Pengertian Hiponim Beserta Contohnya

ASTALOG.COM – Istilah hiponimi yang dalam bahasa Inggris hyponymy berasal dari kata Yunani kuno, onoma yang berarti ’nama’ dan hypo yang berarti ’di bawah’. Secara harfiah, hiponimi bermakna nama yang termasuk di bawah nama yang lain (Pateda, 1986: 96).

Dilansir dari wikipedia, dalam semantik, hiponim adalah suatu kata atau frasa yang maknanya tercakup dalam kata atau frasa lain yang lebih umum, yang disebut hiperonim atau hipernim. Suatu hiponim adalah anggota kelompok dari hiperonimnya dan beberapa hiponim yang memiliki hiperonim yang sama disebut dengan kohiponim.

 

Pengertian Hiponim Menurut Ahli
Djajasudarma (1993:48) mendefinisakan hiponimi adalah hubungan makna yang mengandung pengertian hierarki. Hubungan hiponimi ini dekat dengan sinonimi. Bila sebuah kata memiliki semua komponen makna kata lainnya, tetapi tidak sebaliknya; maka hubungan itu disebut hiponimi.

PELAJARI:  Senyawa Organik yang Menyusun Protoplasma

Menurut Edi Subroto (1995: 25), hiponimi menunjukkan relasi antara kata yang bersifat atas – bawah atau relasi antara penggolongan dengan anggota-anggota yang menjadi golongannya atau bawahannya.

 

Sumarlam (2003:45), membuat sebuah simpulan bahwa hiponimi dapat diartikan sebagai satuan bahasa (kata, frasa, kalimat) yang maknanya dianggap merupakan bagian dari makna satuan lingual yang lain.

Chaer (1994:305) mendefinisikan homonimi adalah hubungan semantik antara sebuah bentuk ujaran yang maknanya tercakup dalam makna bentuk ujaran yang lain.

Hubungan makna hiponim-hiperonim dibedakan dengan hubungan makna meronim-holonim yang merupakan hubungan antara bagian dengan kesatuan.

Hiponimi mengandung hubungan logis pada entailment (Palmer; 1983:78), artinya kalau kita sudah mengatakan hiponimnya maka kita dapat membayangkan nama kelompoknya, dan kalau kita sudah menyebut nama kelompoknya, maka kita dapat menyebutkan hiponimnya. Misalnya kalau kita menyebut merpati maka kita telah mengetahui bahwa merpati termasuk burung, dan kalau kita menyebut burung, maka sudah termasuk di dalamnya, merpati, tekukur, dan sebagainya

PELAJARI:  Daur Hidup Tumbuhan Lumut

Contoh Hiponim
1. Hipernim = buah
hiponim = anggur, apel, jeruk, manggis dll

2. Hipernim = ikan
hiponim = lele, hiu, paus, nila dll

3. hipernim = bunga
hiponim = melati, mawar, tulip, dll

High Heels, Wedges, Stilleto, Sneakers, Boot, Skate