Kota Tertua di Indonesia

ASTALOG.COM – Setelahdiselidiki dari beberapa sumber, kota tertua di Indonesia adalah Palembang. Palembang dikenal sebagai pusat Kerajaan Sriwijaya pada zaman dahulu. Hingga kini, kota yang memiliki ikon Jembatan Ampera ini dianggap sebagai salah satu kota tertua di dunia. Dahulu, Palembang dikenal sebagai pintu gerbang penyebaran Islam di kepulauan berpenduduk Melayu.

Palembang juga dikenal sebagai tempat berlabuh para pelaut dari Jepang, India, Cina, Arab dan beberapa daerah di sekira kepulauan Melayu. Oleh karenanya, hingga saat ini Palembang dikenal sebagai kota yang multikultural. Hal tersebut dapat dilihat dari beberapa bangunan bergaya China, salah satunya adalah masjid.

 

St. Augustine, Amerika Serikat (1565 M)
St. Augustine merupakan Ibu Kota pertama Florida saat berada di bawah kekuasaan Spanyol dan Inggris. Di kota ini terdapat benteng batu tertua di Amerika Serikat, di Castillo de San Marcos.

PELAJARI:  Penyimpangan Sosial Menurut Para Ahli Serta Ciri-Cirinya

Julukan kota kuno ini rupanya diselingi dengan beberapa cerita mistis, seperti arwah-arwah yang dikabarkan kerap mendatangi bar, restoran, dan toko suvenir.

 

Varanasi, India (1000 SM)
Jika ke India, Varanasi adalah salah satu destinasi yang bisa dikunjungi. Mark Twain pernah berkata bahwa Varanasi adalah “lebih tua dari sejarah, lebih tua dari tradisi, lebih tua bahkan dari legenda, dan terlihat dua kali lebih tua mereka semua disatukan”.

Varanasi sebelumnya disebut sebagai Banares dan berada di tepi barat Sungai Gangga dan merupakan situs suci Hindu.

Penduduk lokal percaya bahwa Varanasi didirikan oleh Dewa Syiwa sekira 5.000 tahun yang lalu. Sekarang, Varanasi menjadi destinasi wisata religi.

PELAJARI:  Siapa Nama Pendiri Tembok Cina?

Luoyang, Cina (2070 SM)
Luoyang merupakan salah satu kota tertua di Cina. Luoyang merupakan sebuah tujuan utama dan Situs Warisan Dunia UNESCO yang ada di Cina.

Di Luoyang, traveller juga bisa melihat kuil Buddha tertua di Chna. Tak hanya itu, traveller juga bisa mengunjungi goa-goa Longmen yang memiliki 2.000 goa dan prasasti kuno.(okz/A-147)

Dilansir dari wikipedia, Kota Palembang adalah ibu kota provinsi Sumatera Selatan. Palembang adalah kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan. Kota Palembang memiliki luas wilayah 358,55 km²[4] yang dihuni 1,7 juta orang dengan kepadatan penduduk 4.800 per km². Diprediksikan pada tahun 2030 mendatang Kota ini akan dihuni 2,5 Juta orang.

PELAJARI:  Apa yang Dimaksud Wisatawan Domestik

Sejarah Palembang yang pernah menjadi ibu kota kerajaan bahari Buddha terbesar di Asia Tenggara pada saat itu, Kerajaan Sriwijaya, yang mendominasi Nusantara dan Semenanjung Malaya pada abad ke-9 juga membuat kota ini dikenal dengan julukan “Bumi Sriwijaya”. Berdasarkan prasasti Kedukan Bukit yang ditemukan di Bukit Siguntang sebelah barat Kota Palembang yang menyatakan pembentukan sebuah wanua yang ditafsirkan sebagai kota pada tanggal 17 Juni 688 Masehi menjadikan kota Palembang sebagai kota tertua di Indonesia. Di dunia Barat, kota Palembang juga dijuluki Venice of the East (“Venesia dari Timur”). Saat ini Wali Kota Palembang dijabat oleh H. Harnojoyo, S.Sos.