Apa Sih Ciri Khusus dari Tali Puteri?

ASTALOG.COM – Dilansir dari wikipedia, Cuscuta atau Tali putri adalah salah satu genus dari tumbuhan berbunga, cuscuta terdiri dari sekitar 160 sepesies. Genus ini merupakan golongan tumbuhan parasit yang hidup pada tanaman inang.

Tali putri tersebar luas di Eropa dan Amerika Utara, di Amerika Serikat bagaian selatan tali putri menjadi parasit pada alfalfa dan semanggi. Tanaman lain yang menjadi inang dari tali putri antara lain; bawang, bit gula, kentang, dan beberapa jenis tanaman hias (ornamental).

 

Tumbuhan ini dikenal dengan parasit karena tumbuhan ini tumbuh dengan tumbuhan inang, baik dari tanaman pertanian dan juga dengan tanaman hias, dan terdapat beberapa spesies yang membahayakan dan merugikan bagi pohon inang, bahkan ada beberapa negara yang melarang untuknya masuknya benih tumbuhan tali putri yang terkontaminasi.

PELAJARI:  3 Jenis BUMN di Indonesia

Selain tumbuhan ini dapat merugikan ada beberapa jenis pula yang menguntungkan, yang dapat digunakan sebagai obat tradisional, contohnya Cuscuta chinensi, jenis yang ini sekarang mulai diteliti sebagai tanaman obat, ada pula yang digunakan sebagai pewarna yaitu Cuscuta tinctoria.

 

Tanaman ini batangnya bulat tipis dan tampa daun. Tali putri bisa juga menghasilkan buah yang kecil. Tanaman ini terdapat klorofil yang sangat rendah, beberapa spesies seperti Cuscuta reflexa dapat berfotosintesis sedikit, sementara yang lain sepenuhnya tergantung pada tanaman inang untuk menghisap sari-sari makanan.

Anatomi dan Morfologi Tanaman Tali Putri
Tanaman tali putri merupakan tanaman yang termasuk dalam salah satu jenis keluarga tanaman Lauracea. Tanaman tali putri ini termasuk tanaman parasit yang cara hidupnya menempel dan membelit pada tanaman lain. Tanaman tali putri tumbuhnya merambat yang memiliki ukuran pajang berserabut. Batang tanaman tali putri memiliki ukuran yang kecil berbentuk seperti tali yang kusut bercabang banyak panjangnya dapat mencapai 8 m.

PELAJARI:  Ekosistem Alam dan Ekosistem Buatan

Batang tanaman tali putri ini berwarna kuning, coklat dan kadang hijau yang mana pada batangnya ini terdapat alat hisap yang digunakan untuk mengambil makanan dari tanaman lain yang menjadi inangnya. Daun tanaman tali putri ini kecil yang mana seperti sirip. Bunga tanaman tali putri berwarna putih kekuningan, berbentuk bulir dengan posisi tegak. Buah tanaman tali putri ini buni berbentuk bulat dan mudah rontok.

Tanaman tali putri persebarannya di daerah tropis yang mana syarat hidupnnya intensitas curah hujan dan cahaya matahari yang cukup. Habitat tanaman tali putri berada pada dataran rendah hingga pada daerah yang memiliki ketinggian 1.200 m diatas permukaan laut. Tanaman tali putri berkembang biak dengan cara menggunakan bijinya.

PELAJARI:  Teknik-teknik dalam Geografi

Kandungan Tanaman Tali Putri
Tanaman tali putri mengandung alkoloid, saponin, zat lendir, gula, alkohol dulsitol.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Tali Putri Untuk Kesehatan
Tanaman tali putri berguna untuk mengobati sakit cacingan.
Tanaman tali putri digunakan untuk menyembuhkan sakit perut.
Tanaman tali putri bermanfaat untuk menyembuhkan sakit lambung.
Tanaman tali putri berkhasiat sebagai obat sakit borok.
Tanaman tali putri digunakan untuk menyuburkan rambut.