Komunikasi Dua Arah Adalah?

ASTALOG.COM – Komunikasi secara umum komunikasi dapat diartikan sebagai semuacara untuk menyampaikan atau menyebarluaskan berita/ informasi/ data ( dengan aturan dan bahasa yang telah disepakati ) antara dua atau lebih titik.

Pengertian Sistem Komunikasi
Sistem berasal dari bahasa Yunani,systema yang berarti suatu keseluruhan yang tersusun dari sekian banyak bagian (Shrode dan Voich, 1974) dan hubungan yang berlangsung di antara satuan-satuan atau komponen secara teratur (Awad, 1979).

 

Tatang M. Amirin (1996), meringkas beberapa definisi system dalam sebuah definisi, yakni sekumpulan unsure yang melakukan kegiatan atau menyusun skema atau tata cara melakukan suatu kegiatan pemrosesan untuk mencapai sesuatu atau beberapa tujuan dan hal ini dilakukan dengan cara mengolah data dan atau energi dan atau barang (benda) di dalam jangka waktu tertentu guna menghasilkan informasi dan atau energi dan atau barang (benda).

PELAJARI:  Apa Kelebihan Hard Disk Daripada Disket?

Dengan demikian sistem komunikasi bisa didefinisikan sebagai berikut, “Sekelompok orang, pedoman dan media yang melakukan suatu kegiatan mengolah, menyimpan, menuangkan ide, gagasan, symbol, lambang menjadi pesan dalam membuat keputusan untuk mencapai satu kesepakatan dan saling pengertian satu sama lain dengan mengolah pesan itu menjadi sumber informasi.”

 

Perkembangan Sistem Komunikasi
Sebelum ditemukan listrik, sistem komunikasi dilakukan dengan cara menggunakan bunyi-bunyian ataupun tanda sebagai
isyarat dalam penyampaian informasi. Cara-cara tersebut antara lain dengan kentongan, asap ataupun bendera (semaphore flag) yang sampai saat ini di beberapa belahan bumi mungkin masih digunakan.

Setelah ditemukan listrik, maka teknologi komunikasi mulai berkembang. Yang semula dilakukan secara mekanis dan tradisional berganti secara listrik, seperti halnya sistem semaphore mekanis digantikan dengan telegrap listrik.

PELAJARI:  Ada yang Tahu Maksud PCI Exspress?

Pada sistem komunikasi untuk dapat menghubungkan antar pelanggan/pemakai memerlukan berbagai macam sarana/media yang termasuk dalam suatu bidang yang dinamakan teknik transmisi.

Dalam sebuah definisi system komunikasi paling tidak selalu ada :
1. Sekumpulan unsur
2. Tujuan system (menyebarkan informasi kepada khalayak, membentuk image positif dalam humas, persuasi)
3. Wujud hasil kegiatan atau proses system selam jangka waktu tertentu
4. Pengolahan data dan tau energi dan atau bahan

Dalam melakukan komunikasi, terdapat sistem komunikasi didalamnya.
Berdasarkan arah informasi, pada sistem komunikasi terbagi atas:

1. Komunikasi Satu Arah (Simplex).
Dalam komunikasi satu arah (Simplex) pengirim dan penerima informasi tidak dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. suatu system komunikasi yang hanya dapat memberikan (mengirim) pesan saja, tapi tidak dapat menerima pesan dari tempat lain dan tidak dapat membalas pesan tersebut.
Contoh :pager, televisi2. Komunikasi Dua Arah (Full Duplex).

PELAJARI:  Sebutkan 3 Jenis Alat Penyimpanan Portable Yang Populer Saat Ini

2. Komunikasi Dua Arah (Full Duplex)
Dalam komunikasi dua arah pengirim dan penerima informasi dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Suatu system komunikasi yang dapat digunakan untuk memberikan (mengirim) pesan,membalas pesan dan juga dapat digunakan untuk menerima pesan dari tempat lain. System ini, dipergunakan untuk keperluan percakapan sacara langsung.
Contoh : Telepon dan VOIP.3. Komunikasi Semi Dua Arah (Half Duplex).

Suatu system komunikasi yang dapat digunakan untuk memberikan (mengirim) pesan,membalas pesan dan juga dapat digunakan untuk menerima pesan dari tempat lain.