Akhlakul Karimah Adalah

ASTALOG.COM – Akhlakul karimah atau Akhlak mulia /terpuji yaitu suatu sikap yang baik sesuai ajaran agama islam . Seseorang yang memilikiakhlakul karimah maka akan disenangi oleh sesama manusia , bahkan tidak hanya itu jika seesorang berperilaku sesuai ajaran agama islam maka sudah pasti baik dimata ALLOH dan kelak nanti akan masuk dalam surga bersama Nabi Muhammad saw.

Akhlak juga sering disebut dengan tingkah laku, perangai, budi pekerti. Menurut Yatimin Abdullah akhlakul karimah merupakan tanda kesempurnaan iman seorang kepada Allah. Akhlakul karimah dilahirkan berdasarkan sifat-sifat terpuji. (Yatimin Abdullah, 2007:40).

 

Contoh akhlakul karimah
1. Zuhud
Zuhud menurut bahasa memiliki arti meninggalkan keduniaan. Sedangkan secara istilah , Zuhud yaitu meninggalkan sesuatu yang disayangi atau di sukai yang bersifat material atau keduniaan yang mewah dengan mengharap dan menginginkan sesuatu yang lebihbaik yang bersifat kebahagiaan akhirat.Seseorang yang memiliki harta yang melimpah hendaknya digunakan sebagai alat untuk mencari kebahagiaan yang hakiki yaitu kebahagiaan di akhirat . seperti yang terkandung dalam Dalil Naqli tentang zuhud dalam

PELAJARI:  Apa yang Dimaksud Takdir Mubram?

QS. AN- Nisa ayat 77 yang artinya :

 

“………..Katakanlah kesenangan didunia ini hanya sebentar (sedikit ) dan akhirat itu lebih baik bagi orang – orang yang bertaqwa .” Zuhud bukan berarti melarang manusia untuk memiliki harta dan tidak memiliki kesenangan dunia , akan tetapi harta dan dunia tidak menghalangi untuk menunaikan tugas manusia yaitu untuk beribadah kepada Alloh swt.

Ciri – ciri orang zuhud , yaitu
1. Selalu merasa cukup atas harta yang dimiliki.
2. Senantiasa bersyukur atas nikmat yang Alloh berikan walaupun sedikit.
3. Hidup sederhana.
4. Lebih mengutamakan cintanya kepada ALLOH dibanding cinta kepada dunia.

2. Tawakal
Pengertian tawakal secara bahasa yaitu menyerahkan suatu urusan kepada pihak lain. Sedangkan secara Istilah yaitu menyerahkan sepenuh nya segala perkara setelah berusaha (ikhtiar ) kepada ALLOH swt. Sikap bertawakal menjadikan seesorang menjadi tidak putus asa jika sesuatu yang diterima tidak sesuai dengan yang diharapkan , dan tidak akan sombong jika suatu yang diusahakan berhasil

PELAJARI:  Shalat Ba'diyah

3. Ikhlas
Ikhls yaitu mengerjakan sesuatu pekerjaan semata – mata mengharap ridho ALLOH swt.

Ciri – ciri yang dimiliki orang yang iklas :
1. Tidak kecewa saat amal perbuatannya diremehkan oleh orang lain.
2. Tidak merasa bangga , ketika perilakunya dipuji.
3. Tidak memuji dengan apa yang dikerjakan .