Testis Berfungsi Menghasilkan

ASTALOG.COM – Yah, testis adalah dua kelenjar reproduksi pria berbentuk oval yang menghasilkan sperma dan hormon testosteron.

Hormon utama yang disekresi oleh testis adalah testosteron, hormon androgenik. Testosteron disekresikan oleh sel-sel yang terletak di antara tubulus seminiferus, yang dikenal sebagai sel Leydig. Di testis juga memproduksi inhibin B dan hormon anti-Mullerian dari sel Sertoli, dan insulin-seperti faktor 3 dan estradiol dari sel-sel Leydig.

 

Testosteron penting pada tahap pertama pengembangan organ reproduksi laki-laki pada janin. Hal ini juga menyebabkan perkembangan karakteristik pria seperti pertumbuhan rambut wajah, pendalaman suara dan percepatan pertumbuhan yang terjadi selama masa pubertas. Testosteron penting dalam menjaga karakteristik ini sekunder laki-laki sepanjang hidup seseorang. Dari seterusnya pubertas, testosteron memberikan stimulus utama untuk produksi sperma.

Testis, juga dikenal sebagai testikel atau gonad jantan, terletak di belakang pen is dalam kantong kulit yang disebut skrotum. Testis bergerak bebas dalam skrotum tetapi masing-masing testis melekat ke dinding tubuh oleh kabel tipis yang disebut korda spermatika yang melewati rongga di panggul dan masuk ke perut. Kabelnya mengandung saraf dan pembuluh darah untuk testis serta saluran sperma, yang membawa sperma dari testis ke uretra, uretra adalah lorong sperma untuk bagian luar tubuh saat ejakulasi.

PELAJARI:  Ciri-ciri Benua Amerika
 

Pada umumnya, kedua testis tidak sama besar. Dapat saja salah satu terletak lebih rendah dari yang lainnya. Hal ini diakibatkan perbedaan struktur anatomis pembuluh darah pada testis kiri dan kanan.

Testis dibungkus oleh lapisan fibrosa yang disebut tunika albuginea. Di dalam testis terdapat banyak saluran yang disebut tubulus seminiferus. Tubulus ini dipenuhi oleh lapisan sel sperma yang sudah atau tengah berkembang.

Banyak hal yang bisa salah dengan testis, mereka dapat dikelompokkan menjadi luka fisik dan penyakit atau kondisi yang mempengaruhi fungsi testis:

Cedera fisik – Testis berada di luar tubuh dan tidak dilindungi oleh otot dan tulang sehingga setiap shock fisik (trauma) pada testis dapat menyebabkan sakit parah, memar dan pembengkakan. Biasanya ini tidak serius, tetapi sangat jarang trauma parah dapat menyebabkan darah bocor ke dalam skrotum, ini disebut ruptur testis. Pembedahan mungkin diperlukan untuk memperbaiki daerah yang pecah.

PELAJARI:  Efek dari Zat Karsinogen

Dalam bentuk lain cedera yang jarang adalah ‘testis bengkok’ atau torsi testis. Ini adalah ketika korda spermatika menjadi memutar dari cedera pada testis atau setelah aktivitas berat. Hal ini terjadi lebih sering pada remaja laki-laki. Torsi ini memotong suplai darah ke testis. Ini adalah keadaan darurat medis dan operasi diperlukan untuk menguraikan kabel, memulihkan suplai darah dan menyimpan testis.

Penyakit dan Kondisi yang Mempengaruhi Fungsi Testis
Ada banyak alasan untuk disfungsi testis yang disebabkan oleh penyakit dan kondisi:

Pria infertilitas
karena tidak ada atau berkurangnya produksi sperma atau produksi sperma yang tidak berfungsi secara normal. Ada banyak penyebab, termasuk faktor genetik dan gaya hidup. Ada beberapa perawatan untuk memperbaiki infertilitas laki-laki dan beberapa bentuk reproduksi dibantu mungkin diperlukan.

PELAJARI:  Struktur Tubuh Jamur

Kriptorkismus
kegagalan salah satu atau kedua testis untuk drop-down ke dalam skrotum sebelum kelahiran, sehingga mereka tetap dalam ruang perut. Hal ini bisa membahayakan perkembangan normal dan fungsi testis dan menyebabkan kemandulan.

Epididimitis
infeksi epididimis disebabkan oleh infeksi umum atau Chlamydia penyakit menular generatif. Epididimitis dapat diobati dengan antibiotik.

Kanker testis
pertumbuhan abnormal sel-sel dalam testis. Pertumbuhan dapat mengganggu fungsi normal dari salah satu atau kedua testis. Hal ini paling sering terjadi pada pria muda. Perawatan medis yang mendesak diperlukan.

Sindrom Klinefelter
ini adalah kondisi genetik yang menghentikan testis dari berkembang secara normal. Akibatnya, rendahnya tingkat testosteron diproduksi dan dirilis.

Faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi fungsi testis adalah radiasi dan kemoterapi (digunakan dalam pengobatan kanker), obat-obatan tertentu, dan gangguan pada kelenjar pituitari yang menghentikan sinyal dari hormon (endokrin) sistem yang memicu produksi testosteron dari testis .