Apa yang Dimaksud Poster Niaga?

ASTALOG.COM – Poster niaga adalah salah satu jenis dari poster. Pengertian poster itu sendiri adalah suatu kalimat menarik dan biasanya disertai gambar untuk menyampaikan informasi atau himbauan tertentu.

Dibuatnya sebuah poster tentu bukan tanpa sebab, tetapi memiliki maksud dan tujuan sendiri. Secara umum tujuan dan maksud dibuatnya poster adalah sebagai media publikasi agar masyarakat bisa membacanya dan melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang ada dalam poster tersebut. Tetapi secara khusus maksud dan tujuan dibuatnya poster tergantung dengan apa yang diinginkan pembuat, bisa untuk tujuan komersil, mencari simpati publik, mencari perhatian masyarakat, dan lain sebagainya.

 

Ciri-Ciri Poster
1. Dapat menjangkau khalayak sasaran heterogen.
2. Mempunyai frekuensi tinggi sehingga dapat dilihat berkali-kali.
3. Cepat memperoleh perhatian.
4. Adanya kesatuan yang harmonis antara unsur-unsur penyusunan poster seperti unsur teks verbal headline, bodycopy, caption (keterangan gambar), unsur rupa / visualnya (ilustrasi / elemen disain).
5. Memberikan kejutan sehingga menarik perhatian, bisa dicapai dengan kontras warna, ilustrasi, bentuk huruf dan komposisi.
6. Jarak pandang minimum 5-6 meter

PELAJARI:  Macam-macam Apresiasi dan Penjelasannya

Poster niaga sendiri banyak jika jumpai ditempat-tempat umum yang ramai dengan lalu lalang orang seperti mal-mal, pasar-pasar, jalan-jalan protokol, dan tempat-tempat ramai lainnya. Poster-poster yang terpampang tersebut tentulah beraneka ragam, ada yang menarik ada juga yang tidak, ada yang enak dibaca ada juga yang tidak, ada yang lucu dan ada juga yang tidak. Secara umum poster yang bertujuan untuk promosi dagang dibuat dengan tampilan yang menarik dan kata-kata yang membujuk.

 

Pengertian Poster Niaga
Poster niaga adalah poster yang tujuannya untuk mempromosikan barang dan jasa yang dijual oleh suatu perusahaan kepada konsumen luas dan membujuknya agar membeli produk yang ditawarkan tersebut. Poster niaga juga memiliki nama lain yaitu poster komersial, karena memang tujuannya untuk bisnis yang sifatnya komersial. Tentu kita pernah melihat poster-poster dagang ditempat-tempat umum, dan ternyata hal tersebut memiliki kesamaan yaitu poster komersial dibuat semenarik mungkin agar bisa menarik perhatian masyarakat luas untuk melihat dan mencermati barang dan jasa yang ditawarkan perusahaan.

PELAJARI:  Apakah Yang Dimaksud Dengan Sidang Pleno?

Ciri Poster Niaga
Ciri poster niaga merupakan poster yang dibuat sebagai media komunikasi dalam urusan perniagaan buat menawarkan sebuah produk barang atau pun jasa.

Contoh Poster Niaga
Berikut beberapa contoh dariposter niaga

1. Apa pun makanannya, minumnya teh botol sosro (poster the botol sosro)
2. Inspirasi hidup alami (Poster Susu Ultra)
3. Karena hidup banyak rasa, Kopi Good Day punya banyak rasa untuk harimu (Poster Kopi Good Day)
4. Sudahkah anda memilih property dengan benar?
5. Kredit mobil langsung lunas
6. Sampoerna Hijau, asyiknya rame-rame! (dengan gambar beberapa orang sedang berkerumun dan logo dari produk rokok tersebut)
7. Orang pintar, minum Tolak Angin! (dengan gambar orang nan sedang memegang produk Tolak Angin)