Disebut Apakah Derajat Panas Suatu Benda?

ASTALOG.COM – Derajat panas dalam sebuah benda disebut dengan suhu. Suhu adalah ukuran derajat panas atau dingin suatu benda. Alat yang digunakan untuk mengukur suhu disebut termometer. Dalam bidang termodinamik, suhu ialah suatu ukuran kecenderungan bentuk atau sistem untuk melepaskan tenaga secara spontan.

Suhu adalah sifat fisikalsesuatu sistem yang merupakan dasar dari anggapan lazim “panas” dan”sejuk”, yaitu sesuatu yang lebih panas mempunyai suhu yang lebih tinggi.Suhu datangnya dari gerakan-gerakan mikroskopik, dan suhu berkaitandengan tenaga gerakan-gerakan mikroskopik ini. Konsep suhu, yang diartikan sebagai tegangan kepada entropi, adalah susulan dari hukum termodinamik

 

Dilansir dari wikipedia, Suhu juga disebut temperatur yang diukur dengan alat termometer. Empat macam termometer yang paling dikenal adalah Celsius, Reaumur, Fahrenheit dan Kelvin. Perbandingan antara satu jenis termometer dengan termometer lainnya mengikuti:

C:R:(F-32) = 5:4:9
K = C + 273.(derajat)
Karena dari Kelvin ke derajat Celsius, Kelvin dimulai dari 273 derajat, bukan dari -273 derajat. Dan derajat Celsius dimulai dari 0 derajat. Suhu Kelvin sama perbandingan nya dengan derajat Celsius yaitu 5:5, maka dari itu, untuk mengubah suhu tersebut ke suhu yang lain, sebaiknya menggunakan atau mengubahnya ke derajat Celsius terlebih dahulu, karena jika kita menggunakan Kelvin akan lebih rumit untuk mengubahnya ke suhu yang lain

PELAJARI:  Hal-hal yang Menyebabkan Terjadinya Migrasi Penduduk
 

Penemu Suhu

1.Skala Celcius
Masa kecil Anders Celcius tidak banyak di ketahui,dia lahir di uppsala,swedia,pada 27 november 1701.Dibesarkan dalam keluarga ilmuan ,dia telah menunjukkan bakat menonjol dalam bidang matematika sejak usia belia.Ayahnya adalah seorang Profesor bernama nils Celcius.Sementara kakeknya adalah seorang professor astronomi yang bernama Magnus Celcius.

Pada 1733,Celcius menerbitkan ratusan hasil observasi di Nurenberg,Jerman,termasuk hasil ovservasi aurora borealis,pengukuran geografis peta umum swedia,dan penelitian lain dibidang astronomi dan meteorologi.Dia kembali ke Uppsala pada tahun 1763 setelah mengikuti perjalanan bersama astronomi lain ke Tornes,Swedia.Tujuan perjalanan tersebut adalah mengukur besar derajat meridian atau bujur mendekati daerah kutub.

Hasil penelitian ini di bandingkan dengan penelitian serupa di Peru yang letaknya dekat dengan garis ekuator.Perjalanan tersebut membuktikan teori Newton bahwa bentuk Bumi adalah elips dan rata pada kutubnya.

Celcius juga merupakan salah satu orang yang mula-mula menyatakan bahwa daratan di negara-negara kawasan nordik secara berlahan naik di atas permukaan air laut,sebuah proses yang telah berlangsung sejak mencairnya es dari zaman es.Untuk keperluan observasi meteorologisnya,dia menciptakan sebuah termometer dengan skala yang memiliki titik beku 0 derajat dan titik didih 100 derajat.

PELAJARI:  Arti Pernapasan Adalah?

2.Skala Kelvin
Lord Kelvin adalah seorang fisikawan dan matematikawan Britania (1824-1907).Lahir dengan nama William Thomson di Belfast.Kelvin adalah orang pertama yang mengusulkan skala mutlak dari suhu.Studinya terhadap teori Carnot (teori tentang mesin ideal dengan efisiensi mendekati 100%) menuntunnya ke ide bahwa kalor tidak pernah berpindah secara spontan dari benda bersuhu rendah ke benda bersuhu tinggi ,teori ini dikenal dengan hukum kedua termodinamika.

Pada skala kelvin,tidak ada skala negatif karena titik beku air di tetapkan sebesar 273 K dan titik didih air ditetapkan sebesar 373 K . Hal ini berartu suhu 0 K sama dengan -273 Derajat Celcius.Suhu ini di kenal sebagai suhu nol mutlak.Para ilmuan yakin bahwa pada suhu nol mutlak,molekul-molekul diam dan tidak bergerak.Dengan alasan inilah skala Kelvin sering di gunakan untuk keperluan ilmiah.Skala Kelvin merupakan satuan internasional untuk temperatur.

3.Skala Fahrenheit
Daniel Gabriel Fahrenheit lahir di Danzig,Polandia. Dia yang menemukan Skema Fahrenheit tahun 1724.Pada tahun 1720,setelah melakukan berbagai penelitian.Dia menemukan bahwa sisa air raksa dalam pembuatan alat pengukuran suhu akan menjamin keakuratan.Derajat suhu yang digunakan dalam termometer tersebut kemudian diberi nama “Fahrenheit” ,sesuai nama penemunya.Fahrenheit meninggal dunia pada tahun 1736.

PELAJARI:  Proses Terjadinya Badai

Fahrenheit ingin menghindari suhu negatif yang mana skala Ole Ramer (Skala termometer warga Polandia) sering menunjukkan temperatur negatif dalam penggunaan sehari hari.Fahrenheit,memutuskan bahwa suhu tubuhnya adalah 100 Derajat F. Suhu tubuh normal adalah mendekati 98,6 Derajat F,berati Fahrenheit saat itu sedang demam ketika eksperimen atau termometernya tidak akurat.

7,5 derajat dan mengalikan setiap nilai dengan 4 untuk mengeliminsai pacahan serta meningkatkan granularity dari skala tersebut (menghasilkan 30 dan 240 derajat).

4.Termometer Galileo
Galileo Galilei dilahirkan di Pisa,Toscana pada tanggal 15 Februari 1564 sebagai anak pertama dari Vincenzo Galilei ,seorang matematikawan dan musisi asal Florence,dan Giulia Ammannati . Ia sudah dididik sejak masa kecil.Kemudian,ia belajar di Universitas Pisa namun terhenti karena masalah keuangan.Untungnya , ia ditawari jabatan di sana pada tahun 1589 untuk mengajar matematika.Setelah itu,ia pindah ke Universitas Padua untuk mengajar Geometri,mekanika dan astronomi sampai tahun 1610.Pada masa masa itu ia sudah mendalami sains dan membuat berbagai penemuan.

Galileo Galilei meninggal di Arcetri,Toscana pada 8 januari 1642 pada umur 72 tahun,sumbangannya dalam keilmuan antara lain adalah penyempurnaan teleskop,berbagai pengamatan astronomi,dan hukum gerak pertama dan kedua(dinamika).Selain itu,Galileo juga dikenal sebagai pendukung Copernicus mengenai peredaran bumi mengelilingi matahari.