Serat Larut Adalah

ASTALOG.COM – Serat makanan adalah komponen dari bahan makanan yang berasal dari tumbuhan yang dimakan yang tidak dicerna oleh tubuh. Serat makanan atau serat pangan berasal dari tumbuhan berupa: buah-buahan, sayuran, buliran, kacang-kacangan, dan legume.
Serat adalah sejenis karbohidrat yang tidak bisa dicerna oleh tubuh. Berbeda dengan starch atau gula yang juga merupakan kelompok karbohidrat yang menghasilkan energi (setelah dicerna tubuh), serat tidak memberikan energi bagi tubuh kita. Serat tidak diurai lebih lanjut di dalam tubuh dan hanya lewat sistem pencernaan. Meskipun tidak memberikan energi namun serat memberikan manfaat yang tidak kalah pentingnya dengan komponen karbohidrat lainnya.
Ada dua jenis serat makanan yaitu serat larut dan serat tidak larut. Keduanya memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh dengan cara berbeda.

PELAJARI:  Apa yang Dimaksud dengan Pengawetan Makanan?

Pengertian Serat Larut
Serat larut makdudnya adalah serat pangan yang larut dalam air. Di dalam lambung, serat larut mennyerap air dan membentuk gel, yang membantu memperlambat proses pencernaan. Serat larut memperlambat pengosongan perut sehingga anda merasa kenyang lebih lama dan tidak ingin segera makan lagi. Hal ini akan membantu anda mengendalikan berat badan. Pengosongan lambung yang lambat juga membantu pengendalian kadar glukosa darah sehingga mengurangi resiko diabetes. Serat larut juga dapat mengurangi penyerapan kolesterol dari sistem pencernaan sehingga dapat mengurangi kolesterol darah dan mengurangi resiko penyakit jantung.

 

Makanan yang Banyak Mengandung Serat Larut
Jenis-jenis makanan yang kaya akan serat larut antara lain berupa bulir-buliran, kacang-kacangan, biji-bijian, umbi-umbian, buah-buahan, dan sayuran.
Beberapa makanan yang banyak mengadung serat larut antara lain: beras, gandum, sereal gandum, havermut, oat, ubi jalar, kentang, bawang, apel, kacang merah, pisang, kacang polong, kedelai, brokoli, wortel, jeruk, strawberi, apricot, bit, pir, biji wijen, timun, seledri, dsb.

PELAJARI:  5 Samudera yang Ada di Bumi

Fungsi Serat Larut
Fungsi Serat larut adalah
1. Memperlambat kecepatan pencernaan di dalam usus sehingga aliran energi ke dalam tubuh berkurang
2. Memberikan rasa kenyang lebih lama
3. Memperlambat kemunculan gula darah (gluksoa) sehingga membutuhkan sedikit insulin untuk mengubah glkukosa menjadi energi
4. Membantu mengendalikan berat badan dengan memperlambat munculnya rasa la[par
5. Meningkatkan kesehatan saluran pencernaan dengan cara meningkatkan motalitas (pergerakan ) usus besar
6. Mengurangi resiko sakit jantung
7. Meningat asam empedu
8. Mengikat lemak, dan kolesterol kemudian mengeluarkannya melalui feses (proses buang air besar)