Sebutkan Sifat-sifat Benda Padat, Gas dan Cair

ASTALOG.COM – Berdasarkan wujudnya benda-benda tersebut dapat dikelompokkan menjadi 3 macam yaitu benda padat (pensil, batu, kayu), benda cair (air, minyak goreng, susu, dan kecap) dan benda gas (isi balon).

Setiap benda memiliki sifat tertentu yang membedakannya dengan benda yang lainnya.

 

Pengertian Benda Padat, Cair dan Gas

Pengertian Zat Padat
Zat padat adalah zat atau benda yang memiliki bentuk dan volume yang tetap. Contohnya; kelerang, balok kayu, batu, genteng, tiang besi, tembok, dan lain-lainnya.

 

Pengertian zat cair
Zat cair adalah zat atau benda yang memiliki volume yang tetap tetapi bentuknya berubah-ubah sesuai dengan tempat (wadahnya). Contohnya; bensin dalam botol, teh dalam gelas, air minum dalam ceret, sirum dalam gelas, dan lain-lain.

Pengertian zat gas
Zat gas adalah zat atau benda yang memiliki volume dan bentuk yang selalu berubah-ubah sesuai dengan tempat (wadahnya). Contohnya; balon, ban sepeda dan ban motor, gelas kosong, botol kosong, dan lain-lain.

Ciri-ciri Benda Padat, Gas dan Cair
Berikut beberapa ciri dari benda padat, cair dan gas

1. Ciri Benda Padat
a. Mempunyai bentuk yang tetap
b. Mempunyai volume yang tetap
c. Susunan partikel zat padat letaknya teratur dan berdekatan
d. Ikatan partikel zat padat sangat kuat
e. Tidak mengikuti bentuk tempatnya
f. Contoh zat padat adalah kayu, batu, besi, baja

2. Ciri Benda Cair
Volumenya tetap
Mengikuti bentuk wadahnya
Ikatan antar partikelnya lemah
Susunan partikelnya kurang tetatur dan renggang
Contoh zat cair adalah air, air kelapa, sirup, oli

PELAJARI:  Macam-macam Teori Perdagangan Internasional

3. Ciri Benda Gas
Mempunyai bentuk yang berubah-ubah
Mempunyai volume yang beruba-ubah
Susunan partikel zat padat letaknya tidak teratur dan berjauhan
Ikatan partikel zat padat sangat lemah
Mengikuti bentuk tempatnya

Sifat Benda

1. Sifat Benda Padat
Contoh benda yang termasuk benda padat adalah batu, kayu, buku, uang koin, gelas, penggaris, pensil, dan penghapus. Untuk dapat menentukan suatu benda termasuk benda padat maka kita harus mengetahui sifat-sifat benda padat.

Sifat-sifat benda padat tersebut yaitu :
a. Bentuknya tetap
b. Benda padat seperti penggaris bila diletakkan di atas meja kemudian dipindahkan ke dalam gelas atau mangkok maka bentuknya tetap.
c. Menempati ruang
d. Ruang merupakan tempat dimana benda berada yang meliputi panjang, tinggi, dan lebar. Contoh sebuah penghapus diletakkan di dalam air maka penghapus ini akan menempati ruang sesuai dengan ukuran panjang, lebar dan tingginya.
e. Volumenya tetap
f. Ruang yang dibutuhkan sebuah benda disebut volume. Volume diukur dalam sentimeter kubik (cm3) yaitu panjang x lebar x tinggi. Sebuah kotak kayu yang diletakkan di dalam gelas kemudian dipindahkan ke dalam gelas lain yang lebih kecil akan mempunyai volume yang tetap. g. Mempunyai berat
h. Berat dalam kehidupan sehari-hari dikenal dengan satuan kg (kilogram) dan dapat diukur menggunakan timbangan. Sebuah buku dan batu bila ditimbang dengan timbangan akan terlihat berapa kg beratnya. Hal ini menunjukkan bahwa benda padat mempunyai berat.
i. Bisa diubah bentuknya dengan perlakuan tertentu
j. Benda padat dapat diubah bentuknya dengan menekan atau memanaskannya terlebih dahulu. Plastisin dan tanah liat bisa diubah menjadi berbagai bentuk dengan cara di tekan. Besi yang keras bisa dibentuk menjadi pipih dengan cara memanaskannya terlebih dahulu kemudian dipukul-pukul sampai pipih. Sebuah papan dapat dipotong-potong kemudian dibuat meja dan kursi.

PELAJARI:  Isi Rumusan Piagam Jakarta

2. Sifat Benda Cair
a. Bentuk benda cair mengikuti bentuk wadahnya. Bentuk minyak goreng dalam botol berubah jika dituang ke penggorengan. Demikian pula dengan air yang dituang ke botol, bentuk air seperti bentuk botol.
b. Hal itu berarti bahwa bentuk benda cair mengikuti bentuk wadahnya.
c. Bentuk permukaan benda cair yang tenang selalu datar. Bentuk permukaan benda cair yang tenang berbeda dengan bentuk cair yang bergejolak, Hal itu terlihat pada wadah yang tembus pandang, walaupun wadahnya dimiringkan, permukaan benda cair yang tenang tetap datar. d. Bagaimanapun cara kamu memiringkannya, permukaan benda cair yang tenang selalu datar.
e. Benda cair mengalir ke tempat rendah. Hal ini dapat dilihat pada aliran air/selokan yang ada di rumahmu atau bahkan meungkin pada air terjun yang mengalir deras dan jatuh melalui tebing yang curam. Air terjun memberikan pemandangan yang menakjubkan.
f. Benda cair menekan ke segala arah. Air mempunyai tekanan. Semakin rendah tekanan air pada tempat itu maka semakin besar. Hal itu dapat dibuktikan dengan membuat air menjadi memancar. Pacaran air dari tempat lebih rendah tampak lebih jauh. Itulah sebabnya tembok dalam bendungan dibuat makin ke bawah makin tebal, hal ini untuk menahan tekanan air yang makin besar di bagian bawah.
g. Benda cair meresap melalui celah-celah kecil. Berbagai peristiwa meresapnya benda cair melalui celah-celah kecil terjadi dalam kehidupan sehari-hari itu disebut kapilaritas. Misalnya : minyak tanah meresap pada sumbu kompor atau sumbu lampu tempel.

PELAJARI:  Apa yang Dimaksud dengan Matriks?

3. Sifat-Sifat Benda Gas
a. Benda gas mengisi seluruh ruangan yang ditempatinya. Saat kita meniup balon, kita memasukkan udara ke dalam balon. Semakin kuat kita meniupnya, maka semakin banyak udara yang kita masukkan ke dalam balon. Akibat tiupan itu, balon mengembang. Udara mengisi seluruh ruang dalam balon. Hal ini berarti benda gas mengisi seluruh ruangan yang ditempatinya.
b. Benda gas menekan ke segala arah. Balon dan kantong plastik mengembang ke seluruh bagian jika ditiup. Hal ini menunjukkan bahwa udara menekan ke segala arah.
c. Benda gas terdapat di segala tempat. Benda gas yang selalu ada di sekitar kita adalah udara. Di semua tempat ada udara. Bahkan wadah yang terlihat kosong pun ternyata berisi udara.