

ASTALOG.COM – Gerakan koperasi digagas oleh Robert Owen (1771-1858), yang menerapkannya pertama kali pada usaha pemintalan kapas di New Lanark, Skotlandia. Gerakan koperasi ini dikembangkan lebih lanjut oleh William King (1786-1865) dengan mendirikan toko koperasi di Brighton, Inggris.

Pada 1 mei 1828, King menerbitkan publikasi bulanan yang bernama The Cooperator yang berisi berbagai gagasan dan saran-saran praktis tentang mengelola toko dengan prinsip koperasi.

 

Pengertian Koperasi
Koperasi sendiri adalah organisasi bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama. Koperasi melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan.

Lambang Koperasi
Lambang Koperasi Indonesia memiliki arti sebagai berikut:
1. Rantai melambangkan persahabatan yang kokoh.
2. Gigi Roda melambangkan usaha/karya yang terus menerus.
3. Kapas dan Padi melambangkan kemakmuran rakyat yang diusahakan oleh Koperasi.
4. Timbangan melambangkan keadilan sosial sebagai salah satu dasar koperasi.
5. Bintang dalam perisai melambangkan Pancasila sebagai landasan ideal koperasi.
6. Pohon beringin melambangkan sifat kemasyarakatan dan kepribadian Indonesia yang kokoh berakar.
7. Tuliasan Koperasi Indonesia melambangkan kepribadian koperasi rakyat Indonesia.
8. Warna merah dan putih melambangkan sifat nasional Indonesia.

PELAJARI:  Apa yang Dimaksud Dengan Parthenogenesis?
 

Pada tahun 2012, pemerintah memutuskan untuk mengganti lambang koperasi dengan lambang koperasi baru. Lambang koperasi yang baru tampak lebih modern dan dinamis dengan dominan warna hijau.

Dilansir dari wikipedia, berikut arti dan makna dari lambang koperasi baru.

1.Lambang koperasi indonesia dalam bentuk gambar bunga yang memberi kesan akan perkembangan dan kemajuan terhadap perkoperasian di indonesia, mengandung makna bahwa koperasi indonesia harus selalu berkembang, cemerlang, berwawasan, varuatif, inovatif sekaligus produktif dalam kegiatannya serta berwawasan dn berorientasi pada keunggulan dan teknologi.

2. lambang koperasi indonesia dalam bentuk gambar 4 sudut pandang melambangkan arah mata angin yang mempunyai maksud koperasi indonesia:
sebagai gerakan koperasi di indonesia untuk menyalurkan aspirasi
sebagai dasar perekonomian nasional yang bersifat kerakyatan
sebagai penjunjung tinggi prinsip nilai kebersamaan, kemandirian, keadilan, dan demokrasi
selalu menuju pada keunggulan dalam persaingan global

PELAJARI:  Pengaruh Revolusi Bumi terhadap Perbedaan Lama Waktu antara Siang dan Malam

3. lambang koperasi indonesia dalam bentuk teks kooperasi indonesia memberi kesan dinamis modern, menyiratkan kemajuan untuk terus berkembang serta mengikuti kemajuan zaman yang bercermin pada perekonomian yang bersemangat tinggi, teks koperasi indonesia yang berkesinambungan sejajar rapi mengandung makna adanya ikatan yang kuat, baik didalam lingkungan internal koperasi indonesia maupun antara koperasi indonesia dan para anggotanya.

4. lambang koperasi indonesia yang berwarna pastel memberi kesan kalem sekaligus berwibawa, selain koperasi indonesia bergerak pada sektor perekonomian, warna pastel melambangkan adanya suatu keinginan, ketabahan, kemauan, dan kemajuan serta mempunyai kepribadian yang kuat akan suatu hal terhadap peningkatan rasa bangga dan percaya diri yang tinggi terhadap pelaku ekonomi lainnya.

PELAJARI:  Peranan Keanekaragaman Hayati Terhadap Kehidupan Manusia

5. lambang koperasi indonesia dapat digunakan pada papan nama kantor, pataka, umbul-umbul, atribut yang terdiri dari pin, tanda pengenal pegawai dan emblem untuk seluruh kegiatan ketatalaksanaan administratif oleh gerakan koperasi diseluruh indonesia.

6. lambang koperasi indonesia menggambarkan falsafah hidup berkoperasi yang memuat:
tulisan: koperasi indonesia yang merupakan identitas lambang
gambar 4 kuncup bunga yang saling bertaut dihubungkan bentuk sebuah lingkaran yang menghubungkan satu kuncup dngan kuncup lainnya, menggambarkan seluruh pemangku kepentingan saling bekerja sama secara terpadu dan berkoordinasi secara harmonis dalam membangun koperasi indonesia