Alat Musik Ritmis Adalah

ASTALOG.COM – Ada banyak pengertian tentang Alat Musik Ritmis, sehingga sering terjadi perbedaan antar satu pendapat dengan pendapat lain. Nah, sebagai orang awan, kita tidak perlu bingung dengan perbedaan arti yang ada. Kita bisa gabungkan atau ambil benang merah dari perbedaan yang terjadi.

Menurut sebuah laman blog Alat Komunikasi Tradisional, bahwa alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak mempunyai nada atau nada yang dihasilkan bukanlah nada tetap, alat musik ritmis mempunyai fungsi sebagai alat musik pengiring dan juga digunakan untuk mengatur tempo lagu.

 

Pengertian Alat Musik Ritmis
Alat musik ritmis adalah salah satu jenis alat yang digunakan untuk bermain musik. Jika dilihat dari pengertian, contoh, gambar, dan cara memainkannya, alat ritmis ini sangat berbeda dengan peralatan musik lainnya.

Dari apa yang diketahui hingga saat ini, ternyata alat musik jenis ritmis ini dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu alat musik ritmis modern dan alat musik ritmis tradisional. Tentunya, masing-masing kelompok besar itu memiliki jenis alat musik sendiri.

 

Agar tercipta komposi musik yang pas, diperlukan teknik atau keterampilan dalam memainkannya sehingga dapat dipakai untuk membentuk irama dan mengiringi sebuah lagu atau tarian.

PELAJARI:  Nama Ibu Kota Inggris

Jenis-Jenis Alat Musik Ritmis

Ada begitu banyak alat musik ritmis tradisional di dunia ini, baik itu yang berasal dari luar maupun dalam negeri sendiri. Di bawah ini kami akan menampilkan beberapa di antaranya:

1. Kongo
Kungo adalah Alat Musik yang masuk kategori Ritmis
Yaitu terbuat dari kayu hampir sama dengan gendang dan bentuknya lebih panjang mempunyai keunikan tersendiri dalam bentuknya. Selain itu permukaanyapun menggunakan kulit hewan untuk menghasikan bunyi khas. Kungo mempunyai dua buah yang berbeda ukuran, ada yang tinggi dan ada yang lebih rendah, tapi bentuknya tetap sama dan diletakan pada penyangga besi untuk gantungannya bertujuan agar pusisi tetap seimbang saat dimainkan. Teknik memaikannya alat musik kongo dengan cara memukul dengan kedua tangan tanpa ada menggunakan alat bantu.

2. Marakas
Marakas juga sebagai alat musik ritmis yang banyak di gunakan sampai saat ini
Marakas mempunyai perbedaan jauh dengan alat musik kongo, dari bentuk dan cara memainkannyapun berbeda tapi tetap termasuk alat musik ritmis karana tidak bernada. Bentuknya yang seperti botol boling dan di isi dengan butiran-butiran kecil dan keras. Cara memainkan marakas, dengan menggoyang-goyangkan kedua tangan dan menghasikan bunyi gemerisik.

PELAJARI:  Syarat Terjadinya Interaksi Sosial

3. Tamborin
Gambar Tamborin sebagai alat musik ritmis yang masih di lestarikan di Indonesia.
Tamborin juga terbuat dari kayu berbentuk bulat permukaannya dilapiskan kulit hewan. Alat musik yang satu ini mempunyai logam yang menghiasi lingkaran pada sisi-sisinya dipasang rangkap. Cara memaikan Tamborin yaitu dengan cara memuku dan digoyang-goyang menghasilkan perpaduan bunyi yang akan terdengar.

4. Triangle
Sebuah gambar Triangle yang termasuk dalam jenis atau contoh musik ritmis.

Bentuk yang lebih simpel terbuat dari logam berbentu segitiga tapi menghasilkan bunyi yang dapat menggiringi alat musik lain untuk perpaduan bunyi. Alat musik Triangle mempunyai suara tinggi dan nyaring saat dimainkan. Teknik menggunakan alat musik yang satu ini dengan cara memegang tangkai yang di sediakan, dan dipukul menggunakan besi pemukul untuk menghasikan bunyi.!

5. Drum
Gambar Drum sebagai alat musik yang banyak di gandrungi oleh musisi lokal maupun internasional

PELAJARI:  Apa yang Dimaksud Lichenes?

Siapa yang tidak dengan alat yang satu ini, hampir setiap hari kita bisa lihat alat musik perkusi ini dimainkan dalam acara musik di televisi, namun alat musik ini bukanlah termasuk alat musik tradisional, tapi ga apa sebagai contoh alat musik ritmis juga. Drum yang termasuk dalam golongan alat musik perkusi terbuat dari kulit yang dibentangkan pada sebuah drum dimainkan dengan cara dipukul ada yang menggunakan tangan atau juga menggunakan batang/stik.

Selain menggunakan kulit, drum juga bisa dibuat dengan bahan lain, seperti plastik.

6. Gendang
Gambar Gendang yang menjadi bagian dari alat musik di Indonesia
Siapa sih dari kita yang tidak apa itu alat musik Gendang? Nah, seperti pada umumnya yang kita ketahui bahwa gendang adalah alat musik tradisional yang terbuat dari kayu yang dibentuk seperti tong dengan kulit yang diregangkan dikedua ujungnya lalu dipukul hingga mengeluarkan bunyi yang khas. Kulit yang digunakan untuk membuat gendang ini biasanya adalah kulit sapi, kulit kerbau, atau kambing.